Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Kebiasaan Sehat

8 Aktivitas Menjaga Tulang Lansia Tetap Kuat

Update terakhir: NOV 14, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 921.825 orang

8 Aktivitas Menjaga Tulang Lansia Tetap Kuat

Perubahan fisik dapat dirasakan bagi setiap orang seiring dengan usianya yang semakin menua. Perubahan yang dapat dirasakan yaitu pada bagian tulangnya yang semakin rapuh dan tidak sekuat di usia muda dulu. 

Tanda-tanda penurunan maupun penipisan tulang dapat terlihat apabila usia Anda bertambah. Untuk itu, Anda selalu disarankan untuk melakukan hal-hal yang dapat menjaga kekuatan tulang sejak dini.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Dengan menjaga kekuatan tulang sejak usia muda memang tidak bisa menghindari kerapuhan tulang di usia tua. Akan tetapi cara ini dapat berguna untuk memperpanjang kekuatan tulang meskipun usia Anda jauh dari kata muda. Untuk menjaga kekuatan tulang, Anda harus melakukan 8 aktivitas berikut ini sejak muda, diantaranya yaitu:

Melakukan pelatihan yoga secara rutin

Yoga menjadi olahraga paling santai yang dapat untuk Anda lakukan, meskipun santai namun hal ini berguna untuk melindungi kerangka pada bagian tulang. Kepadatan tulang pinggul dan mengantisipasi pengeroposan bagian tulang dapat terkontrol jika Anda melakukan yoga 10 menit setiap harinya.

Batasi alkohol dan hentikan kebiasaan merokok

Seperti yang sudah Anda tahu, bahwa alkohol dan rokok memang dua hal yang tidak baik untuk tubuh. Untuk itu, jika Anda tidak ingin memiliki tulang keropos di usia tua, Anda harus menghindari kebiasaan yang tidak baik tersebut. Semakin cepat Anda menghentikan kebiasaan buruk tersebut, maka akan menjauhkan Anda dari tulang yang keropos.

Tetaplah aktif meskipun Anda bukan anak muda lagi

Tidak hanya anak muda saja yang dapat aktif dalam melakukan segala aktivitas. Akan tetapi untuk Anda yang sudah berusia lanjut pun juga perlu melakukan aktivitas dengan aktif. Melalui kegiatan yang aktif inilah yang akan meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang Anda. Apabila Anda tidak aktif, maka akan membuat tulang Anda menjadi kaku dan nyeri.

Jangan melakukan aktivitas yang berisiko pada tulang

Anda tidak dianjurkan untuk melakukan aktivitas yang dapat membahayakan tulang. Misalnya seperti mengendarai kendaraan motor dengan kecepatan yang tinggi, memperbaiki lampu atau memperbaiki atap rumah.

Cukupi kebutuhan kalsium Anda dengan sempurna

Kalsium dapat digunakan untuk memenuhi pembentukan tulang. Di usia Anda yang sudah lanjut, Anda diharuskan untuk memenuhi kebutuhan kalsium hingga 1000 mg. Ubah asupan pola makan Anda sejak usia muda. Makanan yang akan memenuhi kebutuhan kalsium yaitu seperti yogurt, susu, kacang almond, ikan, brokoli, jus jeruk maupun yang lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Lakukan tes pada tulang secara rutin

Melakukan tes tulang sangat diperlukan untuk membantu Anda agar terhindarkan dari tulang keropos. Dengan melakukan pemeriksaan secara rutin akan membantu Anda untuk melakukan pencegahan apabila terjadi permasalahan pada bagian tulang Anda.

Penuhi kebutuhan vitamin D dengan baik

Vitamin D sangat baik untuk kekuatan tulang yang akan membantu tubuh untuk menyerap kalium. Untuk mendapatkan vitamin D, Anda bisa berjemur dibawah sinar matahari setiap pagi nya dari jam 7 hingga jam 8 selama 15 menit.

Jangan melakukan diet ketat

Melakukan diet yang terlalu ketat dapat menimbulkan gangguan pada tulang, karena bisa merampas protein. Untuk itu, jangan melakukan diet tanpa anjuran dokter.

Jika Anda memiliki kerangka tulang yang kuat, maka akan memudahkan Anda untuk bergerak dengan lincah dan mempunyai postur tubuh yang baik. Menjaga kepadatan tulang sejak dini akan menghindarkan Anda dari tulang keropos atau tulang patah.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit