10 Cara Menghilangkan Rasa Kantuk Di Kantor

Dipublish tanggal: Jul 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
10 Cara Menghilangkan Rasa Kantuk Di Kantor

Bisa tidur siang saat sedang bekerja setiap kali Anda menginginkannya, tentu saja adalah suatu perasaan yang sangat menyenangkan. Sayangnya, hal ini tidak dapat dilakukan oleh kebanyakan orang.

Sering mengantuk di tempat kerja adalah suatu kondisi yang sangat umum terjadi di tempat kerja, baik Anda bekerja pada siang atau malam hari. Rasa mengantuk saat sedang bekerja dapat merusak kinerja dan membuat pekerjaan menjadi terasa sangat membebankan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

Cara Mengatasi Kantuk di Tempat Kerja

Dalam beberapa jenis pekerjaan, mengantuk saat sedang bekerja bisa sangat berbahaya.

Jika Anda kesulitan untuk tetap terjaga di tempat kerja dan minum kopi tidak dapat membantu, Anda dapat mencoba beberapa tips di bawah ini:

1. Berolahraga ringan sebelum bekerja

Menghirup udara segar dan menggerakkan tubuh Anda sebelum bekerja dapat membantu Anda tetap terjaga. Jalan kaki sangat efektif untuk meningkatkan kewaspadaan Anda sepanjang hari, jika Anda melakukannya pada pagi hari sebelum berangkat bekerja..

2. Tidur siang sebelum bekerja

Meskipun tidur siang di tempat kerja adalah hal yang hampir mustahil untuk dilakukan, tidur siang sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan kewaspadaan Anda. Ini adalah tip yang sangat penting bagi pekerja yang bekerja dalam shift, yang mungkin diminta untuk bekerja dengan jam kerja yang aneh atau bergantian. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

Tidur sebentar selama 15 hingga 20 menit sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan kewaspadaan Anda sepanjang shift.

3. Beristirahat sejenak

Duduk atau berdiri terlalu lama, seperti di meja atau mesin kasir, bisa membuat Anda merasa lelah dan mengantuk. Untuk tetap aktif dan berpikir secara jernih Anda butuh konsentrasi yang dapat menguras pikiran Anda. 

Jika Anda merasa mengantuk karena pikiran Anda lelah, Anda dapat mengambil istirahat setiap beberapa jam jika memungkinkan. Misalnya, cobalah berjalan di sekitar kantor atau tempat kerja Anda sambil menerima panggilan telepon.

4. Jaga agar ruang kerja tetap cerah

Jika Anda bekerja di siang hari, biarkan jendela Anda tetap terbuka untuk membiarkan sinar matahari masuk. Jika Anda bekerja pada malam hari, nyalakan lampu untuk membantu Anda tetap terjaga dan waspada.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

5. Minum air putih

Menghirup kafein dapat memberi Anda dorongan energi sementara, tetapi minum air putih juga efektif untuk membuat Anda tetap waspada. Itu karena dehidrasi dapat membuat Anda lebih sulit berkonsentrasi pada pekerjaan.

6. Minum minuman yang mengandung kafein pada awal shift

Mengkonsumsi kafein dapat meningkatkan kewaspadaan di awal hari Anda. Namun, pastikan untuk mengkonsumsinya hanya pada awal shift Anda. Karena jika Anda mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein terlalu larut dapat mengganggu kemampuan Anda untuk tidur setelah bekerja.

7. Makan camilan

Makan camilan sehat di siang hari dapat membantu menjaga gula darah dan perhatian Anda stabil sepanjang hari. Cari makanan dengan campuran protein, karbohidrat, dan lemak sehat. Pilihan cemilan yang baik termasuk:

  • selai kacang dan biskuit gandum
  • granola dan yogurt
  • kacang dan buah
  • wortel dan keju bayi

Hindari mengkonsumsi makanan dan minuman dengan tambahan gula, seperti permen, kue, donat, dan soda.

8. Selesaikan pekerjaan yang mudah terlebih dahulu

Mungkin sulit untuk fokus pada tugas-tugas kompleks ketika Anda mengantuk. Jika mungkin, selesaikan tugas yang paling mudah saat Anda mengantuk, seperti membalas email, mengarsipkan dokumen, atau mengatur ulang desktop komputer Anda. 

Biasanya energi Anda akan kembali saat Anda menyelesaikan tugas-tugas sederhana ini.

9. Gunakan aroma therapy

Gunakan lilin dengan aroma atau diffuser minyak atsiri di meja Anda. Cari aroma yang kuat dan memberi energi, seperti melati, jeruk, atau peppermint. Anda juga dapat mengoleskan minyak esensial pada tangan dan pelipis untuk membantu Anda tetap berenergi.

10. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik yang memberi energi seperti rock atau pop terkadang dapat membantu meningkatkan tingkat energi Anda. Jika Anda bekerja di ruang bersama dengan rekan kerja lainnya, pastikan untuk memakai headphone sehingga Anda tidak mengganggu rekan kerja Anda.

Mengantuk di tempat kerja dapat membuat hari Anda kurang produktif dan kurang menyenangkan. Untungnya, ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu Anda mengatasi rasa kantuk Anda dan membuat Anda lebih waspada di tempat kerja. 

Membuat perubahan gaya hidup tertentu untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup setelah bekerja juga dapat membantu Anda tetap waspada di tempat kerja.


9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How to stay awake at work: Staying productive when you didn’t get enough sleep. (2018). (https://www.cigna.com/individuals-families/health-wellness/how-to-stay-awake-at-work)
Four afternoon snacks to keep you awake. (n.d.). (https://www.sleep.org/articles/snacks-that-keep-you-awake/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
7 Olahraga Ringan yang Dapat Dicoba Sebelum Bekerja
7 Olahraga Ringan yang Dapat Dicoba Sebelum Bekerja

Bahkan hanya melakukan beberapa latihan sederhana, tidak lebih dari 15 atau 30 menit, dapat Anda lakukan dan memberi Anda beberapa manfaat kesehatan fisik dan mental yang luar biasa. Cobalah lakukan tujuh latihan sederhana berikut ini ke dalam rutinitas pagi Anda dan rasakan manfaatnya.

Buka di app