6 Cara Membakar Kalori dengan Mudah dan Menyenangkan

Ada beberapa aktivitas yang mudah dilakukan dan menyenangkan tetapi sangat efektif membakar kalori dalam jumlah banyak. Jika Anda ingin membakar kalori dalam jumlah banyak dan malas berolahraga, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan.
Dipublish tanggal: Agu 24, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 17, 2020 Waktu baca: 2 menit
6 Cara Membakar Kalori dengan Mudah dan Menyenangkan

Berolahraga merupakan cara yang paling mudah untuk membakar kalori. Namun, banyak orang yang malas melakukan olahraga karena capek dan tidak menyenangkan. Ada beberapa aktivitas yang mudah dilakukan dan menyenangkan tetapi sangat efektif membakar kalori dalam jumlah banyak. 

Jika Anda ingin membakar kalori dalam jumlah banyak dan malas berolahraga, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

1. Melakukan dance

Selain menyenangkan, melakukan dance juga sangat efektif untuk membakar kalori dalam jumlah banyak. Ada beberapa jenis dance yang dapat dilakukan untuk membakar kalori, seperti belly dance, samba, salsa, tap dance, dan zumba.

a. Belly dance

Belly dance lebih terkenal sebagai tari perut. Melakukan belly dance sangat efektif untuk melatih kekuatan otot paha, pinggul, dada, dan perut. Jika Anda menginginkan perut yang rata, cobalah melakukan belly dance secara rutin.

b. Samba

Melakukan samba sangat efektif membakar kalori dalam jumlah banyak. Samba menggabungkan lompatan, gerakan perut dan panggul sesuai ritme musik yang cepat. Gerakan yang dilakukan sangat efektif membentuk paha depan dan belakang, serta betis.

c. Salsa

Salsa merupakan tarian asal Kuba dan Puerto Rico yang dapat dilakukan secara solo atau berpasangan. Gerakan salsa mirip dengan low impact dalam aerobic. Melakukan salsa dalam satu jam terbukti dapat membakar 410 kalori.

d. Tap dance

Saat melakukan tap dance, Anda harus mengenakan sepatu khusus. Sepatu ini akan mengeluarkan suara khas saat Anda menghentakkan kaki sesuai irama. Melakukan tap dance dapat menguatkan otot kaki, meningkatkan fleksibilitas, koordinasi, dan kekebalan tubuh.

e. Zumba

Zumba memiliki arti melakukan gerakan cepat. Selain dapat membakar kalori dalam jumlah banyak, melakukan zumba juga dapat membantu membentuk tubuh menjadi lebih ideal.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

2. Sering tertawa

Tertawa juga efektif untuk membakar kalori. Selain dapat menghilangkan stres, tertawa juga dapat meningkatkan kerja jantung, sehingga proses pembakaran kalori juga meningkat. Tertawa juga dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

3. Minum air dingin

Banyak orang menganggap minum air dingin dapat meningkatkan penumpukan lemak dalam tubuh. Padahal, saat minum air dingin tubuh akan meningkatkan metabolisme dan membakar lebih banyak kalori, sehingga suhu tubuh akan tetap terjaga.

4. Mengunyah permen karet

Mengonsumsi permen karet juga dapat dilakukan untuk membakar kalori dalam tubuh. Mengunyah permen karet  membuat tubuh merasa kenyang, sehingga asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh juga akan berkurang. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengunyah permen karet akan mengonsumsi kalori lebih sedikit saat makan siang. Pastikan permen karet yang dipilih tidak mengandung gula.

5. Donor darah

Donor darah juga efektif membakar kalori. Setelah melakukan donor darah, tubuh akan membutuhkan energi untuk membentuk protein baru, sel darah merah, dan komponen darah lainnya untuk menggantikan darah yang hilang. Hal ini tentunya membuat tubuh membakar kalori dalam jumlah yang banyak.

6. Berbelanja

Berbelanja merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan, apalagi bagi wanita. Tanpa disadari, saat berbelanja Anda telah melakukan olahraga ringan, sehingga kalori yang dibakar juga cukup banyak.

Beberapa cara mudah yang dapat dilakukan untuk membakar kalori dalam jumlah banyak adalah aktivitas di atas yang dapat dilakukan untuk membakar kalori dalam jumlah yang banyak, antara lain melakukan dance, tertawa, minum air es, mengunyah permen karet, donor darah, dan berbelanja.

 Selain mudah dilakukan, kegiatan tersebut juga menyenangkan. Anda tidak perlu capek-capek membakar kalori dengan melakukan olahraga berat, cukup melakukan kegiatan yang menyenangkan tetapi tetap menyehatkan.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Mulai Bakar Kalori dengan Cara Lebih Menyenangkan
Mulai Bakar Kalori dengan Cara Lebih Menyenangkan

Melakukan berbagai gerakan olah tubuh dapat membakar kalori secara efektif, membuat sebagian orang mulai rutin berolahraga di studio Gymnastic atau melakukan diet. Namun terlalu lelah bekerja setiap hari membuat Anda malas pergi ke pusat kebugaran. Lalu adakah cara lain untuk membakar kalori? Jawabannya adalah ada.

Buka di app