Yoga : Olahraga yang Membahagiakan

Dipublish tanggal: Mei 30, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Yoga : Olahraga yang Membahagiakan

Kebahagiaan adalah hak yang mutlak bagi setiap orang. Terkadang kebahagiaan datang dari dalam diri sendiri, bukan dari individu lain. Yoga merupakan salah satu sarana untuk menciptakan kebahagiaan. Namun apakah benar yoga dapat membuat Anda bahagia?

Kebahagiaan yang dirasakan manusia sejatinya adalah sebuah reaksi kimia. Berlatih yoga akan mendukung kesehatan yang akan menimbulkan perasaan damai bagi siapa saja yang melakukannya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Yoga adalah olahraga yang menggabungkan latihan fisik, pernapasan dalam dan fokus mental, sehingga dengan berlatih yoga, Anda akan belajar untuk menyatukan napas dengan gerakan tubuh dan pikiran Anda. 

Hal ini dapat dianggap sebagai cara untuk menggabungkan kembali esensi sejati dari kedamaian tubuh. Yoga dapat menjadi sarana bagi Anda untuk mengingat kondisi alami tubuh Anda.

Olahraga yoga menggunakan pernapasan dan juga perasaan. Melalui perpaduan latihan ini, Anda dapat mengontrol diri Anda, mengontrol sikap Anda ketika berhadapan dengan kejadian dan orang-orang di kehidupan yang Anda jalani.

Yoga mengurangi stres

Umumnya, stres terjadi akibat berbagai peristiwa kehidupan dan orang-orang di sekitar Anda. Peristiwa ini memicu reaksi dan tanggapan Anda dan reaksi Andalah yang mempengaruhi timbulnya stres. Melalui yoga, Anda dapat mengurangi stres. 

Bagaimana caranya? Berikut adalah contoh-contoh manfaat yang akan Anda dapatkan melalui yoga :

    • Yoga mengajarkan Anda untuk mendengarkan tubuh dan menghormati jiwa serta raga yang Anda miliki saat ini. Anda akan belajar untuk lebih bersyukur dan hidup bahagia.
    • Yoga dapat memicu energi positif keluar dari dalam tubuh Anda. Energi positif merupakan salah satu teknik penghilang stres yang sangat ampuh. Hal ini dapat Anda peroleh dari berbagai latihan pernapasan dalam yoga.
    • Yoga dapat membantu mengurangi tekanan darah, hormon stres serta kortisol dalam tubuh.
    • Yoga meningkatkan hormon seratonin, oksitosin, dan kadar GABA pada tubuh Anda, di mana hormon-hormon ini merupakan reaksi kimia yang bertanggung jawab membuat tubuh dan pikiran Anda merasakan kebahagiaan.
    • Yoga dapat mengurangi rasa cemas pada berbagai hal yang mungkin Anda takuti. Melalui gerakan-gerakan yang menggabungkan konsentrasi dan pernapasan, rasa cemas yang Anda alami akan berkurang.

    Selain mengurangi stres dengan berbagai teknik latihan, yoga juga memiliki manfaat-manfaat lain yang tentu akan mempengaruhi kehidupan Anda. Berikut ini manfaat yang bisa Anda dapatkan dari olahraga yoga :

    Iklan dari HonestDocs
    Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

    Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

    Default internal ads 7
    • Membuat Anda sehat dan bugar

    Gerakan yoga yang memuat latihan fisik dapat mengencangkan otot-otot dan meningkatkan kelenturan tubuh Anda. Gerakan ini pun mampu meningkatkan peredaran darah dan melancarkan sistem pencernaan Anda. 

    Manfaat-manfaat yoga terhadap kesehatan dan kebugaran jasmani sudah terbukti melalui berbagai survei dan penelitian. Meskipun termasuk olahraga yang tidak berat, namun gerakan-gerakan yang dilakukan secara terus menerus dan dalam waktu yang cukup lama akan memberikan perubahan pada tubuh Anda. 

    Bahkan beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa yoga dapat mengurangi berat badan.

    • Memperkuat hubungan Anda dengan diri sendiri dan lingkungan

    Yoga akan mengajarkan Anda untuk menerima diri Anda, menerima seluruh bagian dalam diri Anda. Melalui yoga, Anda akan belajar untuk tidak menghakimi diri Anda, untuk mencintai diri Anda tanpa syarat, untuk menyelaraskan tubuh dan pikiran Anda. 

    Ketika Anda sudah mampu mencintai diri Anda seutuhnya, Anda akan mudah mengembangkan hubungan dekat dengan orang-orang di sekitar Anda. Selain itu, kelas yoga merupakan tempat yang baik bagi Anda untuk dapat bersosialisasi dan mencari kawan baru.

    5 Referensi
    Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
    Yoga – Benefits Beyond the Mat. Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/yoga-benefits-beyond-the-mat)
    Yoga Health Benefits: Flexibility, Strength, Posture, and More. WebMD. (https://www.webmd.com/balance/guide/the-health-benefits-of-yoga)
    Yoga: Benefits, Intensity Level, and More. WebMD. (https://www.webmd.com/fitness-exercise/a-z/yoga-workouts)

    Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

    Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
    (1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

    Tanya Dokter

    Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


    Lampirkan file (foto atau video)
    Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
    Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
    * Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

    Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

    Submit
    Buka di app