8 Hal yang Bisa Tingkatkan Risiko Bayi Lahir dengan Bibir Sumbing

Beberapa Hal yang Bisa Meningkatkan Risiko Bibir Sumbing pada Bayi
Dipublish tanggal: Agu 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 7, 2020 Waktu baca: 3 menit
8 Hal yang Bisa Tingkatkan Risiko Bayi Lahir dengan Bibir Sumbing

Bibir sumbing adalah salah satu  cacat yang bisa terjadi pada bayi yang baru saja lahir. Ada beberapa hal yang dapat memicu hal tersebut sehingga terjadi sejak si buah hati masih berada di dalam kandungan.

Pada bayi yang memiliki cacat bibir sumbing, tulang tengkorak, jaringan yang ada di bagian kepala dan wajahnya perkembangan dan pertumbuhannya tidak berjalan dengan sempurna. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

Hal inilah yang menjadi penyebab tumbuhnya celah pada bibir atau langit-langit di rongga mulut (bisa juga keduanya).

Beberapa hal yang bisa meningkatkan risiko bibir sumbing pada bayi

1. Ada riwayat sumbing pada keluarga

Menurut penelitian yang telah dilakukan, bila Anda, pasangan atau anggota keluarga lain memiliki riwayat lahir dengan keadaan bibir sumbing, maka si kecil juga memiliki kemungkinan mengalaminya. 

Walau begitu, tak berarti bila orang tua dengan bibir sumbing, maka anaknya juga akan mengalami hal yang sama.

2. Kebiasaan merokok saat sedang hamil

Bagi para ibu hamil dan masih memiliki kebiasaan merokok, sangat disarankan untuk menghentikan kebiasaan buruk ini. 

Pasalnya, ibu yang tengah mengalami kehamilan dan punya kebiasaan merokok bisa menyebabkan anak yang ada di dalam kandungannya lahir dengan kondisi bibir sumbing. 

Selain itu, hal ini juga tidak berlaku pada ibu hamil perokok aktif namun juga ibu hamil yang sering terkena asap rokok. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

3. Ibu hamil yang sering mengkonsumsi alkohol saat hamil

Para ibu hamil yang memiliki kebiasaan minum minuman beralkohol juga memiliki resiko lebih besar melahirkan bayi dengan kondisi bibir sumbing. 

Penelitian yang telah dilakukan sudah menunjukkan bahwa kebiasaan meminum alkohol selama kehamilan mempunyai kaitannya dengan cacat bibir sumbing pada bayi.

4. Ibu mengalami masalah obesitas

Bagi para ibu yang mempunyai berat badan berlebih hingga termasuk obesitas dan memiliki rencana hamil dalam waktu dekat, sangat disarankan untuk menurunkan berat badan terlebih dahulu. 

Pasalnya, ibu hamil yang mengalami masalah obesitas dapat menyebabkan anak yang dilahirkannya beresiko lahir dengan bibir sumbing.

5. Ibu hamil yang mengkonsumsi obat-obat tertentu

Resiko bayi lahir dengan bibir sumbing juga sering terjadi karena selama masa kehamilan, para ibu mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Misalnya saja isotretinol yang merupakan obat jerawat, obat anti kejang, hingga obat kanker

Oleh karena itu, bagi Anda yang tengah hamil jangan mengkonsumsi sembarang obat dan konsultasikan pada dokter kandungan terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

6. Ibu hamil yang kekurangan asupan nutrisi

Gangguan pada tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungan juga bisa terjadi akibat sang ibu kekurangan asupan nutrisi selama kehamilan. 

Para ibu hamil yang kekurangan asupan zat folat dan vitamin A, akan lebih besar memiliki resiko, anak yang dilahirkannya cacat dengan bibir sumbing. 

Oleh karena itu, agar buah hati di dalam kandungan lahir dengan keadaan yang sehat dan tidak kekurangan satu apapun, Anda tentunya perlu menjaga nustrisi selama kehamilan.

7. Ibu hamil yang kekurangan kandungan asam folat

Asam folat memang memiliki manfaat besar bagi ibu yang tengah hamil. Tak heran bila kekurangan asupan asam folat bisa menyebabkan berbagai masalah serius selama kehamilan. 

Salah satunya tentu saja, bayi yang beresiko lahir dengan bibir sumbing. Itulah sebabnya, sangat penting bagi para ibu hamil memperhatikan asupan asam folat bisa tercukupi dengan baik selama masa hamil. 

Dengan demikian hal ini dapat mencegah terjadinya resiko bayi yang dilahirkan dengan bibir sumbing.

8. Sang bayi menderita sindrom pierre robin

Sindrom pierre robin merupakan sindrom berbahaya yang bisa mengakibatkan bayi di dalam kandungan Anda lahir dengan ukuran rahang yang kecil dan kondisi lidah menjorok ke arah dalam. 

Umumnya bayi yang lahir dengan sindrom ini memiliki celah pada langit-langit di dalam rongga mulutnya. Walau demikian, perlu diketahui bahwa sindrom ini amatlah langka. 

Walau ada sejumlah faktor resiko yang memang tidak bisa kita cegah, namun banyak kondisi yang dapat menikmatkan si buah hati lahir dengan bibir sumbing bisa diantisipasi dengan menghindari hal-hal yang sudah disebutkan di atas.

13 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Parameters for evaluation and treatment of patients with cleft lip/palate or other craniofacial anomalies. American Cleft Palate-Craniofacial Association. http://acpa-cpf.org/team-care/standardscat/parameters-of-care//.
Brown A. Allscripts EPSi. Mayo Clinic, Rochester, Minn. March 5, 2018.
Cleft lip and cleft palate. American Speech-Language-Hearing Association. https://www.asha.org/public/speech/disorders/cleftlip/.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app