Apa Yang Terjadi Jika Anda Menelan Permen Karet?

Dipublish tanggal: Feb 27, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jul 24, 2019 Waktu baca: 3 menit
Apa Yang Terjadi Jika Anda Menelan Permen Karet?

Siapa yang tidak suka mengunyah permen karet? Permen karet adalah permen yang dikonsumsi dengan cara dikunyah dan tidak untuk di makan (telan), beberapa mitos kuno mengatakan bahwa jika Anda menelan permen karet, maka permen karet tersebut akan tetap berada di tubuh Anda selama tujuh tahun.

Hal ini sama dengan menelan biji semangka akan membuat Anda menumbuhkan semangka di perut Anda. Yang mana kedua hal ini adalah hoax. Untuk mengetahui efek apa yang akan terjadi jika menelan permen karet, sebaiknya Anda mengetahui zat apa saja yang terkandung di dalamnya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli L-BIO 30 SACH via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Bahan Dasar Dalam Permen Karet

Resep dapat bervariasi di antara merek, tetapi semua permen karet memiliki bahan dasar berikut:

  • Getah: Basis karet yang tidak mudah dicerna digunakan untuk memberi permen karet kualitas kenyal
  • Resin: Biasanya ditambahkan untuk memperkuat getah dan menyatukannya
  • Filler: Pengisi, seperti kalsium karbonat atau bedak, digunakan untuk memberi tekstur pada permen karet
  • Pengawet: Ini ditambahkan untuk memperpanjang umur simpan. Pilihan yang paling populer adalah senyawa organik yang disebut butylated hydroxytoluene (BHT)
  • Pelunak: Ini digunakan untuk mempertahankan kelembaban dan mencegah gusi mengeras. Mereka dapat termasuk lilin seperti parafin atau minyak nabati
  • Pemanis: Yang populer termasuk gula tebu, gula bit, dan sirup jagung. Gula bebas gula menggunakan alkohol gula seperti xylitol atau pemanis buatan seperti aspartame
  • Flavouring: Ditambahkan untuk memberikan rasa yang diinginkan. Mereka bisa alami atau sintetis

Efek Samping Jika Menelan Permen Karet 

Meskipun tidak benar bahwa permen karet akan tetap berada di tubuh Anda selama tujuh tahun, memang benar bahwa beberapa bagian sintetisnya tidak dapat dicerna. Tetapi itu tidak berarti bahwa kandungan sintetis lainnya akan bertahan selama bertahun-tahun.

Permen karet jarang berada di tubuh Anda selama lebih dari seminggu, ini karena lambung Anda secara berkala mengosongkan isinya ke dalam usus kecil, jadi jika Anda menelan permen karet kemudian akan pindah ke usus besar, dan akhirnya akan dibuang melalui kotoran.

Beberapa komponen permen karet, seperti pemanis, sebenarnya dicerna. Namun, sering menelan gumpalan permen tidak akan membantu tubuh Anda. Permen karet yang ditelan berulang kali dapat menyebabkan sumbatan, sejumlah kecil bahan yang tidak dapat dicerna yang berpotensi menyebabkan obstruksi usus.

Dan seperti yang Anda ketahui permen karet mengandung banyak bahan sintetis kimia yang dapat memicu kanker jika terjadi penumpukan di dalam saluran pencernaan, Oleh karena itu penting untuk tidak menelan permen karet.

Mungkin jika tanpa Anda sadari, Anda menelan permen karet hal tersebut tidak akan menimbulkan masalah serius bagi sistem pencernaan Anda, tetapi jika hal tersebut menjadi kebiasaan dan Anda melakukannya berulang-ulang, maka hal ini tentu akan menjadi masalah.

Iklan dari HonestDocs
Beli L-BIO 30 SACH via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Pada siapa saja biasanya kasus permen karet yang tertelan terjadi?

Terlepas dari apakah Anda sengaja atau tidak dalam menelan permen karet, sepertinya kasus tertelannya permen karet paling banyak terjadi pada anak-anak. Oleh karena itu sebaiknya anak-anak tidak boleh mengunyah permen karet sampai mereka sepenuhnya memahami pentingnya untuk tidak menelannya.

Pada usia 5 tahun, kebanyakan anak akan memahami bahwa permen karet berbeda dari permen lainnya dan tidak boleh ditelan. Jadi jika Anda memiliki saudara laki-laki atau perempuan muda, jangan berikan mereka permen karet, kecuali mereka sudah memahami tentang bahwa permen ini tidak bisa ditelan atau, orang tua baik ibu atau ayah mereka mengatakan tidak apa-apa.

Apakah anak-anak perlu dibatasi dalam mengkonsumsi permen karet?

Sebagai anak-anak tentu saja mereka menyukai hal-hal seperti permen atau ice cream atau makanan manis lainnya, tetapi sebagai orang tua, hendaknya Anda memahami bahwa terlalu banyak hal bisa menjadi masalah.

Mengunyah permen karet menyebabkan banyak masalah gigi dan sebagian besar permen karet yang tidak bebas gula dapat menyebabkan gigi berlubang. Permen karet bebas gula yang menggunakan pemanis buatan seperti sorbitol juga bisa menjadi masalah karena dapat menyebabkan diare.

Permen karet rasa kayu manis dalam bentuk apa pun dapat mengiritasi lapisan mulut. Mereka bisa menjadi panas dan pedas di mulut Anda, seperti yang mungkin Anda ketahui. Aturan yang baik adalah dengan permen karet bebas gula dan tidak memiliki lebih dari satu atau dua potong sehari.

Dan ketika Anda selesai, jangan menelannya, Anda harus membuangnya!

10 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app