Kebiasaan Sehat

5 Tips Ampuh Yang Membuat Anda Cepat Tidur Terlelap

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Waktu baca: 1 menit
5 Tips Ampuh Yang Membuat Anda Cepat Tidur Terlelap

Perkara tidur seringkali menjadi masalah hanya karena mata yang tidak kunjung menutup. Anda sering jatuh ke siklus yang tidak sehat yang dikenal dengan nama insomnia, tanpa mengetahui bahwa cara sederhana berikut ini sebenarnya sudah dapat membantu Anda untuk tidur lelap.

1.Pastikan kamar berada dalam kondisi setenang mungkin
Untuk melakukannya, hindari berbagai gangguan suara yang mungkin dialami, mulai dari dengkuran pasangan hingga suara jalanan. Cobalah memasang peredam suara atau pilihlah ruangan yang jauh dari sumber suara. Gantikan suara dengan musik instrumental yang menenangkan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Akrinor Tab 100s via HonestDocs

AKRINOR TAB 100S dapat digunakan untuk keperluan sebagai berikut: jantung, hipotensi primer & sekunder, gangguan sirkulasi ortostatik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Screen shot 2019 04 12 at 10.45.23

2.Persiapkan tubuh Anda sebelum tidur
Berbaringlah di atas kasur dengan mempraktikkan teknik relaksasi, misalnya dengan meregangkan kaki dan tangan, tahan sampai hitungan ke-7, dan  kembali ke posisi semula. Ulangi gerakan ini sampai stimulasi terasa di setiap bagian otot, mulai dari ujung kaki hingga ke leher.

3.Catatlah rutinitas Anda sehari-hari
Tanpa Anda sadari, apa yang Anda lakukan setiap harinya akan memengaruhi kualitas tidur Anda. Catatlah ke dalam sebuah jurnal berapa banyak kafein yang Anda konsumsi, seberapa sering Anda berolaraga, apa yang Anda konsumsi, kapan Anda tidur dan terbangun serta total jam tidur Anda sehari-hari.

Cobalah melakukan penyesuaian dengan catatan yang sudah dibuat. Setelahnya, konsultasikan hal ini ke dokter untuk membantu Anda menemukan solusi jika Anda tidak kunjung bisa tidur. 

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
21 ways to fall asleep naturally backed by science. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/322928.php)
How to Fall Asleep Fast in 10, 60, or 120 Seconds. Healthline. (https://www.healthline.com/health/healthy-sleep/fall-asleep-fast)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit