9 Jenis Waxing yang Perlu Kamu Tahu

Dipublish tanggal: Agu 15, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 5, 2020 Waktu baca: 3 menit
9 Jenis Waxing yang Perlu Kamu Tahu

Memiliki kulit yang ditumbuhi bulu terkadang bisa mempengaruhi rasa percaya diri sebagian wanita. Sehingga tak jarang para wanita melakukan perawatan untuk menghilangkan bulu di bagian tubuhnya. Salah satu metode untuk menghilangkan rambut hingga ke akarnya yaitu waxing

Bagian tubuh yang dapat di-wax seperti alis, wajah, lengan, kaki, bikini line, perut, dan punggung. Biasanya rambut akan tumbuh kembali hingga 2 sampai 9 minggu. 

Iklan dari HonestDocs
Brightening And Hair Removal By Pulse Light di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk menghilangkan rambut pada area keringat. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Brightening and hair removal by pulse light di genese clinic

Namun jika Anda rajin melakukan waxing ada kemungkinan bulu akan tidak tumbuh lagi. Waxing dilakukan dengan cara mengaplikasikan campuran lilin di atas kulit yang ingin di-wax. Tetapi apakah Anda sudah tau jenis-jenis waxing? Simak uraian di bawah ini.

Jenis-jenis Waxing menurut teksturnya

Soft wax (strip wax)

Soft wax adalah jenis waxing paling umum yang digemari banyak wanita. Cara mengaplikasikannya dengan menggunakan lilin lembut dari parafin dan dioleskan pada bagian bulu yang akan dihilangkan. 

Kemudian lilin tersebut ditutup menggunakan kain kasa dan didiamkan beberapa saat. Setelah itu kain dicabut bersamaan dengan bulu yang menempel.

Soft wax lebih dianjurkan untuk pemakaian wilayah yang cukup luas seperti kaki, lengan atau punggung. 

Kekurangan dari jenis waxing ini adalah tidak mampu mencabut bulu rambut hingga ke dalam dan Anda harus menahan rasa sakit saat dilakukan pencabutan. 

Sebaiknya Anda menaburkan bedak sebelum mengoleskan lilin, agar kulit Anda tidak ikut tertarik. 

Iklan dari HonestDocs
Brightening And Hair Removal By Pulse Light di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk menghilangkan rambut pada area keringat. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Brightening and hair removal by pulse light di genese clinic

Hard wax

Proses menghilangkan bulu dengan hard wax sebenarnya hampir sama dengan soft wax. Hanya saja pada hard wax tidak menggunakan kain kasa.  

Hard wax biasanya akan membiarkan lilin mengering dan mengeras setelah dioleskan. Kemudian ahli kecantikan dapat langsung mencabut lilin agar terlepas dari kulit Anda. 

Jenis waxing ini lebih aman jika dibandingkan dengan sifat wax, sehingga jenis waxing ini cocok digunakan untuk orang yang mempunyai kulit sensitif

Sugar wax

Sugar wax ini sangat cocok digunakan untuk orang yang mempunyai jenis kulit sensitif atau berminyak. Anda bisa menambahkan lemon, madu, dan air untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Kelebihan dari jenis waxing ini adalah persiapan yang mudah dan tidak menimbulkan efek samping karena bahan-bahan yang digunakan bersifat alami.

Jenis-jenis Waxing Menurut Temperaturnya

Cold wax

Jenis waxing ini didesain untuk digunakan di rumah. Anda dapat menggunakan lilin pada strip tarik yang Anda beli. 

Iklan dari HonestDocs
Brightening And Hair Removal By Pulse Light di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk menghilangkan rambut pada area keringat. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Brightening and hair removal by pulse light di genese clinic

Caranya adalah dengan menghangatkan strip lilin dengan menggosokan di antara kedua telapak tangan supaya lilin menempel pada bulu. 

Tempatkan lilin menghadap ke bawah, kemudian tekan ke arah tumbuhnya rambut dan tariklah dengan arah yang berlawanan.

Hot wax

Hot wax sendiri mempunyai banyak jenis seperti hard wax dan soft wax. Proses waxing jenis hot wax dimulai dengan memanaskan lilin supaya mencair. 

Kemudian cairan lilin dioleskan ke atas bulu yang ingin dihilangkan, lalu Anda dapat mencarinya langsung dengan tangan atau menggunakan bantuan kain kasa. 

Jenis-jenis Waxing menurut gayanya

American waxing (bikini line wax)

Waxing jenis ini merupakan waxing yang paling umum digunakan oleh para wanita. American waxing akan menghilangkan semua bulu yang akan terlihat saat Anda mengenakan bikini. 

Jumlah bulu yang dihilangkan tergantung dengan jenis bikini apa yang akan Anda gunakan. Bulu rambut yang tersisa juga akan di waxing.

French Waxing

French waxing merupakan jenis waxing yang akan menghilangkan lebih banyak rambut jika dibandingkan dengan jenis American waxing. 

Jenis waxing ini akan menghilangkan semua bulu dari bagian depan hingga area bagian depan dan belakang. 

Brazilian waxing

Brazilian waxing juga dikenal sebagai hollywood wax atau sphinx bikini wax. Jenis waxing ini adalah jenis bikini wax yang paling lengkap. 

Brazilian waxing akan menghilangkan semua bulu pada area bikini mulai depan sampai belakang. Jenis ini sangat cocok jika Anda ingin menghilangkan semua bulu di bagian depan dan belakang. 

Triangle trim

Jenis waxing ini akan membersihkan bulu yang terdapat di sekitar area segitiga saat Anda mengenakan pakaian renang. Sehingga bulu yang tepat pada area segitiga tidak akan di waxing.

13 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Female Intimate Grooming: Douching, Bikini Line Waxing, Shaving, and More. WebMD. (https://www.webmd.com/beauty/features/female-intimate-grooming#1)
Waxing at Home: Products, Pros and Cons, What to Expect. WebMD. (https://www.webmd.com/beauty/features/pros-and-cons-of-diy-waxing#1)
Sugaring vs. Waxing: 12 Things to Know About Benefits, Results, More. Healthline. (https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/sugaring-vs-waxing)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Cara Menghilangkan Bau Badan Dengan Mudah
Cara Menghilangkan Bau Badan Dengan Mudah

Tidak perlu khawatir apabila Anda mengalami bau badan. Terdapat beberapa cara yang dapat membantu Anda menghilangkan bau badan dengan mudahm antara lain:

Buka di app