Cara Menghilangkan Tato Permanen

Dipublish tanggal: Jul 31, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Cara Menghilangkan Tato Permanen

Ingin memiliki tatto permanen di bagian tubuh tertentu? Pastikan terlebih dahulu bahwa Anda akan mempertahankan tattoo tersebut selamanya. Karena ternyata tidak semua orang dapat bertahan dengan tato permanen yang melekat pada tubuhnya.

Beberapa orang pada akhirnya memutuskan ingin menghilangkan dan menghapus keberadaan tato tersebut karena berbagai alasan. Tetapi cara menghilangkan tato permanen tersebut tentu tidak mudah, Anda dapat menggunakan metode menghilangkan tato secara alami maupun medis. Tetapi untuk memastikan keamanannya, ada baiknya Anda meminta bantuan medis dari ahlinya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Baca juga: Bahaya Tato dan Tindik pada Kulit

Cara Menghilangkan Tato Secara Medis

Penanganan secara medis di dokter spesialis kulit menjadi salah satu cara untuk menghilangkan tato permanen pada kulit. Namun, Anda harus tahu bahwa cara menghilangkan tato permanen ini tentu akan menguras kantong Anda karena menghapus tato membutuhkan biaya yang cukup besar dan proses yang cukup sulit. Beberapa metode menghilangkan tattoo melalui cara medis:

Dermabrasi

Dermabrasi dilakukan dengan menggunakan alat untuk mengikis lapisan atas kulit yang terdapat tato di bagian atasnya. Teknik dermabrasi umumnya dipilih untuk menghapus tato yang terbentuk tidak terlalu dalam atau cenderung dangkal karena proses dermabrasi hanya dapat membantu memudarkan warna pada tato. Bahkan pada beberapa kasus, bekas tattoo tidak dapat hilang sepenuhnya. Untuk mengurangi rasa sakit saat dilakukannya dermabrasi, maka kulit di sekitar area tattoo akan dibius terlebih dahulu.

Teknik laser

Teknik laser menjadi salah satu teknik  menghilangkan tato permanen yang cukup digemari. Cara kerja teknik laser ini adalah dengan menyinari tato dengan sinar berintensitas tinggi untuk memecah warna pada tato permanen. Beberapa jenis laser yang digunakan untuk menghapus tato, seperti laser YAG maupun Q-Switched ruby yang efektif untuk menghilangkan warna biru-hitam maupun merah pada tattoo.

Prosedur penghilangan tato dengan teknik laser ini dilakukan dengan cara membius lokal area yang akan dilaser. Alat laser akan ditempel di permukaan tato yang bertujuan untuk memanaskan hingga menghancurkan tinta pada tato. Proses ini akan membuat area kulit melepuh bahkan hingga terjadi pendarahan.

Maka dari itu, dokter biasanya akan meresepkan obat antibiotik untuk menghindari terjadinya infeksi. Untuk mendapatkan hasil optimal dalam menghilangkan tato permanen, Anda biasanya harus menjalani perawatan selama 2-4 kali bergantung pada kondisi, warna, dan ukuran tato.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Baca juga: Efek Samping Menghilangkan Tato dengan Laser

Operasi pengangkatan jaringan kulit

Metode ini merupakan metode yang dianggap efektif dalam menghilangkan tato permanen. Caranya dengan melakukan operasi pengangkatan lapisan atas kulit yang terdapat tato di atasnya yang menggunakan pisau bedah dan area kulit yang siap dioperasi akan disuntik obat bius terlebih dahulu. Setelah selesai operasi, bagian kulit bertato akan dijahit kembali agar merekat. Sayangnya metode ini akan menghilangkan bekas jaringan parut pada kulit yang dioperasi.

Menghilangkan Tato Permanen Secara Alami

Selain cara medis, ada beberapa metode menghilangkan tato permanen secara alami. Meski hasilnya tidak akan secepat menghapus tatto secara medis, namun cara alami ini tidak memiliki efek samping yang berbahaya dan akan lebih mudah untuk dilakukan di rumah. Berikut tips menghapus tato permanen secara alami:

Lidah Buaya

Gunakan gel lidah buaya untuk menghilangkan pigmen tinta yang menempel pada kulit. Cara ini diklaim cukup efektif untuk menghilangkan jenis tato yang belum lama terukir. Anda cukup memblender lidah buaya dan ambil gelnya. Tempelkan gel pada kulit bertattoo dan diamkan hingga meresap, lalu bilas dengan air hangat.

Air perasan lemon dan garam

Garam mengandung klorin dan natrium yang dapat membantu memudarkan warna pada tato permanen. Untuk mendapatkan manfaat garam, campurkan 100 gram garam dengan air perasan lemon. Gosokkan kapas yang telah diberikan air perasan lemon dan garam ke permukaan kulit selama 30 menit sampai 1 jam. Setelah selesai, bilas dengan air hangat.

Madu murni

Untuk mendapatkan manfaat madu murni dalam menghilangkan bekas tattoo, Anda cukup mengoleskan madu pada area tato hingga beberapa kali sehari. Anda juga dapat mencampurkannya dengan gel lidah buaya, garam, maupun yoghurt lalu tempelkan pada bagian tattoo yang ingin dihapus.

Minyak kelapa dan minyak zaitun

Untuk menghilangkan tattoo permanen secara alami, Anda cukup mencampurkan minyak kelapa dan minyak zaitun, lalu oleskan di permukaan kulit yang memiliki tato setiap malam secara teratur.

1 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Home Tattoo Removal Hacks are Ineffective and Dangerous. Healthline. (https://www.healthline.com/health/home-tattoo-removal)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app