Gejala Ruam Akibat Alergi - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: Mar 6, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.068.916 orang

Alergi kulit membentuk ruam akibat suatu reaksi peradangan. Kondisi yang timbul adalah berupa benjolan dan bercak yang terasa gatal di permukaan kulit. Ruam bisa muncul di bagian tubuh mana saja dan berarpun usianya sesuai letak dimana bagian kulit tersebut terpapar. Gatal terkadang dapat bertahan lama dan menganggu aktivitas. Semua ini bergantung pada faktor penyebab ruam itu muncul.

Faktor tersering yang menyebab alergi tersebut adalah adanya infeksi dari suatu penyakit dan bisa jadi diakibatkan oleh paparan bahan kimia seperti obat-obatan atau bahan kosmetika yang menimbulkan iritasi kulit yang perlu ditangani. Semua itu bergantung dari bagaimana anda memilih bahan obat dan kosmetik yang sesuai dengan profil kulit anda

Penyebab Alergi Kulit

Alergi dalam garis besar merupakan sistem pertahanan tubuh untuk melawan infeksi penyakit yang datang dari luar. Saat tubuh mulai terserang infeksi, sistem imun menghasilkan antibodi yang dengan cepat melawan sumber infeksi.

Kondisi ini sedikit berbeda apabila pembentukan antibodi berjalan lambat, sehingga timbul reaksi sebagai permulaan munculnya alergi seperti alergi pada kulit dengan munculnya ruam, benjolan, dan gatal.

Saat terjadi alergi ruam kulit, komponen IgE di dalam darah akan meningkat. IgE merupakan faktor respon imun yang memiliki kemampuan memberikan kekebalan tubuh. IgE yang bereaksi dengan sumber infeksi akan menyebabkan munculnya zat histamin.

Zat inilah yang menyebabkan munculnya gejala ruam akibat alergi. Alergi yang berat tidak hanya menyerang kulit tapi juga berdampak pada organ pernapasan seperti munculnya batuk pilek dan gangguan pencernaan.

Gejala Alergi Kulit

Adapun gejala utama pada Alergi Kulit yang muncul akibat faktor resiko yang terjadi antara lain:

  • Gatal
  • Bentol-bentol
  • Kuit menjadi kering
  • Warna kulit yang berubah
  • Permukaan kulit luar mengelupas
  • Kulit terasa panas
  • Muncul luka bekas garukan

Beberapa penyakit Ruam Kulit

Munculnya inflamasi dari infeksi atau bahan yang menyebabkan iritasi dapat menimbulkan penyakit. Beberapa penyakit yang disebabkan karena Alergi Kulit antara lain:

  • Dermatitis Atopik
    Menimbulkan rasa gatal yang berlangsung lama. Munculnya penyakit ini disebabkan karena adanya penurunan sistem kekebalan tubuh dan faktor stress yang tidak terkendali. Penyakit ini juga dihubungan dengan adanya faktor genetik.
  • Ruam Alergi Kulit muncul sercara tiba-tiba terutama pada daerah pergelangan seperti pada tangan, kaki, dan wajah. Saat terserang penyakit ini maka kulit akan berwarna lebih gelap dan disertai bentolan dengan sisik-sisik kasar.                

    Untuk menangani penyakit ini maka diperlukan obat untuk mengurangi peradangan. Obat yang dapat diberikan adalah Loratadin atau Cetirizine yang berfungsi menurunkan Zat Histamin sehingga gatal berkurang. Bila masih belum teratasi, perlu obat anti radang seperti Krim Kortikosteroid.
  • Dermatitis Kontak 
  • Bila anda mengalami iritasi kulit akibat terkena paparan bahan atau zat-zat kimia, anda mungkin terkena Dermatitis Kontak. Dermatitis Kontak dibagi menjadi 2 yaitu Dermatitis Kontak Alergi dan Kontak Iritan. Pada Dermatitis Kontak Iritan, munculnya iritasi kulit terjadi secara cepat diakibatkan kontak dengan bahan kimia.

    Beberapa contoh zat yang menimbulkan dermatitis kontak iritan antara lain zat asam, zat basa, bahan karet, dan logam. Sedangkan pada Dermatitis Kontak Alergi, reaksi kulit membutuhkan waktu hingga 72 jam setelah terpapar bahan kimia.

    Beberapa contoh bahan yang dapat menyebabkan kondisi ini yaitu lem, karet (lateks), bahan stainless (jam tangan, gelang), cat kuku, dan kosmetik.

    Gejala yang muncul pada Dermatitik Kontak adalah kemerahan pada kulit sesuai lokasi paparan bahan atau zat kimia, kulit menjadi kering dan kusam, kulit menebal di lokasi paparan, gatal, rasa terbakar dan menyengat, dan peningkatan suhu tubuh.

Pengobatan

Cara mengobati penyakit ini adalah dengan menjaga pertahanan dan kelembaban kulit dari bahan yang menyebabkan iritasi dan ruam. Penanganan awal yang diberikan adalah obat Krim Emolien. JIka kulit mulai meradang yang disertai bintik-bintik gatal maka dapat diberikan krim Kortikosteroid. Kortikosteroid oral juga bermanfaat untuk memaksimalkan pengobatan.

Cara yang mudah untuk mencegah munculnya ruam alergi kulit adalah dengan menghindari produk-produk yang menyebabkan alergi kulit. Usahakan untuk menggunakan sarung tangan agar terhindar dari sentuhan atau paparan zat kimia.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit