8 Masalah Gigi yang Sering Dirasakan Orang

Dipublish tanggal: Jun 19, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
8 Masalah Gigi yang Sering Dirasakan Orang

Mulut dan gigi jadi sarana tubuh yang paling penting untuk menunjang penampilan. Jika kondisi gigi Anda tidak baik, maka tidak hanya mengganggu penampilan saja, akan tetapi gangguan kesehatan pun juga akan sering kali Anda alami. Kesehatan gigi dan mulut menjadi tugas setiap orang untuk menjaganya dengan sebaik mungkin.

Ada beberapa permasalahan yang sering kali menyerang pada bagian mulut dan gigi. Hampir semua orang akan mengalami permasalahan pada gigi dan mulutnya. Meskipun demikian, Anda dapat melakukan pencegahan agar permasalahan kesehatan yang bersumber dari mulut dan gigi tidak Anda rasakan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Simak 8 macam permasalahan gigi yang hampir semua orang bisa mengalaminya, diantaranya:

Gigi patah

Gigi patah dapat dirasakan oleh hampir semua orang, karena mengalami gigi patah tidak hanya terjadi pada orang dengan usia yang sudah lanjut saja, akan tetapi anak-anak, remaja dan anak muda pun juga bisa mengalami hal ini. Untuk mengatasi permasalahan gigi yang patah, Anda bisa datang ke dokter gigi untuk memperbaikinya.

Banyaknya bakteri yang dapat menyebabkan gigi berlubang

Gigi berlubang disebabkan karena adanya bakteri yang bersarang di dalam gigi. Bakteri tersebut menghasilkan asam yang bisa mengikis pada bagian lapisan gigi. Jika pengikisan tersebut semakin sering terjadi dan semakin dalam, maka akan menimbulkan lubang yang semakin besar. Jika mengalami kambuh, maka Anda akan mengalami sakit gigi yang menyakitkan.

Gigi goyah

Gigi goyah disebut sebagai gigi permen, karena setelah gigi lepas, maka tidak akan bisa tumbuh kembali. untuk itu, jika Anda tidak ingin gigi mudah goyah, jaga kebersihan mulut dan gigi dan selalu perhatikan pola makanan yang Anda konsumsi. Selain itu Anda juga bisa secara rutin memeriksakan kondisi kesehatan gigi ke dokter gigi.

Adanya masalah periodontis atau penyakit gusi

Penyakit gusi pada biasanya disebabkan karena adanya infeksi pada gusi yang sudah parah. Jika ha dibiarkan, maka akan mengalami kerusakan pada bagian jaringan tulang penyangga gigi. 

Jika Anda mengalami kondisi semacam ini, Anda tidak boleh menyepelekan, karena Anda harus segera mengkonsultasikan kepada dokter untuk menghindari penyebaran bakteri.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Gigi mudah patah

Jika gigi Anda mudah patah, hal ini menandakan bahwa kondisi gigi Anda tidak sehat. Salah satu cara yang harus Anda lakukan yaitu dengan berkonsultasi kepada dokter untuk mengetahui solusi yang bisa Anda lakukan. 

Biasanya penyebab gigi yang mudah patah yaitu kebersihan yang kurang terjaga, mengkonsumsi makanan yang tidak tepat dan bisa jadi karena adanya faktor keturunan.

Karang gigi akibat sisa makanan

Sisa makanan yang tidak sera dibersihkan dapat menimbulkan plak atau karang gigi yang sulit dibersihkan dengan sendiri. sedangkan untuk karang gigi dapat mengganggu rasa percaya diri saat tersenyum. Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi karang gigi yaitu dengan pergi ke dokter gigi untuk membersihkannya.

Gigi yang tidak rata

Gigi yang tidak rata dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang. Untuk mengatasi hal ini, maka Anda dapat menggunakan behel untuk membuat tampilan gigi menjadi rata.

Gigi berwarna kuning

Warna kuning pada gigi tidak hanya disebabkan karena jarang gosok gigi saja, akan tetapi terlalu banyak kafein dan nikotin juga menjadi penyebabnya.

Ada banyak pilihan yang dapat untuk Anda pilih dalam menjaga kebersihan dan kesehatan mulut maupun gigi Anda. Memelihara kesehatan gigi sejak dini sangat dianjurkan untuk menghindari berbagai jenis masalah gigi di kemudian hari nanti.


5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Oral health. World Health Organization (WHO). (https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/oral-health)
Tooth Disorders. MedlinePlus. (https://medlineplus.gov/toothdisorders.html)
The 9 Most Common Dental Problems. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/top-common-dental-problems-1059461)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app