8 Manfaat Humidifier Bagi Kesehatan

Dipublish tanggal: Jun 19, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
8 Manfaat Humidifier Bagi Kesehatan

Humidifier adalah pelembab udara dengan sistem penggunaan menyemprotkan uap air ke udara. Penggunaan humidifier tidak perlu mengkhawatirkan Anda, karena ruangan tidak akan menjadi basah atau lepek. Meskipun humidifier digunakan agar bisa meningkatkan kelembaban udara, namun humidifier tetap bekerja dalam kondisi normal.

Selain dapat membuat ruangan lebih segar dan lembab, ternyata humidifier juga memiliki banyak manfaat yang akan Anda dapatkan. Dengan mengetahui manfaat dari humidifier inilah yang akan membantu Anda untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangannya. Untuk mengetahui manfaatnya, simak ulasan berikut:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Asma via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 35

Uap air yang dihasilkan dapat mengurangi dengkuran

Dengkuran saat tidur dapat teratasi dengan baik karena adanya uap air yang ada di udara. Akan tetapi apabila udara kering, maka akan menjadikan saluran udara pada diri seseorang tidak terlumasi. Jika hal ini terjadi, maka hal ini bisa menjadikan seseorang akan mendengkur lebih kencang lagi. Udara ruangan yang lembab akan menjauhkan dari dengkuran.

Udara yang lembab dapat menghindarkan kulit kering

Udara yang kering akan menjadikan kulit juga mengalami kering, begitu juga dengan sebaliknya, jika udara lembab, maka kulit juga akan terjaga kelembabannya. Kulit yang lembab terhindarkan dari kulit pecah-pecah.

Udara yang lembab akan lebih memudahkan pernapasan

Hidung yang mampet dan kesulitan bernapas biasanya disebabkan karena adanya udara yang kering. Akan tetapi dengan menggunakan humidifier, udara menjadi lebih lembab dan menjadikan pernafasan lebih mudah lagi. Gejala alergi, flu maupun saluran pernafasan dapat teratasi dengan baik melalui penggunaan humidifier.

Kulit yang pecah dan kering dapat teratasi dalam waktu yang singkat

Memiliki kulit kering dan bersisik tidak perlu menggunakan ramuan alami yang rumit. Karena permasalahan kulit semacam ini dapat teratasi dengan baik cukup menggunakan humidifier. Hal ini dikarenakan humidifier sangat baik untuk menjaga kelembaban pada permukaan kulit ataupun pada bagian bibir.

Dapat mengatasi serangan alergi

Memiliki alergi memang tidaklah menyenangkan, karena hal ini dapat mengganggu aktivitas yang dilakukannya. Untuk mengatasi alergi dalam waktu yang singkat, maka Anda bisa menggunakan humidifier. Penggunaan humidifier dapat melakukan pencegahan pada perkembangan bakteri maupun virus yang tumbuh melalui udara yang kering.

Humidifier dapat menjaga lingkungan sekitar

Lingkungan sekitar Anda akan terjaga dengan baik berkat penggunaan humidifier. Misalnya, humidifier bisa menjadikan tanaman hias menjadi lebih sehat dan kelembaban udara pun juga akan meningkat dengan baik. Pelembab udara aka menjauhkan dinding dari jamur.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Dapat memberikan pencegahan penyakit asma

Penyakit asma dapat diatasi dengan baik melalui penggunaan humidifier. Akan tetapi kondisi asma setiap orang tidaklah sama, untuk itu, Anda harus mengkonsultasikan kepada dokter ketika Anda ingin menggunakan humidifier.

Humidifier dapat meredakan rasa gatal

Rasa gatal yang menyerang kulit Anda bisa teratasi dengan baik melalui penggunaan humidifier. Apabila Anda tidak menggunakan humidifier, maka hal ini akan berdampak pada infeksi kulit kering yang disebabkan karena rasa gatal pada kulit. Jika hal ini dibiarkan, maka hal ini akan mengganggu penampilan Anda

Humidifier memiliki peran seperti pelembab kulit yang dapat bekerja dengan baik untuk kesehatan kulit. Selain baik untuk menjaga kelembaban kulit, humidifier juga sangat baik untuk kesehatan Anda seperti ke 8 manfaat yang ada di atas. 

Anda harus menjaga kebersihan humidifier dengan baik melalui perawatan secara rutin dan mengganti air dengan rutin.

9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Mayo Clinic Staff. (2016, May 16). Humidifiers: Air moisture eases skin, breathing symptoms (http://www.mayoclinic.com/health/humidifiers/HQ00076)
An introduction to indoor air quality. (n.d.) (http://www2.epa.gov/indoor-air-quality-iaq/introduction-indoor-air-quality)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Ketahui Manfaat Humidifier Untuk Kesehatan
Ketahui Manfaat Humidifier Untuk Kesehatan

Ketahui Manfaat Humidifier Untuk Kesehatan

Buka di app