7 Olahraga Ringan yang Dapat Dicoba Sebelum Bekerja

Bahkan hanya melakukan beberapa latihan sederhana, tidak lebih dari 15 atau 30 menit, dapat Anda lakukan dan memberi Anda beberapa manfaat kesehatan fisik dan mental yang luar biasa. Cobalah lakukan tujuh latihan sederhana berikut ini ke dalam rutinitas pagi Anda dan rasakan manfaatnya.
Dipublish tanggal: Jul 12, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
7 Olahraga Ringan yang Dapat Dicoba Sebelum Bekerja

Berolahraga sebelum bekerja dapat membantu menyegarkan, membuat Anda siap secara mental sebelum pergi bekerja, dan melancarkan sistem metabolisme Anda. Berolahraga sebelum bekerja tidak berarti Anda harus bangun di pagi buta. 

Bahkan hanya melakukan beberapa latihan sederhana, tidak lebih dari 15 atau 30 menit, dapat Anda lakukan dan memberi Anda beberapa manfaat kesehatan fisik dan mental yang luar biasa. Cobalah lakukan tujuh latihan sederhana berikut ini ke dalam rutinitas pagi Anda dan rasakan manfaatnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

1. Peregangan

Ketika Anda bangun pagi, hal yang tepat yang dapat Anda lakukan yaitu melakukan peregangan. Peregangan di pagi hari dapat meningkatkan fleksibilitas dan meningkatkan sirkulasi darah di tubuh Anda. 

Rentangkan tangan Anda di atas kepala, condongkan badan Anda ke setiap sisi, dan bungkukkan badan Anda dengan menyentuh jari-jari kaki Anda. Pertimbangkan juga untuk melakukan peregangan pada daerah leher, punggung bagian bawah, kaki dan dada.

2. Yoga

Anda tidak harus menjadi ahli Yoga untuk melakukan beberapa pose mudah sebelum bekerja. 

Mulailah dengan melakukan beberapa gerakan pemula seperti Pose Cat-Cow, Downward Dog, dan Warrior One, jika Anda melakukannya masing-masing selama satu atau dua menit, Anda hanya akan menghabiskan waktu kurang dari 10 menit. 

Saat Anda sudah terbiasa, tambahkan beberapa gerakan yang lebih sulit seperti Camel Pose, Extended Side Angle, Pigeon dll. Temukan posisi yang membuat Anda fokus dan membuat Anda merasa rileks, dan lakukanlah secara rutin.

3. Berjalan

Berjalan-jalanlahlah di sekitar lingkungan Anda atau jika ada taman atau jalan setapak di disekitarnya. Jangan khawatir tentang berjalan bermil-mil setiap pagi, karena bahkan hanya beberapa ratus langkah sehari dapat membuat Anda lebih sehat dan bugar. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Jika Anda ingin menghitung langkah Anda sepanjang hari, belilah alat pedometer, kenakan sepanjang hari, dan lihat berapa banyak langkah yang biasanya Anda gunakan. Kemudian berusahalah untuk menambah langkah Anda tersebut di pagi hari.

4. Mengangkat beban

Mengangkat beban mungkin membuat Anda berpikir tentang para binaragawan, tetapi menggunakan beban ringan sebelum berangkat bekerja dapat berguna bagi hampir semua orang. 

Jika Anda ingin menambah volume otot, Anda dapat mengangkat beban yang lebih berat dan melakukan pengulangan yang lebih sedikit, tetapi jika Anda hanya ingin membakar kalori, cobalah mengangkat beban yang ringan dengan lebih banyak repetisi. 

Mengangkat beban merupakan cara yang cepat dan mudah untuk meningkatkan kekuatan otot, dan Anda dapat melatih semua jenis otot di tubuh Anda.

5. Melakukan burpee

Latihan tersebut merupakan gabungan antara latihan kardio dan kekuatan dalam satu kesatuan. Gerakannya menggabungkan gerakan melompat, squat, dan push-ups. Mulailah dengan berjongkok, tetapi sebelum kembali berdiri, lakukan push-up terlebih dahulu. 

Kemudian angkat kembali kedua tangan Anda dengan satu gerakan, dan berdiri.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

6. Naik turun tangga

Jika Anda memiliki tangga di dalam rumah, Anda sudah siap untuk latihan yang sempurna. Lakukanlah gerakan naik turun tangga saat Anda bersiap-siap pergi bekerja, dan Anda akan melatih jantung, kaki, dan paru-paru Anda saat melakukan gerakan tersebut. 

Jika Anda ingin membuat gerakan yang lebih sulit, langkahi beberapa anak tangga dan kemudian kembali turun ke bawah. Bahkan jika Anda hanya memiliki beberapa tangga di suatu tempat di luar rumah Anda, naik turun tangga selama lima atau 10 menit dapat membuat hari Anda terasa berbeda. 

Anda akan merasakan kalori yang terbakar dalam waktu singkat jika melakukan naik turun tangga.

7. Crab walk

Crab walk merupakan salah satu latihan yang pasti ingin Anda lakukan dalam rumah Anda sendiri, karena Anda mungkin akan terlihat konyol saat melakukannya. Crab  walk adalah latihan yang bagus untuk lengan dan kaki Anda, dan akan meregangkan seluruh tubuh Anda. 

Melakukan gerakan seperti cara berjalan kepiting di sekitar rumah Anda selama dua menit sebelum pergi bekerja dapat memberikan manfaat bagi tubuh Anda. Jika Anda merasa gerakan tersebut terlalu mudah, cobalah untuk mengangkat satu kaki pada satu waktu untuk mendapatkan pengencangan ekstra.

Cobalah kombinasi yang berbeda dari semua gerakan yang telah disebutkan di atas untuk latihan ringan dan cepat sebelum mulai bekerja dan lakukanlah bentuk variasi yang lain agar Anda tidak cepat merasa bosan. Selamat mencoba.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Gym-free exercises. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/exercise/gym-free-exercises/)
Exercise: Health benefits, types, and how it works. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/153390)
Pictures of the 7 Most Effective Exercises to Do at the Gym or Home (and Tips to Improve Form). WebMD. (https://www.webmd.com/fitness-exercise/ss/slideshow-7-most-effective-exercises)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app