5 Kebiasaan Buruk Ini Dapat Membahayakan Mr P

Dalam kehidupan sehari-hari mungkin Anda tidak menyadari bahwa kebiasaan-kebiasaan tertentu dapat membahayakan penis Anda, baik yang berupa kebiasaan yang berdampak langsung atau kebiasaan yang tidak berdampak secara langsung. Sebaiknya Anda menghindari beberapa kebiasaan buruk ini:
Dipublish tanggal: Jul 9, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jul 20, 2019 Waktu baca: 3 menit
5 Kebiasaan Buruk Ini Dapat Membahayakan Mr P

Mr P adalah organ yang sangat vital bagi pria. Bagaimana tidak, Mr P merupakan alat reproduksi utama bagi pria dan sebagai saluran keluarnya urine. Sehingga Anda pun harus menjaga kebersihan dan kesehatan organ vital Anda yang satu ini. 

Namun apakah selama ini Anda sudah merawatnya dengan benar? Tanpa disadari terkadang Anda melakukan kebiasaan-kebiasaan yang justru dapat membahayakan penis Anda. Mungkin terlihat sepele, tapi kebiasaan buruk tersebut dapat mengganggu kesehatan reproduksi Anda. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Kulit via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 6

Simak uraian selengkapnya di bawah ini.

5 kebiasaan buruk yang dapat membahayakan Mr P

Dalam kehidupan sehari-hari mungkin Anda tidak menyadari bahwa kebiasaan-kebiasaan tertentu dapat membahayakan penis Anda, baik yang berupa kebiasaan yang berdampak langsung atau kebiasaan yang tidak berdampak secara langsung. Sebaiknya Anda menghindari beberapa kebiasaan buruk ini:

1. Minum alkohol dan merokok

Apakah Anda suka merokok atau minum alkohol? Dua kebiasaan tersebut dapat membahayakan Mr P Anda. Mungkin Anda pernah membaca peringatan gangguan impotensi pada label produk rokok. 

Sebenarnya peringatan tersebut bukanlah hanya sebagai hiasan saja, tapi merokok memang dapat merusak lapisan pembuluh darah Anda. Sehingga dapat mempengaruhi otot halus pada alat vital dan menghambat darah yang mengalir ke jaringan Mr P. 

Penelitian menyebutkan bahwa pria yang merokok memiliki resiko 51% mengalami impotensi dibandingkan pria yang tidak merokok.

Selain itu, mengkonsumsi alkohol juga dapat mempengaruhi kesuburan pria. Alkohol dapat mempengaruhi hormon testosteron sehingga menyebabkan penurunan hormon tersebut. Sedangkan hormon testosteron sangat berperan dalam proses reproduksi pria.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

2. Tidur terlalu larut malam

Tidak sedikit pria yang tidur saat larut malam. Misalnya karena lembur atau tuntutan pekerjaan, nongkrong dengan teman-temannya, atau karena sedang asyik menonton tv dan sebagainya.  

Tetapi apakah Anda tahu ternyata sering tidur larut malam dapat mempengaruhi kesuburan pria. Hal tersebut terjadi karena jumlah sperma yang dihasilkan berkurang dari ketika Anda tidur normal. 

Pernyataan di atas sesuai dengan informasi yang dimuat dari laman Live Science yang menemukan bahwa pria yang memiliki jam tidur sedikit dapat mengalami penurunan sperma hingga 25%. 

3. Bersepeda terlalu sering

Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang menyenangkan dan tergolong murah. Terlebih jika bersepeda sudah menjadi hobi Anda, tentu Anda akan suka menjelajahi tempat baru dengan bersepeda.

Namun siapa sangka ternyata bersepeda terlalu sering juga dapat membahayakan Mr P, yaitu dapat mengalami kesulitan ereksi. Studi yang dilakukan di Universitas California menyebutkan bahwa tempat duduk sepeda dapat menyebabkan penis sulit ereksi. 

Sadel sepeda yang keras dapat menekan perineum yang dapat memberi tekanan pada arteri dan saraf yang berfungsi sebagai fungsi seksual. Supaya meminimalisir efek sampingnya, Anda dapat menggunakan sadel duduk yang lunakan dan lakukan olahraga lainnya seperti jogging.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Kulit via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 6

4. Masturbasi menggunakan sabun

Masturbasi adalah salah satu aktivitas yang dilakukan oleh pria untuk menyalurkan hasrat seksual yang dilakukan oleh dirinya sendiri dengan atau tanpa menggunakan alat bantu seksual. Biasanya pria akan melakukan masturbasi dengan sabun atau lotion, padahal hal tersebut juga dapat membahayakan Mr P. 

Hal tersebut karena sabun dan lotion digunakan untuk bagian tubuh seperti tangan, kaki dan badan. Sedangkan penis memiliki kulit yang sangat sensitif. 

Apabila Anda melakukan masturbasi dengan sabun atau lotion, hal ini dapat menyebabkan Mr P Anda menjadi lecet atau iritasi. Terlebih jika sabun atau lotion mengenai dan masuk ke lubang urine dapat menyebabkan rasa perih hingga infeksi.

5. Mastrubasi menggunakan air liur

Masturbasi biasanya juga dilakukan dengan bantuan air liur. Walaupun cenderung tidak membahayakan, namun kebiasaan ini juga dapat membahayakan Mr P Anda. Menurut Centers for Disease Control and Prevention, air liur dapat mengandung herpes simpleks virus, dan berbahaya jika terkena alat vital.

Virus herpes tersebut dapat menular ke alat kelamin Anda.

Demikianlah 5 kebiasaan buruk yang dapat membahayakan Mr P dan sebaiknya Anda hindari. Terus jaga kebersihan dan kesehatan reproduksi Anda!

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
5 Bad Habits That May Increase Your Risk of Prediabetes. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/type-2-diabetes/diet/bad-habits-may-increase-your-risk-prediabetes/)
Habits That Are Bad for Your Bones. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/hs/osteoporosis-bone-health/bad-habits/)
Four Bad Habits of Modern Psychologists. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5618061/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Bahaya Akibat Menggunakan Vape bagi Kesehatan Tubuh
Bahaya Akibat Menggunakan Vape bagi Kesehatan Tubuh

Ternyata vape juga dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Berikut ini bahaya yang bisa dialami jika menggunakan vape atau rokok elektrik.

Buka di app