12 Latihan Sederhana Untuk Mengatasi De Quervain Tenosynovitis

Dipublish tanggal: Agu 11, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
12 Latihan Sederhana Untuk Mengatasi De Quervain Tenosynovitis

Tenosynovitis De Quervain adalah peradangan selubung, atau sinovium, yang mengelilingi dua tendon yang berada di antara pergelangan tangan dan ibu jari. 

Tendon sendiri adalah jaringan penghubung yang menghubungkan antara otot dengan tulang. Tendon yang berada pada ibu jari, berfungsi dalam menggerakkan ibu jari.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Apa yang menyebabkan terjadinya De Quervain Tenosynovitis?

Ketika terjadi peradangan pada selubung yang membungkus tendon, maka tendon akan membengkak dan menebal, sehingga akan terasa menyakitkan bagi seseorang untuk menggerakkan ibu jari mereka. 

Kondisi ini biasanya terjadi setelah seseorang menggunakan ibu jari atau pergelangan secara berlebihan,seperti terlalu sering bermain video game menggunakan smartphone, joystick atau menulis menggunakan pena.

Selain aktivitas di atas, aktivitas yang berhubungan dengan De Quervain's tenosynovitis meliputi:

  • golf
  • bermain piano
  • mengetik
  • pekerjaan tukang kayu
  • menggendong seorang anak

Kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita daripada pria dan sering terjadi setelah periode kehamilan. Penyebab lain termasuk pembentukan jaringan parut akibat cedera atau peradangan sendi.

Gejala De Quervain Tenosynovitis

Gejala utamanya adalah rasa sakit dan bengkak di pangkal ibu jari. Gejala penyerta lain yang mungkin muncul bersamaan dengan kondisi ini meliputi :

  • Rasa sakit saat menggerakkan ibu jari atau pergelangan tangan
  • Rasa sakit saat mengepalkan tangan
  • Pembengkakan pada salah satu sisi pergelangan tangan
  • Berkurangnya kekuatan genggaman tangan
  • Gerakan yang melibatkan ibu jari dan pergelangan tangan, seperti mencubit, menggenggam, atau meremas-remas akan membuat kondisi ini menjadi semakin parah.

12 Latihan sederhana untuk mengurangi gejala De Quervain Tenosynovitis

Penanganan awal bagi seseorang yang mengalami kondisi ini dapat dilakukan dengan pemakaian bidai selama 2 hingga 3 minggu. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Setelah bidai dilepas, untuk meningkatkan kemampuan pergerakan pergelangan tangan dan ibu jari, maka berikut beberapa latihan yang dapat dilakukan :

1) Meletakkan telapak tangan yang mengalami peradangan pada permukaan yang datar, seperti meja. Kemudian dengan tangan yang lain, ibu jari pada tangan yang mengalami tenosinovitis dipindahkan secara perlahan menjauhi meja. Gerakan ini harus diulang sebanyak 5 hingga 10 kali.

2) Meletakkan tangan yang mengalami peradangan secara vertikal pada permukaan yang datar dengan jari kelingking berada di paling bawah. Dengan tangan yang satunya, ibu jari pada tangan yang sakit digerakkan menjauh dari jari-jari, kemudian dibawa kembali smendekat. Gerakan ini diulangi 5 hingga 10 kali.

3) Meletakkan telapak tangan yang mengalami peradangan pada permukaan yang datar, seperti meja. Kemudian dengan tangan yang lain, ibu jari pada tangan yang mengalami tenosinovitis dipindahkan secara perlahan menjauhi jari telunjuk. Gerakan ini harus diulang sebanyak 5 hingga 10 kali.

4) Jika gerakan nomor tiga tidak lagi menyebabkan rasa sakit, maka gerakan dapat dimodifikasi dengan meletakan pergelangan tangan pada ujung meja.

5) Meletakkan telapak tangan yang mengalami peradangan pada permukaan yang datar, seperti meja. Kemudian gerakan ibu jari tangan yang mengalami tenosinovitis secara perlahan menjauhi meja. Gerakan ini harus diulang sebanyak 10 kali. Repetisi dapat ditambah jika gerakan tidak menimbulkan nyeri

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

6) Jika ibu jari Anda tidak nyeri saat melakukan gerakan nomor 5, Anda dapat meletakan karet gelang pada jari telunjuk dan ibu jari untuk menambahkan resistensi.

7) Sambil meletakkan tangan yang sakit di atas meja dengan posisi telapak tangan berada di atas, coba untuk menyentuhkan ibu jari ke jari kelingking. Tahan posisi tersebut selama 6 detik dan lakukan sebanyak 10 kali.

8) Lakukan peregangan dengan menggunakan tangan yang sehat memegang lengan yang mengalami tenosynovitis. Julurkan kedua tangan ke depan, dan tarik telapak tangan yang mengalami tenosynovitis ke belakang dengan posisi telapak tangan menghadap ke bawah. Tahan posisi selama 15 hingga 30 detik dan diulang sebanyak tiga kali.

9) Lakukan posisi yang sama seperti dengan posisi nomor 8, tetapi kali ini dorong tangan yang mengalami peradangan alih alih menariknya.

10) Memegang kaleng pada tangan yang sakit, dengan telapak tangan menghadap ke atas, kemudian dengan menggunakan sendi pada pergelangan tangan, lakukan gerakan naik turun. Lakukan gerakan ini sebanyak dua set dengan 15 repetisi.

11) Memegang kaleng pada tangan yang sakit, dengan ibu jari menghadap ke atas, kemudian dengan menggunakan sendi pada pergelangan tangan, lakukan gerakan naik turun (upayakan untuk tidak menggerakan bagian lain selain persendian pada pergelangan tangan). Lakukan gerakan ini sebanyak dua set dengan 15 repetisi.

12) Seseorang dapat memperkuat cengkramannya dengan meremas bola karet dan menahan peregangan selama 5 detik. Lakukan gerakan ini sebanyak dua set dengan 15 repetisi.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
De Quervain's tenosynovitis: 12 exercises to do at home. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/320914.php)
De Quervain's tenosynovitis - Symptoms and causes. Mayo Clinic. (http://www.mayoclinic.com/health/de-quervains-tenosynovitis/DS00692)
de Quervain's Tenosynovitis: Symptoms, Causes, Diagnosis, Treatment. WebMD. (https://www.webmd.com/rheumatoid-arthritis/guide/de-quervains-disease)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app