Apakah Boleh Berolahraga Meski Dalam Keadaan Cedera?

Dipublish tanggal: Agu 8, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Apakah Boleh Berolahraga Meski Dalam Keadaan Cedera?

Masalah yang sering muncul jika Anda rutin berolahraga adalah overtrain atau terlalu memforsir diri Anda sendiri. Seringkali overtrain menyebabkan cedera. Yang menjadi pertanyaan banyak orang adalah, apakah masih bisa melanjutkan rutinitas olahraga ketika tubuh mengalami cedera? 

Meskipun penting untuk memberi tubuh Anda waktu untuk sembuh dengan benar saat mengalami cedera, dengan sedikit perencanaan, akal sehat, dan saran dokter, Anda masih bisa menjalani rutinitas olahraga sambil memulihkan cedera yang Anda alami. 

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Sakit Pinggang 5 Kali Visit Di NK Health

Dengan fisioterapis dapat membantu mengurangi kekakuan otot sekitar pinggang dan menambah kekuatan otot core muscle dengan core strengthening exercise, stretching dan exercise lainnya. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Apa perbedaan cedera dan Nyeri Otot pasca berolahraga?

Meskipun tentu saja, penting untuk mendengarkan tubuh Anda, namun seringkali seseorang tidak dapat membedakan antara cedera dan nyeri yang muncul pasca berolahraga. 

Nyeri otot setelah menjalani latihan adalah hal yang cukup sering terjadi, terutama ketika Anda baru memulai menjalani latihan. Nyeri otot onset tertunda (Delayed Onset Muscle Soreness DOMS) biasanya muncul satu atau dua hari setelah latihan. 

Ketika DOMS terjadi, Anda mungkin berpikir bahwa Anda mengalami cedera, tetapi rasa sakit ini biasanya merupakan respons tubuh Anda terhadap jenis latihan baru, latihan yang sangat keras, atau berolahraga ketika Anda tidak melakukan pemanasan.

DOMS biasanya dapat ditangani dengan penggunaan obat anti-inflamasi, istirahat, dan sesuatu untuk menenangkan otot-otot Anda, seperti mandi air panas. 

Olahraga biasanya tidak perlu dibatasi untuk alasan keamanan jika Anda ingin tetap aktif, meskipun mungkin tidak nyaman dan istirahat mungkin hanya apa yang Anda butuhkan untuk mendapatkan hasil maksimal dari latihan Anda berikutnya.

Walaupun terkesan bukan merupakan kondisi yang serius, DOMS bisa menjadi tanda menuju sesuatu yang lebih serius daripada hanya sekadar nyeri pasca-latihan. Jika rasa sakit yang muncul baru, terus berlanjut meskipun sudah diobati, atau semakin parah, DOMS bisa menandakan bahwa Anda mengalami cedera.

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Keseleo 5 Kali Visit Di NK Health

Keseleo adalah suatu kondisi dimana ligament pada pergelangan kaki robek atau teregang. Masalah yang dialami adalah adanya bengkak pada pergelangan kaki, nyeri, kelemahan otot-otot ankle dan keterbatasan gerak pada pergelangan kaki. Dengan fisioterapi dapat membantu memulihkan pergelangan kaki yang keseleo menggunakan modalitas seperti ultrasound, tens, ice, dan latihan menggunakan elastic band. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Aturan dasar berolahraga saat sedang Cedera

Ketika Anda benar-benar mengalami cedera, apa yang disarankan akan sepenuhnya tergantung pada kasus Anda. Sebelum melanjutkan atau memulai rencana latihan, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang memadai terkait dengan cedera yang terjadi. 

Kemudian Anda dapat mulai menyusun latihan rutin Anda tetapi tidak mengambil resiko memperburuk cedera. Ketahuilah, bahwa beberapa jenis cedera mungkin membutuhkan Anda untuk berhenti sejenak dari aktivitas olahraga apapun.

Berkonsultasi dengan Dokter

Dokter spesialis rehabilitasi medik dapat membantu menyusun program latihan resistensi untuk membantu Anda tetap fit selama masa pemulihan. Apa pun yang direkomendasikan oleh dokter atau terapis fisik Anda, pastikan untuk memperhatikan saran tersebut. Jalani latihan sesuai dengan jadwal yang mereka berikan.

Melakukan penyesuaian tertentu saat berolahraga

Anda juga dapat memodifikasi rutinitas Anda dengan melewatkan latihan yang mengharuskan Anda untuk menggunakan bagian tubuh yang mengalami cedera. 

Jika Anda mengalami cedera pada lengan, misalnya, jangan berikan beban berlebih pada tangan selama beberapa hari. Jika tubuh bagian bawah Anda terluka, hindari penggunaan treadmill atau latihan kaki dan ganti dengan mesin yang berfokus pada kekuatan tubuh bagian atas. 

Sekali lagi, ikuti petunjuk dari dokter dan / atau ahli terapi fisik untuk menentukan apa yang terbaik untuk kondisi Anda.

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Keseleo 5 Kali Visit Di NK Health

Keseleo adalah suatu kondisi dimana ligament pada pergelangan kaki robek atau teregang. Masalah yang dialami adalah adanya bengkak pada pergelangan kaki, nyeri, kelemahan otot-otot ankle dan keterbatasan gerak pada pergelangan kaki. Dengan fisioterapi dapat membantu memulihkan pergelangan kaki yang keseleo menggunakan modalitas seperti ultrasound, tens, ice, dan latihan menggunakan elastic band. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Jangan meneruskan latihan jika merasa sakit

Tahan godaan untuk kembali ke rutinitas normal Anda, bahkan jika Anda merasa lebih baik. Hentikan jika Anda merasakan sakit pada bagian tubuh yang mengalami cedera atau pada tempat yang baru. Bahkan jika hal ini terjadi ketika Anda melakukan latihan yang disarankan oleh dokter atau terapis fisik Anda.

Jika rasa sakitnya semakin parah atau timbul rasa sakit pada lokasi yang baru, bicarakan dengan dokter atau terapis fisik Anda. Jika rasa sakit berlanjut atau mulai saat Anda sedang berolahraga, Anda mungkin bisa mengatasinya dengan hanya beralih ke latihan yang berbeda. 

Namun, dalam beberapa kasus, mungkin solusi yang terbaik adalah berhenti sama sekali, terutama jika cedera membuat Anda sulit untuk melakukan latihan dengan gerakan yang tepat.

Berikan waktu pada diri Anda untuk pulih

Pada beberapa orang yang sudah menerapkan gaya hidup aktif dalam jangka waktu yang cukup lama, istirahat total bisa sangat membosankan. Namun jika Anda memaksa tubuh Anda untuk segera beraktivitas tanpa mempertimbangkan kondisi Anda, maka menjalani latihan sebelum waktunya dapat memperburuk cedera Anda.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Exercising When You Have an Injury. Verywell Fit. (https://www.verywellfit.com/should-you-exercise-with-an-injury-1229639)
How to Maintain Fitness While Recovering From an Injury. Verywell Fit. (https://www.verywellfit.com/how-to-maintain-fitness-while-injured-3120777)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel selanjutnya
Kenali Manfaat dan Resiko Latihan Fisik EMS Untuk Menurunkan Berat Badan Sebelum Mencoba
Kenali Manfaat dan Resiko Latihan Fisik EMS Untuk Menurunkan Berat Badan Sebelum Mencoba

Yang harus Anda ketahui adalah bahwa latihan fisik EMS hanya berdurasi sekitar 20 menit. Berbeda dengan olahraga lainnya yang mebutuhkan waktu sekitar 40-60 menit, seperti olahraga kardio atau olahraga lain yang bertujuan untuk melatih otot Anda. Meskipun memakan waktu yang cukup singkat, latihan fisik EMS mengakibatkan rasa lelah yang sama dengan jenis latihan fisik lainnya.

Manakah Yang Lebih Efektif Dalam Menurunkan Berat Badan: Latihan Kekuatan Otot Atau Kardio?
Manakah Yang Lebih Efektif Dalam Menurunkan Berat Badan: Latihan Kekuatan Otot Atau Kardio?

Dua olahraga tersebut sama pentingnya bagi kesehatan tubuh. Tetapi apabila tujuannya untuk menurunkan berat badan, maka akan lebih baik jika Anda melakukan latihan kardio. Bukan karena latihan kekuatan otot tidak lebih baik, tetapi karena latihan kardio memiliki kecepatan yang berbeda dalam membakar kalori.

Selain Sit Up, Ini Dia 6 Latihan Untuk Membentuk Otot Perut
Selain Sit Up, Ini Dia 6 Latihan Untuk Membentuk Otot Perut

Sebagian besar dari Anda pasti sering berlatih untuk membentuk otot perut dengan latihan tradisional seperti sit up dan crunches. Tetapi, percayalah bahwa ini merupakan metode yang buruk. Sit up yang berlebihan akan mengakibatkan gangguan pada tulang belakang Anda. Nah, daripada terus berkutat pada dua jenis latihan lama tersebut, mari kita lihat beberapa latihan yang efektif untuk pembentukan otot perut:

Buka di app