8 Langkah Menghilangkan Flek Hitam di Kulit Tanpa Bekas

Dipublish tanggal: Jun 18, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
8 Langkah Menghilangkan Flek Hitam di Kulit Tanpa Bekas

Memiliki flek hitam pada kulit dapat mengganggu rasa kepercayaan diri pada seseorang. Oleh karena itu, banyak orang yang mencari cara agar bisa terhindarkan dari yang namanya flek hitam atau bintik hitam pada area kulit. Flek hitam pada kulit disebabkan karena beberapa faktor, salah satunya yaitu adanya melamin kulit yang berlebihan.

Selain kelebihan melamin kulit, terlalu banyak paparan sinar matahari, kehamilan, ketidakseimbangan pada hormon, efek samping dari pemakaian obat, kurang tidur, kekurangan vitamin dan pikiran yang stres pun juga menjadi penyebab kemunculan flek hitam di kulit. Rasa malu akibat flek hitam di kulit inilah yang menjadikan rasa percaya diri seseorang menjadi berkurang.

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Untuk mengatasi flek hitam pada kulit, Anda harus melakukan 8 cara berikut ini, diantaranya:

Jangan pernah memencet jerawat

Memencet jerawat tidak hanya menimbulkan iritasi saja, akan tetapi hal ini pun juga bisa menimbulkan flek hitam pada wajah yang dapat mengganggu rasa percaya diri Anda. Flek tersebut disebabkan karena jerawat yang memerah dapat meradang, jika Anda memencet jerawat, maka akan meninggalkan bekas flek hitam pada kulit.

Hindari penggunaan obat-obatan yang tidak sesuai dengan jenis kulit

Penggunaan obat-obatan yang salah dapat menimbulkan infeksi, iritasi pada kulit, sehingga hal ini bisa menimbulkan flek hitam pada kulit. Untuk mengatasi hal ini, sangat disarankan bagi Anda untuk tidak menggunakan obat-obat yang tidak cocok dengan kulit Anda. Misalnya penggunaan krim pemutih atau produk kosmetik yang lainnya.

Selalu gunakan tabir surya setiap keluar rumah

Apabila Anda pergi keluar rumah dan terpapar oleh sinar matahari, ada baiknya jika Anda menggunakan tabir surya yang dapat melindungi kulit dari ultraviolet atau sinar matahari. Terlalu sering kulit terpapar sinar matahari, maka akan menimbulkan flek pada kulit. Apabila Anda tidak menggunakan tabir surya, maka hal ini akan menimbulkan kulit merah dan kering.

Kurangi penggunaan produk bahan kimia secara berlebihan

Apabila kulit menggunakan produk dengan bahan kimia yang secara berlebihan, hal ini bisa berdampak pada bagian kulit yang dapat menimbulkan flek atau bintik hitam. Biasanya, penggunaan bahan kimia tersebut disebabkan dari lotion, krim pemutih, pemilihan sabun yang salah maupun produk kimia yang lainnya.

Gunakan rosehip oil secara rutin

Rosehip oil menjadi bahan alami yang dapat menghilangkan flek atau bintik hitam. Tekstur dan permukaan kulit dapat diperbaiki dengan baik karena adanya kandungan lycopene. Kandungan beta-carotene dalam rosehip oil dapat membantu untuk melawan radikal bebas akibat kemunculan pigmentasi kulit.

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Penggunaan sikat kawat atau demabrasi

Demabrasi dengan sikat kawat memang dapat digunakan untuk melakukan pengangkatan lapisan kulit yang paling atas. Akan tetapi cara ini dapat merusak kulit, bahkan bisa menimbulkan pendarahan. Apabila pendarahan sembuh, kulit akan meninggalkan flek pada kulit.

Lakukan terapi laser atau sinar

Cara paling instan yang dapat untuk Anda lakukan dalam menghilangkan flek hitam yaitu dengan melakukan terapi laser maupun sinar. Ini adalah cara paling instan yang dapat untuk Anda lakukan agar hasilnya cepat terlihat.

Lakukan chemical peeling secara rutin

Melakukan chemical peeling dapat mengangkat lapisan kulit atas. Sebelum Anda menggunakan teknik ini, Anda diharuskan untuk berhenti menggunakan produk kosmetik atau obat-obatan.

Kemunculan flek pada kulit tidak perlu membuat Anda khawatir, karena Anda tidak perlu pergi ke dokter untuk menangani hal ini. Akan tetapi Anda bisa melakukan cara sederhana seperti di atas.

11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Telang PS. (2013). Vitamin C in dermatology. DOI: (https://dx.doi.org/10.4103/2229-5178.110593)
Sarkar R, et al. (2013). Cosmeceuticals for hyperpigmentation: What is available? DOI: (https://dx.doi.org/10.4103/0974-2077.110089)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app