4 Akibat Buruk Karena Makan Rokok

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
4 Akibat Buruk Karena Makan Rokok

Merokok sudah termasuk sebagai daftar kebiasaan yang tidak baik dan dapat memperburuk kesehatan manusia. Namun sayangnya masih ada banyak orang yang tidak menyadari hal ini sepenuh hati, sehingga masih tetap menjalankan kebiasaan merokok setiap harinya.

Hal lain yang lebih parah dari merokok yaitu kebiasaan makan puntung rokok. Tentunya Anda sudah mengetahui bahwa rokok memiliki kandungan nikotin yang sangat membahayakan tubuh, jarangkan memakannya, asap yang dihirup saja bisa menimbulkan berbagai jenis penyakit.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Mengkonsumsi puntung rokok untuk dimakan memang tidak semua orang akan melakukannya, karena ini adalah kelainan pada diri seseorang yang disebut sebagai eating disorder atau kelainan makan. 

Sedangkan kelainan makan tidak hanya memakan rokok saja, akan tetapi bisa makan apa pun yang tidak biasa.

Ada banyak dampak buruk ang disebabkan dari kebiasaan makan rokok, untuk itu, Anda dapat mengetahuinya melalui berikut ini:

Menimbulkan penyakit kanker

Kanker menjadi salah satu jenis penyakit yang mematikan. Apa pun jenis penyakit kanker yang Anda alami akan lebih sulit untuk diobati jika dibandingkan dengan jenis penyakit yang lainnya. Untuk itu, jangan sampai Anda mengalami kelainan seperti makan rokok.

Banyak orang yang beranggapan bahwa makan rokok dapat terhindarkan dari berbagai dampak negatif jika dibandingkan dengan mengkonsumsi rokok pada umumnya, namun hal ini tentu saja tidak benar. Karena dampak yang akan Anda terima pun akan sama saja.

Jenis kanker yang dapat menyerang pada kelainan makan rokok yaitu seperti kanker gusi, kanker mulut, kanker bibir, kanker pipi, kanker pankreas, kanker perut maupun kerongkongan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Dapat menimbulkan kecanduan berkelanjutan

Semakin sering Anda mengkonsumsi puntung rokok, maka akan berpeluang kecanduan rokok secara berkelanjutan. Jika hal ini terus terjadi, maka Anda sendirilah yang akan menuai dampaknya. Sama halnya dengan kecanduan rokok pada umumnya yang memang sangat sulit untuk dihindarkan.

Jika Anda tidak ingin mengalami kecanduan secara berkelanjutan, sebaiknya Anda belajar dan berusaha untuk menghentikan kebiasaan buruk Anda. Jika Anda merasa kesulitan mengatasi hal ini, maka mintalah bantuan kepada tim medis untuk membantu Anda dalam menyembuhkan kelainan tersebut.

Menimbulkan berbagai penyakit mematikan

Penyakit mematikan tidak hanya bersumber dari kebiasaan merokok saja. Akan tetapi untuk orang yang sering kali memiliki kebiasaan memakan puntung rokok juga memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan karena dapat mengundang berbagai jenis penyakit yang dapat mematikan.

Jenis penyakit mematikan yang bersumber dari puntung rokok selain penyakit kanker yaitu penyakit jantung. Meskipun dalam sehari Anda hanya mengkonsumsi satu puntung rokok saja, namun hal ini akan berdampak buruk di kemudian hari, karena serangan penyakit tidak akan datang secepat kilat.

Perubahan pada bagian mulut

Perokok aktif pada umumnya akan mengalami permasalahan pada bagian mulut, yaitu warna bibir yang cenderung lebih gelap dan kering. Orang yang memiliki kelainan makanan puntung rokok pun juga akan mengalami hal yang sama. Namun tidak hanya sebatas bibir kering dan memiliki warna gelap saja.

Penderita kelainan bisa mendapatkan dampak yang lebih buruk dari itu, yaitu mengalami perubahan pada bagian mulut akibat dari kerusakan gigi dan gusi. Hal ini dikarenakan kandungan nikotin dan zat bahaya yang lainnya.

Memiliki kelainan dalam makan memang tidak boleh dibiarkan begitu saja. Karena jika dibiarkan, maka akan berdampak buruk bagi diri Anda sendiri nantinya, baik dari kesehatan maupun dari sisi manapun.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Nicotine poisoning symptoms: Can you overdose on too much nicotine?. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/319627)
Nicotine: Facts, effects, and addiction. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/240820)
Tobacco and cigarette butt consumption in humans and animals. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3088460/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app