4 Minyak Untuk Rambut Sehat

Dipublish tanggal: Agu 10, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 3 menit
4 Minyak Untuk Rambut Sehat

Rambut yang sehat dan berkilau merupakan hal yang diinginkan setiap wanita. Dengan begitu, penampilan akan menjadi lebih menarik dan membuat percaya diri seorang wanita meningkat. Untuk mendapatkan rambut yang indah, seringkali banyak wanita menggunakan berbagai macam produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia. 

Namun, sebelum memutuskan untuk mencoba produk perawatan rambut dengan bahan kimia, sebaiknya Anda mencoba beberapa minya yang terbuat dari bahan alami agar rambut Anda sehat dan berkilau. 

Iklan dari HonestDocs
Beli NIZORAL SS 1% SHAMPO 80ML via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Nizoral ss 1 shampo 80ml 1

Tentu saja, minyak ini tidak mengandung bahan kimia seperti yang terdapat pada produk perawatan rambut yang lain. Apa saja minyaknya? Cek daftarnya dibawah ini! 

Minyak zaitun 

Tidak hany untuk kulit, minyak zaitun juga sangat berguna untuk membuat rambut Anda menjadi sehat alami. Minyak ini sudah dipercaya sebagai bahan yang dapat menjaga kesehatan rambut sejak ribuan tahun yang lalu. 

Bekerja dengan cara menembus batang rambut, minyak zaitun dapat menjaga kelembapan rambut, yang akan membuat rambut menjadi lebih lembut dan menguatkan akar rambut. 

Dengan minyak zaitu, lapisan pelindung rambut atau yang sering disebut dengan lapisan kutikula akan berubah menjadi lebih halus, sehingga rambut akan terlihat lebih bersinar dari sebelumnya. 

Hal ini terjadi karena minya zaitun mengandung azam oelat, asam palmitat, dan squalene. Terdapat banyak produk shampo, conditioner, dan pomade yang mangandung bahan-bahan tersebut yang dibuat di laboratorium. 

Minyak zaitun dapat diaplikasikan pada rambut dengan kondisi kering dan tebal, rambut bercabang, dan rambut yang sering bersentuhan dengan bahan kimia. Anda dapat menggunakan minyak zaitun agar rambut terlihat lebih sehat dan bersinar. 

Iklan dari HonestDocs
Beli NIZORAL SS 1% SHAMPO 80ML via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Nizoral ss 1 shampo 80ml 1

Minyak kelapa 

Tidak hany berguna sebagai bahan untuk memasak, minyak kelapa ternyata mampu membuat rambut dan kulit kepala Anda menjadi lebih sehat. Dengan kandungan asam lemaknya, minyak kelapa dapat memberikan nutrisi serta membantu melembapkan kulit kepala dan rambut Anda. 

Pada tahun 2005, sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Cosmetic Science melaporkan bahwa dibandingkan dengan bahan-bahan lain yang terkandung dalam conditioner pada umumnya, minyak kelapa ternyata lebih mampu menembus folikel rambut lebih banyak. Inilah yang membuat minyak kelapa dapat mempertahankan kelembapan dan membuat kulit kepala lebih sehat. 

Selain itu, dengan minyak kelapa, pertumbuhan rambut akan meningkat dan rambut dapat tumbuh menjadi lebih tebal. Meskipun demikian, pemilik rambut rontok tidak dapat menggantungkan harapan mereka pada minyak kelapa. 

Namun, minyak kelapa juga dapat melawan infeksi jamur pada kulit kepala, seperti kurap dan kulit kepala berketombe karena memiliki sifat antibakteri. 

Minyak jojoba 

Selain dua minyak di atas, terdapat minyak lain yang dapat menjaga kesehatan rambut, minyak jojoba. Minyak jojoba merupakan minyak yang berasal dari tanaman jojoba (Simmondsia chinenesis) yang dapat meningkatkan kelembapan rambut karena kaya akan asam lemak

Oleh karena itu, pemilik rambut kering atau rusak sangat direkomendasikan untuk menggunakan minyak ini. Tidak hanya itu, minyak jojoba juga dapat menghilangkan ketomeb akibat dari kulit kepala yang kering. 

Iklan dari HonestDocs
Beli NIZORAL SS 1% SHAMPO 80ML via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Nizoral ss 1 shampo 80ml 1

Anda tidak perlu khawatir ketika memakai minyak ini karena minyak jojoba tidak meninggla residu apapun, yang membuat Anda bebas dari ketombe. Cara menggunakan minyak ini sangat mudah, cukup dioleskan ke kulit kepala, diamkan beberapa menit, kemudian cuci rambut Anda dengan sampo. 

Minyak jarak (castor oil)

Minyak terakhir yang sangat berguna bagi kesehatan rambut Anda adalah minyak jarak. Meskipun bernama jarak, tidak berarti bahwa minyak ini akan membuat pertumbuhan rambut Anda menjadi berjarak. Minyak yang dikenal dengan sebutan castor oil ini dipercaya dapat menumbuhkan rambut atau mengurangi rambut rontok. 

Apabila pertumbuhan rambut setiap orang dengan nomal hanya satu sentimeter setiap bulannya, maka hal itu tidak berlaku pada pengguna minyak jarak. Penggunaan minyak jarak beberapa kali dalam satu bulan ternyata dapat membuat pertumbuhan rambut mengalami peningkatan sebanyak 3 sampai 5 kali dibandingkan dengan pertumbuhan yang normal.

Berdasarkan penjelasan diatas, Anda bisa mencoba menggunakan minyak alami untuk menjaga kesehatan rambut. Pilihlah minyak yang sesuai dengan kondisi rambut Anda sehingga hasilnya bisa lebih maksimal. 

13 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Srivastava P, et al. (2014). Ylang-ylang oil not an uncommon sensitizer in Indian. DOI: (https://dx.doi.org/10.4103/0019-5154.127693)
Sakr FM, et al. (2013). Preparation and evaluation of a multimodal minoxidil microemulsion versus minoxidil alone in the treatment of androgenic alopecia of mixed etiology: A pilot study. DOI: (https://dx.doi.org/10.2147/DDDT.S43481)
Pahani Y, et al. (2015). Rosemary oil vs. minoxidil 2% for the treatment of androgentic alopecia: A randomized comparative trial [Abstract]. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25842469)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app