7 Penyebab Ruam Pada Payudara

Dipublish tanggal: Jun 28, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 23, 2019 Waktu baca: 2 menit
7 Penyebab Ruam Pada Payudara

Semua wanita tentunya pernah mengalami ruam payudara, karena ruam payudara pada wanita bukanlah kondisi yang serius. Ruam pada payudara akan menghilang dengan sendirinya setelah beberapa hari. 

Meskipun ruam payudara bukan menjadi penyakit yang perlu dikhawatirkan, bukan berarti Anda cuek terhadap ruam payudara yang Anda alami tersebut.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Alergi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 11

Akan tetapi tidak semua ruam payudara tidak membahayakan bagi kesehatan Anda, karena ada beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai ruam payudara dan Anda membutuhkan dokter untuk menangani ruam yang terjadi pada bagian payudara Anda. 

Melalui penggunaan obat herbal, mengubah gaya hidup dan mengubah pola makan, ruam pada payudara dapat disembuhkan.

Untuk mengetahui penyebab yang ditimbulkan ruam pada bagian payudara, Anda bisa mengetahui ke 7 penyebab berikut, diantaranya:

Cacar air dengan ruam yang disertai lepuhan pada kulit

Ruam payudara yang disebabkan karena cacar air disebabkan karena adanya virus varisela zoster. Kemunculan cacar air tidak hanya menimbulkan ruam saja, akan tetapi juga bisa menimbulkan demam dan rasa gatal. 

 Apabila cacar air sudah bertahan hingga 3-4 hari dan belum sembuh juga, segera hubungi dokter agar segera mendapatkan penanganan.

Terjadi infeksi akibat area payudara yang lembab

Payudara yang dibiarkan lembab setiap harinya menimbulkan jamur dan bakteri suka bersarang di dalamnya. Hal ini memberikan peluang bagi jamur candida untuk kemunculan penyakit kurap. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Gejala yang ditimbulkan oleh infeksi jamur ini akan memberikan ruam merah, berbentuk bulat dan mengalami rasa gatal di sekitar payudara.

Sistem kekebalan tubuh melemah

Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat menimbulkan beberapa penyakit baru, salah satunya menimbulkan ruam pada area payudara. Semakin sistem kekebalan Anda rendah, maka akan semakin mudah pula diri Anda terserang oleh bakteri maupun jamur. 

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengubah gaya hidup dan pola makan agar kekebalan tubuh Anda menjadi kuat.

Memiliki biang keringat berlebihan

Memiliki produksi air keringat yang semakin banyak bisa menimbulkan biang keringat. Biang keringat inilah yang akan menyebabkan pori-pori pada kulit mengalami tersumbat, dan menumbuhkan adanya kuman dan bakteri. Biasanya biang keringat suka tinggal di lipatan tubuh, salah satunya seperti pada bagian payudara.

Mengkonsumsi jenis makanan yang menimbulkan alergi

Ruam yang ada di bagian payudara juga bisa ditimbulkan akibat makanan yang Anda konsumsi menimbulkan alergi pada kulit. Selain makanan, alergi juga bisa muncul melalui obat-obatan yang Anda konsumsi. Kemunculan ruam akibat alergi biasanya muncul ditandai seperti orang biduran yang berwarna merah dan disertai dengan rasa gatal.

Adanya serangan penyakit autoimun

Penyakit autoimun bisa menimbulkan ruam pada bagian bawah payudara. Penyakit tersebut dapat meliputi seperti produksi air keringat yang berlebihan, eksim, hiperhidrosis atau psoriasis. Tanda yang sering muncul dari penyakit ini yaitu muncul ruam merah yang meradang disertai rasa gatal.

Kanker payudara

Kanker payudara menjadi jenis kanker yang bisa menyebar dengan sangat cepat. Gejala yang diperlihatkan yaitu seperti putting masuk ke dalam, warna kulit payudara berubah menjadi kemerahan, dan muncul bintik-bintik kecil.

Ruam payudara yang dialami setiap wanita memang tidak bersumber pada penyebab yang sama. Namun yang pasti melakukan pengobatan dengan datang ke dokter adalah solusi yang tepat untuk Anda lakukan agar bisa meminimalisir adanya serangan penyakit jenis apa pun.

9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Changes in Skin of the Breast: Symptoms, Signs, Causes & Treatment. MedicineNet. (Accessed via: https://www.medicinenet.com/changes_in_skin_of_the_breast/symptoms.htm)
Inflammatory Breast Cancer (IBC). National Breast Cancer Foundation. (Accessed via: https://www.nationalbreastcancer.org/inflammatory-breast-cancer)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app