Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Olahraga dan Kebugaran

5 Fakta Otot Perut dan Cara Melatih Otot Perut dengan Sit-up

Update terakhir: OCT 21, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 529.534 orang

Salah satu bagian tubuh yang paling sering dilatih adalah otot perut. Otot ini sering dilatih, sehingga perut mengencang dan terbentuk gerat-gerat di perut yang biasa disebut six-packs. Salah satu cara yang paling sering dilakukan untuk membentuk otot perut adalah melakukan sit-up.

Namun, sebenarnya melakukan sit-up saja tidak cukup untuk membentuk otot perut. Saat ingin membentuk otot perut, Anda juga perlu melakukan latihan kardio untuk menghilangkan lemak dan mengatur jumlah kalori yang masuk. Jika ingin membentuk otot perut, simak informasi penting berikut.

Fakta tentang otot perut

Sebelum memilih latihan terbaik untuk membentuk otot perut, sebaiknya ketahuilah informasi tentang otot perut berikut ini:

Tidak hanya mengisi daerah perut

Otot perut tidak hanya mengacu pada otot yang menempel pada permukaan perut. Namun, otot perut merupakan otot yang mengisi perut mulai dari lapisan depan yang menempel pada tulang rusuk hingga tulang kemaluan dan sisi kanan dan kiri perut hingga panggul.

Otot inti dalam beraktivitas

Otot perut memiliki peran penting saat melakukan aktivitas sehari-hari. Otot perut akan berkontraksi saat tubuh bergerak, berbicara, dan bernapas. Selain itu, otot perut juga berperan untuk menjaga postur tubuh tetap tegap dan menyeimbangkan tubuh saat berlari

Saat berjongkok, melahirkan, ataupun mengeluarkan sisa makanan, otot perut juga ikut berkontraksi.

Melatih otot perut

Sebenarnya otot perut sudah terbentuk 6 bagian, tetapi terhalangi oleh lemak dan air sehingga terlihat rata. Jika ingin membentuk perut yang six-packs, perlu dilakukan latihan untuk meningkatkan massa otot, sehingga otot perut bagian depan akan terlihat. Latihan otot perut harus dilakukan secara rutin dan teratur.

Diperlukan latihan menyeluruh

Untuk membentuk perut yang sick-packs melakukan latihan otot perut saja tidak cukup. Diperlukan latihan menyeluruh untuk membentuk tubuh yang atletis dan proporsional. Anda harus rajin melakukan latihan kardio dan diimbangi dengan mengonsumsi makanan sehat.

Membentuk perut rata dan kencang

Otot perut pada wanita ditutupi oleh jaringan lemak, sehingga perut akan rata dan kencang tanpa ada tonjolan otot. Saat melakukan latihan mengecilkan perut, masa otot perut akan bertambah, tetapi lapisan lemak tidak berkurang. 

Jadi, para wanita tidak perlu khawatir saat melakukan latihan otot perut, karena otot tidak akan menonjol.

Tidak perlu latihan setiap hari

Melakukan latihan otot perut tidak perlu dilakukan setiap hari. Hal ini justru akan menyebabkan otot perut kelelahan dan mudah cedera, sehingga tidak dapat melakukan fungsinya dengan baik.

Melatih otot perut dengan sit-up

Salah satu latihan yang paling sering dilakukan untuk membentuk otot perut adalah sit-up. Selain mudah dilakukan, sit-up juga bebas biaya serta dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. 

Banyak manfaat yang diperoleh saat melakukan sit-up yaitu membakar kalori, memperbaiki keseimbangan tubuh, memperbaiki postur tubuh, dan memperindah bentuk perut. Selain itu, melakukan sit-up secara teratur akan menyebabkan sel otot aktif membakar kalori daripada lemak.

Untuk dapat mendapatkan manfaat tersebut, sit-up harus dilakukan secara benar. Melakukan sit-up dengan posisi yang salah akan menyebabkan cedera pada bagian leher dan punggung bawah. 

Posisi yang dilakukan saat memulai sit-up adalah berbaring dengan menekuk lutut. Selanjutnya letakkan tangan dengan posisi menyilang di atas dada atau dekat telinga. 

Kemudian angkat tubuh ke lutut sambil menghembuskan napas, dan secara perlahan turunkan tubuh sambil menarik napas. Bagi yang baru memulai latihan, Anda dapat melakukan sit-up sepuluh kali setiap hari.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit