Tips Meningkatkan Metabolisme Tubuh dengan Mudah

Dipublish tanggal: Jun 28, 2019 Update terakhir: Okt 27, 2020 Tinjau pada Sep 27, 2019 Waktu baca: 3 menit
Tips Meningkatkan Metabolisme Tubuh dengan Mudah

Banyak orang yang sering mengaitkan metabolisme dengan penurunan berat badan. Katanya, orang yang memiliki tubuh yang langsing memiliki sistem metabolisme yang cepat, sehingga berat badan tidak mudah naik. Sementara orang yang berat badannya susah turun disebut-sebut metabolisme tubuhnya bermasalah. 

Metabolisme merupakan proses pembakaran kalori dengan mengubah makanan dan minuman menjadi energi, sehingga dapat digunakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Jika ingin berat badan cepat turun, lantas bagaimana cara menjaga dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh? Berikut tipsnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Jenis metabolisme tubuh

Tingkat metabolisme dalam tubuh dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu usia, ukuran tubuh, jenis kelamin, dan faktor genetik. Ada 3 jenis metabolisme yang terjadi dalam tubuh manusia, yaitu:

1. Metabolisme basal

Metabolisme basal adalah proses pembakaran kalori yang dilakukan dengan cara mengubah makanan menjadi sumber energi. Proses ini bermanfaat untuk menjaga fungsi organ tubuh agar dapat bekerja dengan optimal.

2. Thermogenesis aktivitas non-latihan (NEAT)

NEAT atau thermogenesis aktivitas non-latihan adalah proses pembakaran kalori yang digunakan saat kondisi gelisah dan menggigil. Jumlah kalori yang dibakar setiap hari berbeda-beda, tergantung apa yang dimakan dan dilakukan masing-masing orang.

3. Olahraga

Olahraga merupakan jenis metabolisme yang menyumbang 10 persen dari keseluruhan metabolisme tubuh.

Baca Juga: Gejala Kemacetan Metabolisme Tubuh yang Harus Anda Waspadai

Meningkatkan metabolisme untuk menurunkan berat badan

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan adalah menaikkan metabolisme dalam tubuh. Metabolisme yang meningkat berarti ada banyak kalori yang akan dibakar oleh tubuh dengan cepat, sehingga berat badan juga lebih cepat turun. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diet via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 38

Baca Selengkapnya: 3 Kesalahan Diet yang Mengganggu Metabolisme

Hal pertama yang dapat dilakukan untuk meningkatkan metabolisme tubuh adalah dengan mengatur pola makan. Caranya dengan memperbanyak konsumsi protein dan serat.

Pasalnya, protein dan serat merupakan dua jenis asupan makanan yang lama diserap oleh tubuh, sehingga tubuh Anda akan kenyang lebih lama. Hal ini akan menjauhkan Anda dari kebiasaan kalap makan atau makan berlebihan.

Saat ingin menurunkan berat badan, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan dalam jumlah yang sedikit. Alih-alih bikin berat badan turun, mengonsumsi sedikit makanan justru akan mengurangi jumlah kalori secara drastis. Akibatnya, metabolisme tubuh malah melambat dan membuat berat badan Anda susah turun. 

Perlu diketahui bahwa tubuh perlu beradaptasi dengan jumlah kalori yang ada. Sebaiknya kurangi jumlah kalori secara bertahap, sampai tubuh dapat beradaptasi dengan normal.

Berbagai cara meningkatkan metabolisme tubuh

Banyak orang yang berusaha meningkatkan metabolisme tubuh untuk menurunkan berat badan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan metabolisme, antara lain:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

1. Perhatikan jenis makanan yang dikonsumsi

Saat ingin meningkatkan metabolisme tubuh, Anda harus memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Sebaiknya konsumsi makanan yang membutuhkan banyak kalori untuk dapat dicerna, seperti protein. 

Protein termasuk salah satu jenis makronutrien yang dicerna lebih lama oleh tubuh, sehingga tubuh tidak mudah lapar. Mengonsumsi protein terbukti dapat meningkatkan metabolisme hingga 30%, lho!

Selain mengonsumsi makanan kaya protein, memenuhi asupan asam lemak omega-3 juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Tak hanya itu, kandungan omega 3 juga dari telur dan minyak ikan juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan menyeimbangkan kadar gula. 

Sebaiknya hindari konsumsi makanan yang mengandung lemak trans, karena dapat menurunkan kemampuan tubuh dalam membakar lemak, sehingga metabolisme juga akan menurun. Selain itu, mengonsumsi makanan berlemak juga dapat meningkatkan resistensi insulin dan peradangan.

2. Memperbanyak gerak

Bergerak aktif dan melakukan olahraga secara teratur merupakan cara yang paling efektif untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Jika Anda ingin meningkatkan metabolisme tubuh dengan cepat, maka melakukan olahraga dengan intensitas tinggi merupakan pilihan tepat. 

Olahraga intensitas tinggi terbukti dapat membakar kalori dalam jumlah yang besar. Proses pembakaran kalori akan meningkat dalam waktu 24 jam, dan jumlah kalori yang terbakar bahkan mencapai 300 kalori.

Namun, jika Anda tidak terbiasa dengan olahraga berat, Anda dapat melakukan olahraga yang lebih ringan atau aktivitas sehari-hari seperti biasanya, sebab manfaatnya pun sama. Yang terpenting adalah biasakan tubuh bergerak aktif untuk melakukan aktivitas apapun, sehingga kalori akan terbakar dan metabolisme tubuh dapat meningkat.

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Memperlambat Metabolisme Tubuh

11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app