6 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Vagina

Dipublish tanggal: Mei 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
6 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Vagina

Wanita yang sehat adalah wanita yang mampu menjaga kesehatan dan kebersihan tubuhnya dengan baik. Bagian tubuh wanita yang sering kali terserang penyakit yaitu bagian vagina. Banyak sekali bakteri yang menyerang pada organ intim wanita, baik itu bakteri baik maupun bakteri jahat. 

Oleh karena itu, Anda para wanita selalu diharuskan untuk menjaga kebersihan dan melakukan perawatan secara rutin.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Kondisi vagina yang sehat mengeluarkan cairan yang berfungsi untuk menjaga vagina agar tetap bersih. Namun apabila vagina Anda tidak sehat, maka akan menimbulkan bau yang tidak sedap dan menimbulkan rasa gatal pula. 

Melakukan perawatan pada bagian kewanitaan sebenarnya dapat dilakukan dengan cara yang sangatlah mudah dan sederhana, namun membutuhkan ketelatenan.

Berikut ini 6 cara untuk menjaga kesehatan vagina agar lebih sempurna dan terhindarkan dari penyakit, diantaranya:

1. Gunakan celana dalam dengan bahan menyerap keringat

Menggunakan celana dalam dengan bahan yang dapat menyerap keringat yaitu bahan katun. Melalui bahan katun inilah yang akan menghindarkan vagina dari lembab. Selain memperhatikan bahan, Ada pun juga dianjurkan untuk menggunakan celana dalam yang longgar agar vagina dapat bernapas.

2. Cuci vagina dengan cara yang benar

Mencuci vagina yang benar selalu dianjurkan bagi wanita agar terhindarkan dari yang namanya penyakit kelamin. Tahapan mencuci vagina yang benar yaitu membersihkan bagian depannya terlebih dahulu, barulah membersihkannya pada bagian belakang. 

Membersihkan vagina cukup dengan menggunakan air hangat saja, karena penggunaan antiseptik atau sabun vagina yang belum teruji klinis justru akan menimbulkan iritasi pada vagina.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

3. Lakukan perawatan preventif ke ginekolog

Menjaga kesehatan vagina selanjutnya dapat dilakukan dengan memeriksa diri Anda secara rutin, paling tidak setahun sekali. Melalui tes ginekolog inilah yang akan lebih memudahkan dokter untuk mengetahui atau mendiagnosis adanya penyakit maupun gangguan yang bisa membahayakan sistem reproduksi yang dapat membahayakan vagina. 

Selain ginekolog, pemeriksaan pap smear pun juga dapat mendeteksi serangan penyakit kanker.

4. Selalu jaga kebersihan vagina

Vagina yang terjaga kebersihannya akan membantu menghindarkan dari yang namanya serangan penyakit kelamin. Karena mengingat vagina menjadi organ intim yang mudah terserang bakteri atau penyakit, sehingga menjaga kebersihan menjadi solusi yang dapat Anda perhatikan dengan baik. 

Melalui kebersihan yang terjaga dengan baik, tidak hanya akan menghindarkan dari penyakit saja, akan tetapi Anda juga akan merasa percaya diri ketika sedang bersama pasangan.

5. Memiliki hobi bersepeda? Berhati-hatilah

memiliki hobi bersepeda ternyata dapat memberikan dampak yang kurang baik terhadap kesehatan vagina. Terlalu sering bersepeda dapat menimbulkan rasa sakit, gatal dan kesemutan selama Anda mengendarai sepeda. 

Untuk menghindari jamur akibat keringat selama bersepeda, maka segera cuci vagina dan gantilah celana dalam setelah selesai bersepeda.

6. Melumasi vagina

Melumasi vagina akan membantu Anda terhindarkan dari luka lecet ketika sedang bercinta dengan pasangan. Karena bertambahnya usia Anda, maka produksi cairan dalam vagina akan semakin berkurang, sehingga melumasi vagina dengan krim khusus vagina menjadi cara yang paling tepat untuk Anda lakukan.

Vagina yang terjaga dengan baik, khususnya perihal kesehatannya, maka akan menghindarkan dari berbagai jenis bakteri, kuman, jamur maupun infeksi yang dapat menimbulkan penyakit baru. Oleh karena itu, menjaga kebersihan selalu dianjurkan bagi wanita. 

Cara melakukan perawatan dan kebersihan cukuplah mudah tanpa mengeluarkan uang sama sekali.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
9 Tips to Keep Your Vagina Happy + Healthy. Health Essentials from Cleveland Clinic. (https://health.clevelandclinic.org/how-to-keep-your-vagina-happy-healthy/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app