Tips Mengatasi Stres Saat Bekerja

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 1 menit
Tips Mengatasi Stres Saat Bekerja

Daftar pekerjaan yang tak pernah usai dapat memicu terjadinya stres. Setiap orang berlomba untuk bekerja dengan cepat dan tepat waktu. Bertemu deadline, hanya fokus pada kekuatan pribadi dapat membuat Anda merasa tertekan.

Cara Mengatasi Stress Saat Bekerja

Untuk itu tak ada salahnya untuk mencoba tips berikut guna menyeimbangkan stress kala bekerja :

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

1. Bertindaklah fleksibel

Komunikasi dan waktu yang fleksibel adalah kebutuhan utama dunia bisnis saat ini. Penelitian menunjukkan bahwa karyawan yang bekerja dengan jadwal yang fleksibel akan lebih produktif dan setia kepada atasannya. Lakukan hal ini pada pekerjaan Anda.

2. Lebih efisien

Bertindaklah efisien dengan waktu pekerjaan Anda. Jangan menunda pekerjaan yang dapat Anda lakukan dengan segera. Jika Anda harus menangani suatu projek besar, mulailah dengan menyicilnya sedikit demi sedikit. Semakin sedikit penundaan waktu yang Anda lakukan, akan semakin banyak waktu berkualitas yang dapat Anda habiskan bersama orang terdekat.

3. Buatlah to do list

Tulis tujuan Anda setiap harinya. Menomorsatukan prioritas mengajarkan Anda untuk berhasil dan mampu mengontrol segala hal. Realistislah jika memang harus bekerja dengan deadline. Buatlah to do list Anda, dan pisahkan mana yang menjadi prioritas dan mana yang tidak. Mintalah bantuan orang lain jika memang diperlukan.

4. Berkonsentrasilah dengan musik

Dengarkan musik favorit Anda saat bekerja untuk membantu konsentrasi Anda, mengurangi stress dan menstimulasi kreatifitas. Sejak 30 tahun lalu penelitian menunjukkan berbagai keuntungan dari mendengarkan musik setiap hari, termasuk mengurangi tekanan darah. Gunakan headphone saat bekerja, perbesar volume suara musik, dan Anda akan kembali bersemangat.

5. Istirahat

Bekerja juga perlu istirahat. Luangkan waktu Anda sejenak untuk beristirahat, dan lebih santai di sela-sela pekerjaan yang menumpuk. Break sesaat dapat membersihkan pikiran Anda, dan menambah kemampuan Anda untuk dapat berdamai dengan stres yang dapat kembali hadir.

 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

 

 

 

 

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
10 stress busters. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/stress-anxiety-depression/reduce-stress/)
9 Simple Ways to Deal With Stress at Work. Verywell Mind. (https://www.verywellmind.com/how-to-deal-with-stress-at-work-3145273)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
7 Olahraga Ringan yang Dapat Dicoba Sebelum Bekerja
7 Olahraga Ringan yang Dapat Dicoba Sebelum Bekerja

Bahkan hanya melakukan beberapa latihan sederhana, tidak lebih dari 15 atau 30 menit, dapat Anda lakukan dan memberi Anda beberapa manfaat kesehatan fisik dan mental yang luar biasa. Cobalah lakukan tujuh latihan sederhana berikut ini ke dalam rutinitas pagi Anda dan rasakan manfaatnya.

Buka di app