Anda Pengguna Softlens? Waspadai Bahayanya!

Dipublish tanggal: Sep 10, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit

Lensa kontak atau softlens merupakan sebuah alat berbentuk bulat mangkuk yang berfungsi untuk membantu fungsi penglihatan sebagai pengganti kacamata. 

Softlens terbuat dari plastik lembut yang mengandung air, sifatnya elastis dan fleksibel, memungkinkan oksigen bisa dengan mudah menembus kornea mata (dimana softlens biasanya dipasang).

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Penggunaan soflens saat ini memang sedang digandrungi oleh banyak orang. Selain bisa membantu mata untuk melihat dengan jelas tanpa menggunakan kacamata, softlens juga sangat membantu dalam hal menunjang penampilan. 

Softlens dinilai tidak ribet dan lebih nyaman ketika digunakan saat berpergian, berolahraga, dan melakukan aktivitas berat lainnya.

Softlens sekarang tidak hanya diperuntukkan bagi orang yang mengalami permasalahan penglihatan saja. 

Inovasi dari warna dan motif yang ditawarkan beraneka ragam oleh produsen softlens membuat orang yang memiliki mata normal tertarik menggunakannya. Sehingga membuat peran softlens bergeser menjadi aksesoris penunjang kecantikan.

Resiko yang mengintai pengguna softlens

Dibalik fungsi softlens sebagai alat pembantu penglihatan dan estetika, terdapat beberapa bahaya yang mengintai penggunanya. Berikut ini adalah beberapa bahaya softlens bagi mata yang perlu Anda ketahui:

  • Mata kering dan merah.
  • Timbul reaksi alergi terhadap softlens.
  • Timbul rasa terbakar, gatal, dan menyengat pada area mata.
  • Beragam masalah dengan kornea, seperti pembengkakan kornea, kurangnya oksigen pada kornea, infeksi pada kornea, goresan pada kornea, atau perubahan bentuk kornea.
  • Munculnya penimbunan cairan pada lensa yang membuat lensa terasa tidak nyaman dan risiko infeksi menjadi meningkat.
  • Inflamasi pada mata, seperti tumbuhnya benjolan pada mata yang terjadi di lapisan dalam kelopak mata.

Berapa gejala dibawah ini dapat menjadi indikasi jika mata Anda mengalami masalah akibat softlens, diantaranya:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12
  • Munculnya air mata berlebih
  • Mata terasa tidak nyaman dan perih
  • Timbulnya rasa gatal pada area mata
  • Mata menjadi sensitif terhadap cahaya
  • Timbulnya kotoran mata
  • Mata menjadi kemerahan, dan terasa sakit.

Jika Anda merasakan hal-hal di atas maka disarankan untuk berhenti memakai softlens dan segeralah berkonsultasi kepada dokter spesialis mata.

Cara aman penggunaan softlens

Bahaya yang ditimbulkan dari pemakaian softlens memang ada, namun Anda sebenarnya dapat meminimalisir hal tersebut. Aturan dan tips dasar dibawah ini dapat menjadi petunjuk sebagai antisipasi bahaya penggunaan softlens:

  • Perhatikan kebersihan sebelum menggunakan softlens

Pastikan Anda sudah mencuci tanganmu dengan sabun sebelum memakai softlens. Setelah itu, keringkan dengan menggunakan handuk lembut yang bersih.

Hal ini bertujuan agar kuman yang bersarang di area tangan tidak 'berpindah' ke softlens yang nanti akan dipegang.

  • Tidak menggunakan softlens lebih dari 8 jam per hari

Softlens yang banyak beredar memiliki lensa yang memiliki daya hantar oksigen dalam level rendah. Umumnya kualitas hantar oksigen akan melemah bila digunakan diatas 8 jam.

  • Hindari menggunakan softlens ketika tidur

Ada beberapa softlens yang memang diperbolehkan untuk digunakan ketika tidur, tapi hanya khusus diberikan untuk orang yang memiliki minus tinggi dan diperbolehkan sesuai dengan anjuran dokter. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Namun jika tidak mengalami keadaan khusus seperti di atas, penggunaan softlens saat tidur dapat mengakibatkan kondisi keratitis, yaitu peradangan yang terjadi pada kornea dan dalam tingkatan tertentu, keratitis ini dapat menyebabkan kebutaan.

  • Rajinlah membersihkan softlens

Kembalikan softlens yang telah digunakan ke tempat softlens yang sudah ditetesi cairan mata buatan. Kemudian, Anda harus pastikan jika wadah atau tempat softlens sudah bersih dan higienis. 

Seminggu sekali, cuci bersih tempat penyimpan menggunakan larutan softlens dan gosok secara perlahan. Usahakan untuk mengganti  tempat penyimpanan dengan yang baru tiap sebulan sekali.


4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Can Contact Lenses Damage Your Eyes?. All About Vision. (https://www.allaboutvision.com/contacts/faq/cls-damage-eyes.htm)
Contact Lens Risks. U.S. Food and Drug Administration (FDA). (https://www.fda.gov/medical-devices/contact-lenses/contact-lens-risks)
Contact Lenses Can Cause Serious Eye Infections. Healthline. (https://www.healthline.com/health-news/eye-problems-caused-by-contact-lenses#1)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app