8 Manfaat Sarapan dengan Bubur Ayam

Dipublish tanggal: Jun 19, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
8 Manfaat Sarapan dengan Bubur Ayam

Bubur ayam tidak hanya terkenal di negara Indonesia saja, akan tetapi bubur ayam juga banyak dikenal di Asia. Sedangkan untuk bubur ayam seringkali dijadikan sebagai salah satu menu sarapan yang nikmat dimakan saat masih hangat. 

Bubur ayam ini terbuat dari nasi yang telah diolah. Selain enak dimakan di pagi hari, bubur ayam tidak hanya digunakan untuk mengatasi rasa lapar saja, akan tetapi Anda akan menemukan manfaat lain.

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Ternyata bubur ayam memiliki 8 manfaat apabila Anda sarapan menggunakan bubur ayam, yaitu seperti berikut:

Makanan rendah kalori

bubur ayam menjadi jenis menu makanan yang rendah kalori. Untuk Anda yang sedang menjalankan program diet, Anda bisa menjadikan bubur ayam sebagai menu sarapan Anda. Bagi Ada yang bosan dengan menu sarapan alam program diet Anda, Anda bisa membuat bubur ayam di rumah dengan makanan tambahan seperti ayam, telur, krupuk atau yang lainnya.

Makanan menyehatkan tubuh

Tentunya Anda tahu mengapa orang sakit kebanyakan diberi makan bubur, hal ini dikarenakan bubur dapat menjadi menu makanan yang baik untuk pencernaan karena teksturnya yang halus. Dengan makan bubur saat sakit, obat yang diminum oleh orang yang sakit dapat bekerja lebih baik lagi.

Dapat meningkatkan energi dalam tubuh

Belum banyak orang yang tahu, bahwa bubur memiliki manfaat yang dapat meningkatkan energi dalam tubuh. Jika bubur dikonsumsi setelah bangun tidur, maka akan memulihkan sistem dan organ yang ada di dalam tubuh. Untuk mendorong energi dalam tubuh, makanlah bubur dalam kondisi yang masih hangat.

Tidak akan membuat berat badan Anda naik

Hampir semua orang tidak ingin memiliki tubuh yang gemuk, untuk itu, bubur ayam yang Anda gunakan sebagai menu sarapan akan menjauhkan Anda dari kenaikan berat badan.  wajar saja bila banyak orang yang menjadikan bubur sebagai sarapan karena tidak ingin berat badannya naik.

Bubur berperan sebagai detox racun

Bubur ayam tidak hanya memiliki rasa yang gurih dan enak saja, akan tetapi bubur juga memiliki fungsi sebagai pendetoks tubuh melalui kelenjar keringat. Jika bubur dimakan dalam kondisi hangat atau panas, maka tubuh akan berkeringat, hal inilah yang akan membantu untuk melancarkan sirkulasi darah dan mengeluarkan racun dalam tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

Bubur dapat meningkatkan gula dalam darah

Karbohidrat yang ada di dalam bubur ayam akan lebih mudah diolah oleh tubuh sehingga menjadi gula. Jika dibandingkan dengan nasi putih biasa, maka bubur ayam memiliki kandungan gula yang lebih banyak. Untuk Anda yang memiliki diabetes, sebaiknya tidak terlalu sering mengkonsumsi bubur ayam.

Memberikan karbohidrat kompleks

Bubur ayam yang memberikan karbohidrat kompleks yaitu bubur dengan nasi merah. Meskipun masih jarang sekali dijumpai bubur beras merah, Anda bisa membuatnya di rumah. Beras merah dipercaya sebagai makanan yang memberikan karbohidrat kompleks.

Melancarkan sistem pencernaan

Apabila sistem pencernaan Anda sedang terganggu, Anda bisa mengkonsumsi bubur, karena bubur dapat menghangatkan bagian lambung dan limpa sehingga akan memperbaiki sistem [pencernaan.

Dibalik dari rasanya yang gurih dan teksturnya yang lembut, bubur ayam memiliki manfaat yang mungkin tidak banyak orang yang mengetahuinya. Apabila Anda sudah mengetahui ke 8 manfaat yang ada di atas, Anda tidak perlu rasa khawatir ketika Anda ingin mengkonsumsi bubur ayam.

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Anti-inflammatory diet meal plan: 26 healthful recipes. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/322897.php)
Anti-Inflammatory Diet: Foods That Reduce Inflammation & Others To Avoid. WebMD. (https://www.webmd.com/diet/anti-inflammatory-diet-road-to-good-health)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app