Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Kesehatan Fisik

Terapi Pergelangan Tangan Terkilir

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Waktu baca: 1 menit
Terapi Pergelangan Tangan Terkilir

Semua orang bisa mengalami pergelangan tangan terkilir. Entah itu pekerja kantoran ataupun pekerja lapangan. Pergelangan tangan terkilir bisa diakibatkan oleh gerakan pergelangan yang berulangkali, atau karena Anda terjatuh dan mendarat dengan tangan sebagai tumpuannya. Akibatnya, pergelangan tangan dapat patah, otot robek atau terseleo. 

Selain sakit, biasanya pergelangan tangan yang terkilir juga mengalami pembengkakan.  Bagian tangan yang cedera terasa lunak dan memar.  Untuk mendeteksi apa yang terjadi, biasanya diperlukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan dengan alat seperti X-ray, MRI, atau arthrogram. Arthrogram pemindaian  menggunakan cairan pewarna yang disuntikkan ke pergelangan tangan,  keesokan harinya tangan dironsen. Atau bisa juga dengan pemeriksaan arthroscopy (operasi kecil yang memasukkan kamera ke ke dalam pergelangan tangan).

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Untuk menghilangkan rasa sakit dan membantu pemulihan, berikut ini hal-hal yang dapat dapat Anda lakukan: 

1.Istirahatkan pergelangan tangan selama 48 jam.
2.Kompres bagian yang terasa sakit dengan es yang dibungkus kain untuk mengurangi bengkak dan rasa sakit  selama  20-30 menit setiap tiga hingga empat jam sekali, selama dua hingga tiga hari.
3.Balut pergelangan tangan untuk menambah tekanan.
4.Angkat pergelangan tangan di atas posisi jantung sedering mungkin menggunakan penopang.


5.Konsumsilah obat penghilang rasa sakit dan anti peradangan yang tidak mengandung steroid. Waspadai efek samping seperti risiko pendarahan dan gangguan lambung.
6.Gunakan splinter atau papan penahan agar pergelangan tangan benar-benar tidak bergerak. Lakukan hal ini sampai saatnya tiba untuk berkonsultasi dengan dokter. Jangan menggunakan splinter terlalu lama agar otot di sekitar area cedera tidak melemah dan menjadi kaku.
7.Latih pergelangan tangan Anda dengan melakukan peregangan dan latihan kekuatan jika diperbolehkan oleh dokter.


Jika memang pergelangan tangan belum sembuh benar, jangan pernah memaksakan untuk beraktivitas, karena justru dapat menunda kesembuhan. Kembalilah menggunakan pergelangan tangan secara aktif jika rasa sakit dan sudah dapat digunakan untuk menggenggam atau memindahkan barang-barang.

15 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Wrist pain: Causes, symptoms, and treatment. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/312070.php)
Sprained Wrist Injury: Symptoms,Treatments, and Recovery. WebMD. (https://www.webmd.com/fitness-exercise/wrist-sprain)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit