Waspada, Inilah Dampak Membakar Sampah Di Pekarangan Rumah terhadap Tubuh

Dipublish tanggal: Sep 8, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Memusnahkan sampah dengan cara dibakar cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Cara tersebut dianggap lebih efektif dan efisien dalam menyingkirkan tumpukan sampah, terlebih jika sampah tersebut mengeluarkan bau tak sedap. 

Tahukah Anda, memusnahkan sampah dengan cara dibakar sesungguhnya dapat memicu berbagai masalah kesehatan terhadap orang-orang yang berada di sekitarnya? Berikut ini penjelasannya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Asap hasil pembakaran sampah mengandung berbagai bahan kimia

Sampah yang dibakar akan menghasilkan residu berupa asap. Asap yang ditimbulkan ketika Anda membakar sampah mengandung berbagai senyawa kimia yang menyebar di udara. 

Sejumlah bahan kimia yang dihasilkan dari asap pembakaran mengandung bahaya yang tak hanya merusak lingkungan sekitar namun juga beresiko terhadap kesehatan tubuh. 

Menurut US Environmental Protection Agency, terdapat dua zat utama yang dihasilkan dari proses pembakaran yang berbahaya bagi kesehatan, yaitu karbon monoksida dan formaldehid atau formalin. Kedua zat tersebut beresiko menimbulkan penyakit pada pernapasan.

Christine Wiedenmayer, seorang peneliti dari National Center for Atmospheric Research juga menerangkan bahwa sebanyak 29 persen asap hasil pembakaran mengandung partikel logam berukuran kecil yang dapat menembus langsung ke dalam paru-paru. 

Selain itu, sampah yang mengandung merkuri menghasilkan 10 persen kandungan polutan, sedangkan 40 persen lain mengandung hidrokarbon aromatik polisiklik (PHA).

Selain itu, asap hasil pembakaran sampah juga mengandung berbagai materi tak kasat mata lainnya di antaranya hidrogen klorida, hidrogen sianida, benzene, styrene, arsen, timbal, kromium, dioksin, furan, PCB dan benzo(a)pyrene. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Seluruh zat kimia tersebut bersifat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Bahaya membakar sampah sembarangan

Sebagai salah satu cara memusnahkan tumpukan sampah, membakar sampah sesungguhnya memiliki dampak serius karena dapat meracuni kesehatan lingkungan, diri sendiri, keluarga serta orang-orang yang ada di sekitar kita.

Jika bahan-bahan kimia tersebut terus dihirup oleh manusia, berbagai gangguan kesehatan seperti batuk, sesak napas, infeksi mata, sakit kepala, dan pusing bisa saja terjadi dan dirasakan. 

Bila terus dibiarkan, kondisi ini dapat meningkatkan risiko penyakit paru-paru, gangguan sistem saraf, serangan jantung hingga menyebabkan beberapa jenis kanker.

Selain berdampak langsung karena ikut terhirup melalui pernapasan, bahan kimia yang ditimbulkan akibat proses pembakaran sampah juga dapat menempel pada benda-benda yang ada di sekitarnya sehingga, meskipun api pada pembakaran sampah sudah padam, paparan kimia hasil pembakaran sampah dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan melalui benda-benda sekitar yang terkontaminasi.

Kandungan dioksin dari sampah plastik yang dibakar rupanya bersifat karsinogenik yang dapat mengganggu sistem hormon dalam tubuh hingga menyebabkan kanker. Racun ini juga dapat menumpuk di dalam lemak tubuh dan diserap oleh plasenta bayi pada ibu hamil. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Sehingga, sangat jelas bahwa membakar sampah memiliki dampak buruk yang nyata terhadap kesehatan.

Cara mengolah sampah yang benar dan aman bagi kesehatan tubuh

Terdapat alternatif lain untuk mengurai tumpukan sampah yang dampaknya baik positif terhadap lingkungan sekitar maupun kesehatan. Berikut merupakan beberapa caranya:

  • Menghemat Pemakaian Produk Rumah Tangga Sekali Pakai

Menghemat konsumsi produk rumah tangga dapat mengurangi produksi sampah. Selain itu, membeli produk dengan kemasan yang lebih ramah lingkungan seperti produk dengan kemasan berbahan dasar kertas akan memiliki dampak yang lebih ramah terhadap lingkungan maupun kesehatan.

  • Mendaur Ulang Sampah

Mendaur ulang sampah terdengar tidak cukup praktis di telinga kita. Namun dengan mendaur ulang sampah, keuntungan yang Anda dapatkan tidak hanya berkurangnya jumlah sampah tetapi juga mendapatkan barang-barang yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. 

Sebagai contoh, pemanfaatan sampah kertas menjadi keranjang serbaguna, bungkus kopi menjadi tas, dan lain sebagainya.

  • Membuat Pupuk Kompos

Beberapa sampah rumah tangga seperti sayuran sisa dapat dimanfaatkan menjadi pupuk kompos yang bermanfaat dan dapat memberikan nutrisi terhadap tanaman yang terdapat di pekarangan Anda. 


4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Trash burning worldwide significantly worsens air pollution. ScienceDaily. (Accessed via: https://www.sciencedaily.com/releases/2014/08/140826121056.htm)
Does Burning Trash Make it Disappear?. New York State Department of Health. (Accessed via: https://www.health.ny.gov/environmental/outdoors/air/trash.htm)
Human Health - Backyard Burning - Wastes. US EPA. (Accessed via: https://archive.epa.gov/epawaste/nonhaz/municipal/web/html/health.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app