Buat Diri Lebih Bahagia dengan Tips Menghilangkan Stres Berikut Ini

Dipublish tanggal: Sep 6, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Ketika stres, seseorang akan merasa mudah putus asa, gugup dan mudah marah. 

Perasaan orang tersebut ketika sedang stres akan merasa tidak bahagia dan ketika seseorang mengalami stres dalam jangka lama, hal ini bisa mempengaruhi orang tersebut untuk terserang berbagai macam penyakit.  

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Yang terjadi dalam tubuh seseorang yang mengalami stres adalah hormon kortisol dan adrenalin orang tersebut akan meningkat dalam tubuh. Hal ini dapat memicu penyakit berikut:

  • Penyakit jantung
  • Gangguan pencernaan
  • Depresi
  • Daya tahan tubuh melemah dan menjadi mudah terserang penyakit

Selain tubuh yang melemah dan mudah terserang berbagai macam penyakit, orang yang mengalami stres berkepanjangan dapat mempengaruhi perasaan atau moodnya sehari-hari karena kebanyakan orang yang mengalami stres tidak akan merasa bahagia.

Hal-hal menyenangkan seperti hobi dan makanan atau benda favorit anda pun tidak akan lagi bisa memicu kebahagiaan anda karena anda terlalu larut dalam keadaan stres yang sedang menimpa anda. 

Satu-satunya cara adalah dengan menyelesaikan masalah penyebab stres anda atau menghindari hal-hal yang memicu stres.

Tips menghilangkan Stres

Penyebab dari munculnya stres ada banyak sekali, seiring anda tumbuh dewasa. Masalah-masalah hidup tersebut pun harus segera ditangani sehingga tidak menyebabkan rasa stres. 

Untuk mengatasi stres pada tiap-tiap orang pun berbeda satu dengan lainnya. Berikut adalah tips untuk menghilangkan stres dan membuat tubuh anda terhindar dari berbagai macam penyakit yang timbul karena stres:

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7
  • Lakukan kegiatan yang disukai
  • Tetap bergerak dan berolahraga
  • Mendengarkan musik bernada lembut
  • Meditasi
  • Meditasi mindful dimana meditasi ini mengharuskan anda untuk fokus pada setiap hal yang anda rasakan sekarang ini termasuk gerakan pernafasan anda.
  • Meditasi mantera dimana teknik meditasi ini memusatkan atau mengosongkan pikiran dengan cara mengulang kata berulang kali.

Ketika anda melakukan kegiatan yang anda sukai, biasanya anda akan merasa bahagia dan terkadang lupa waktu. Kegiatan yang anda sukai bisa saja merupakan hobi anda atau sesuatu yang sangat jarang anda lakukan. 

Ketika anda melakukannya lagi, maka hal tersebut dapat membuat mood anda menjadi bagus, anda merasa bahagia dan kadar stres anda berkurang.

Ketika stres, kebanyakan orang akan mengurung diri di suatu tempat atau mungkin di kamar sendiri dan enggan untuk keluar rumah. 

Namun, mengurung diri tanpa melakukan aktivitas apapun malah akan membuat kadar stres anda tak kunjung berkurang. 

Sebaliknya, ketika anda mengurung diri, hal-hal yang menyebabkan anda stres akan mudah sekali masuk ke dalam pikiran anda dan membuat anda memikirkan hal tersebut secara berlebihan tanpa menemukan solusinya. 

Cara yang seharusnya anda lakukan untuk mengurangi stres daripada mengurung diri adalah tetap bergerak dan berolahraga seoerti:

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7
  • Olahraga ringan
  • Lari
  • Bersepeda
  • Berjalan kaki
  • Laihan yoga untuk mengurangi ketegangan otot yang disebabkan oleh stres

Dengn melakukan olahraga dan tetap bergerak, hal ini akan membuat tubuh anda mengeluarkan zat kimia yang membuat anda akan merasa lebih baik dan bahagia.

Semua orang suka mendengarkan musik. Mendengarkan musik sendiri dapat mengurangi kadar stres. Namun musik yang didengarkan adalah musik dengan nada yang lembut karena musik bernada lembut memberikan efek baik untuk tubuh, diantaranya:

  • Menurunkan detak jantung yang cepat
  • Meredakan rasa cemas
  • Menurunkan tekanan darah
  • Membuat hormon kortisol menurun

Stres biasanya disebabkan oleh banyaknya masalah yang anda pikirkan dan hal tersebut akan cenderung anda pikirkan secara terus-menerus tanpa menemukan solusinya. 

Untuk mengatasinya, anda dapat melakukan meditasi. Tujuan dari meditasi adalah membuat anda lebih fokus pada hal-hal yang sedang terjadi dan tujuan awal anda. 

Ketika anda melakukan meditasi, maka pikiran anda akan terasa lebih jernih dan ketika pikiran jernih, anda tidak akan merasa overthinking dan bisa memikirkan solusi dari masalah yang anda alami. Ada dua teknik meditasi yang dapat anda lakukan, yaitu:

7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Tips to manage anxiety and stress. (n.d.). Retrieved from (http://www.adaa.org/tips-manage-anxiety-and-stress)
Mayo Clinic Staff. (2014, April 8). Stress management. Retrieved from (http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/stress-management/basics/stress-basics/hlv-20049495)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app