Walau Sudah Vaksin, Tapi Masih Berisiko Terserang Penyakit Kelamin?

Dipublish tanggal: Mei 25, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Walau Sudah Vaksin, Tapi Masih Berisiko Terserang Penyakit Kelamin?

Vaksin memiliki kegunaan untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit kelamin seperti kanker serviks, kutil kelamin maupun penyakit kelamin yang lainnya. 

Akan tetapi, jangan berbangga dulu, karena meskipun Anda sudah suntik vaksin, belum tentu Anda bisa terhindarkan dari serangan penyakit kelamin, terutama bagi Anda yang sering mengalami kesalahan-kesalahan yang seharusnya tidak Anda lakukan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Selama aktivitas seks, Anda akan lebih mudah terserang oleh penyakit HPV atau Human papillomavirus. Penyakit ini dapat ditularkan melalui hubungan seksual atau kontak langsung antara kulit dengan kulit. 

Untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit HPV Anda selalu disarankan untuk melakukan vaksinasi.

Pencegahan Penyakit Kelamin Menular

Meskipun Anda sudah suntik vaksin, Anda dilarang melakukan ke 3 kesalahan seperti berikut agar penyakit menular tidak menular kepada Anda lagi, diantaranya:

1. Jangan pernah mengabaikan kondom

Apabila Anda dan pasangan sudah melakukan vaksin, namun bukan berarti akan terhindarkan dari segala jenis penyakit. Untuk itu, selalu gunakan kondom ketika Anda bercinta. 

Kondom berguna untuk melakukan pencegahan terhadap penularan penyakit, untuk itu, jangan pernah mengabaikan kondom jika Anda ingin berhubungan badan dengan pasangan.

Berbeda lagi apabila Anda maupun pasangan tidak sering bergonta-ganti pasangan saat bercinta, tanpa menggunakan kondom setelah suntik vaksin pun tidak masalah. Oleh karena itu, Anda selalu disarankan untuk tidak sering bergonta ganti pasangan ketika bercinta.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

2. Lakukan hubungan badan yang sehat

Melakukan hubungan badan yang sehat dapat memberikan pencegahan terhadap serangan berbagai jenis penyakit. Cara bercinta yang sehat yaitu selalu menjaga kebersihan tempat dan tubuh saat bercinta. 

Jangan melakukan hubungan badan di tempat yang tidak bersih, karena berbagai jenis bakteri dapat masuk ke dalam alat kelamin.

Hindari juga berhubungan badan melalui anus, selain dapat menyebarkan berbagai jenis bakteri, Anda juga akan tertular berbagai jenis penyakit kelamin. 

Meskipun Anda sudah vaksinasi, namun tetap melakukan hubungan badan yang tidak sehat, jangan harap penyakit menular dapat Anda hindarkan.

3. Selalu menjaga kebersihan alat kelamin

Menjaga kebersihan alat kelamin tidak hanya tugas wanita saja, akan tetapi para pria pun juga memiliki tugas dan kewajiban dalam membersihkan alat kelaminnya. 

Meskipun penularan penyakit kelamin lebih mudah menyerang wanita, namun pria haruslah tetap menjaga alat vital nya agar tidak menularkan penyakit maupun tertular penyakit.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Kebersihan yang bisa dilakukan para pria yaitu dengan membersihkan alat kelamin setelah buang air kecil, tidak sering gonta-ganti pasangan, tidak melakukan hubungan seks yang tidak sehat, selalu rutin mengganti celana dalam maupun yang lainnya.

Suntik vaksin di sarankan untuk anak laki-laki maupun perempuan yang sudah berusia 9 hingga 14 tahun. Apabila pada usia tersebut anak laki-laki maupun perempuan belum mendapatkan suntik vaksin, tetaplah melakukan vaksin, khususnya pada usia 13 hingga 26 tahun. 

Melalui vaksin inilah yang dapat melindungi pria maupun wanita dari serangan penyakit menular seperti HPV.

Akan tetapi vaksin tidak memberikan perlindungan di semua jenis penyakit kelamin, karena Anda masih tetap bisa terserang oleh berbagai jenis penyakit kelamin menular meskipun sudah melakukan vaksin. 

Oleh karena itu, Anda selalu di anjurkan untuk tidak melakukan ke 3 kesalahan yang ada di atas. Jika ke 3 kesalahan di atas Anda lakukan, jangan heran jika berbagai penyakit kelamin menular dapat menyerang Anda maupun pasangan.


4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
HPV Vaccine: A Powerful Way to Help Prevent 3+ Cancers in Women. American Cancer Society. (https://www.cancer.org/latest-news/hpv-vaccine-a-powerful-way-to-help-prevent-4-cancers-in-women.html)
HPV Vaccine (for Teens). Nemours KidsHealth. (https://kidshealth.org/en/teens/hpv-vaccine.html)
Epidemiology Of Prevention Of Communicable Diseases. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK470303/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app