Doctor men
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN
Kesehatan Mulut dan Gigi

Cara Mengobati Sakit Gigi Akibat Gigi Bungsu

Update terakhir: DEC 12, 2019 Tinjau pada DEC 12, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.134.164 orang

Cara Mengobati Sakit Gigi Akibat Gigi Bungsu

Gigi bungsu merupakan gigi geraham yang tumbuh paling akhir. Biasanya gigi bungsu akan semakin berkembang ketika memasuki usia remaja. Walaupun begitu, tidak semua orang memiliki masalah dengan gigi bungsu.

Secara normal, gigi bungsu berjumlah empat buah yang letaknya di rahang paling belakang, sisi kanan dan kiri mulut bagian atas dan bawah. Apabila Anda merasakan nyeri dan pembengkakan pada gusi bagian rahang belakang, itu bisa menjadi tanda penyebab gigi bungsu Anda akan tumbuh.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Pada masa pertumbuhannya, gigi bungsu (wisdom teeth) sering menimbulkan rasa sakit pada gigi. Hal ini disebabkan oleh sempitnya ruang pertumbuhan gigi sehingga gigi bungsu tumbuh tidak sejajar dengan gigi lainnya.

Umumnya, gigi bungsu sering menjadi tempat sisa makanan dan bakteri yang mudah terinfeksi karena tidak terjangkaunya pembersihan menggunakan sikat gigi maupun flossing (benang gigi). Apabila dibiarkan, gigi bungsu akan merusak tatanan gigi lainnya dan mempengaruhi tulang rahang bawah serta saraf-saraf yang terhubung. Selain itu, gigi bungsu dapat menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit pada gusi.

Rasa sakit akibat gigi bungsu terkadang dapat sembuh dengan sendirinya, tetapi karena gigi bungsu sering menimbulkan rasa sakit, dokter gigi cenderung merekomendasikan untuk mencabut gigi bungsu melalui operasi gigi bungsu. 

Operasi gigi bungsu

Dalam beberapa kasus, cukup banyak orang yang tidak mampu menahan rasa sakit akibat gigi bungsu sehingga mereka memutuskan untuk segera melakukan operasi gigi bungsu. Gigi bungsu yang diangkat dapat dilakukan melalui operasi gigi oleh dokter bedah gigi. 

Proses operasi gigi bungsu diawali dengan anestesi lokal yang disuntikkan ke area yang berada di sekitar gigi bungsu untuk memberikan efek mati rasa akibat operasi gigi bungsu. Gigi bungsu akan dipotong kecil-kecil untuk memudahkan proses pencabutan. Proses operasi gigi bungsu ini tidak memakan waktu lama, tetapi efek rasa nyeri masih akan timbul dan kemungkinan Anda masih dapat merasakan sakit gigi hingga dua minggu ke depan setelah operasi gigi bungsu.

Maka dari itu, selain melalui operasi gigi bungsu yang memerlukan biaya yang cukup mahal, beberapa cara berikut dapat membantu Anda mengobati rasa sakit akibat gigi bungsu untuk sementara waktu, baik melalui obat maupun bahan alami yang dapat dilakukan di rumah.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Cara menghilangkan sakit gigi akibat gigi bungsu

1. Gel mati rasa

Penggunaan gel yang mengadung bahan aktif benzocaine dapat membantu mengurangi rasa sakit pada gigi dan gusi serta sebagian bagian tubuh mati rasa. Gel ini dapat diaplikasikan langsung pada gusi dan area sekitarnya yang terasa sakit akibat tumbuhnya gigi bungsu. Gel mati rasa ini dapat dibeli dengan menggunakan resep dokter dan penggunaannya harus mengikuti instruksi serta aturan pakai yang tertera dalam kemasan produk. Perhatikan kembali penggunaannya sebagai obat sakit gigi jika Anda memiliki alergi terhadap kandungan benzocaine.

2. Ibuprofen

Ibuprofen sudah dikenal sebagai obat pereda nyeri yang dijual bebas dan berfungsi untuk membantu mengurangi peradangan. Anda dapat mengurangi rasa nyeri pada gigi untuk sementara waktu sebelum melakukan pengobatan lanjutan untuk mengatasi sakit gigi akibat gigi bungsu dengan mengonsumsi ibuprofen.

3. Gunakan es batu

Melakukan kompres es ke rahang dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa nyeri akibat gigi bungsu. Es batu dapat memiliki efek mati rasa secara alami dan merupakan salah satu cara menghilangkan sakit gigi. Anda dapat menggunakan handuk dan menerapkan kompres es ke rahang yang sakit secara terus menerus hingga 15 menit dan ulangi penggunaan kompres es sampai nyeri mereda.

4. Kumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam selama beberapa kali sehari dapat membantu mengurangi rasa sakit pada gigi. Air garam sendiri dapat menjadi obat sakit gigi yang ampuh karena memiliki sifat disinfektan yang alami untuk mengurangi bakteri. Penumpukan bakteri pada gusi yang rusak di sekitar gigi bungsu mungkin saja menjadi penyebab rasa sakit.

5. Cengkeh

Cengkeh dianggap memiliki kemampuan untuk meringankan rasa sakit dan digunakan sebagai pereda nyeri karena memiliki efek mati rasa sehingga dapat dijadikan obat sakit gigi yang alami. Sebagai salah satu cara mengobati sakit gigi akibat gigi bungsu, Anda dapat menggunakan minyak cengkeh atau cengkeh utuh. 

Caranya dengan meletakkan cengkeh utuh di atas gigi bungsu yang sakit, tempelkan dan tutup rahang tapi tak perlu sampai mengunyahnya. Diamkan hingga rasa sakit berkurang, lalu buang cengkeh tersebut. Atau jika Anda menggunakan minyak cengkeh, Anda dapat mengoleskan beberapa tetes minyak cengkeh ke dalam kapas dan letakkan kapas pada gigi bungsu yang menyebabkan sakit gigi. Biarkan hingga rasa sakit berkurang, setelahnya baru lepaskan dan buang.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

6. Bawang

Bawang terutama bawang bombay merupakan obat sakit gigi yang ampuh yang memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan mampu melawan infeksi bakteri. Sebagai obat sakit gigi yang alami, Anda dapat memotong bawang lalu mengunyahnya selama beberapa menit hingga rasa sakit berkurang lalu membuangnya. Hal ini dimaksudkan sehingga sari-sari dari bawang dapat terserap ke gusi dan dapat membantu mengurangi peradangan dan bakteri.

7. Kantong teh

Dalam sebuah penelitian, senyawa tanin yang tedapat dalam teh memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi sehingga dianggap dapat membantu mengurangi pembengkakan dan dapat melawan infeksi bakteri. Tetapi kantong teh yang digunakan untuk membantu menghilangkan sakit gigi akibat gigi bungsu hanya diperbolehkan jika digunakan dalam keadaan dingin.

Jika Anda ingin menggunakan kantong teh sebagai obat sakit gigi, Anda dapat membuat secangkir teh dan mendinginkannya di kulkas. Setelah teh menjadi dingin, kantong teh dapat dikeluarkan dan diletakkan di dalam mulut dekat gigi bungsu untuk mengurangi rasa sakit. Jangan mencampurkan teh dengan susu, krim, ataupun gula dalam mengobati sakit gigi.

Cara mengurangi kemungkinan sakit gigi akibat gigi bungsu

Beberapa cara lain yang dapat membantu mengurangi kemungkinan sakit gigi akibat gigi bungsu, di antaranya: 

  • Menyikat gigi dua kali sehari
  • Melakukan flossing secara rutin
  • Menggunakan obat kumur untuk membilas dan membantu mengurangi bakteri pada mulut yang dapat menyebabkan infeksi
  • Minum air putih setelah makan
  • Hindari makan makanan manis yang mungkin dapat menyangkut pada gusi yang rusak

Referensi

Medical News Today. (2018). Ways to relieve painful wisdom teeth

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini