Tips Menghilangkan Bekas Luka Di Kulit Wajah Dengan Cara Alami

Untuk menghilangkan bekas luka, anda dapat memilih antara menggunakan produk berbahan kimia ataukah produk alami. Produk alami lebih dianjurkan karena lebih aman bagi kulit anda. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat anda pilih untuk menghilangkan bekas luka di permukaan wajah.
Dipublish tanggal: Jul 7, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Tips Menghilangkan Bekas Luka Di Kulit Wajah Dengan Cara Alami

Memiliki bekas luka di permukaan kulit tentu meresahkan. Apalagi jika bekas luka tersebut ada di bagian yang paling mudah terlihat oleh orang lain yaitu di wajah. Bekas luka pada wajah dapat timbul akibat adanya infeksi, luka bakar, kecelakaan, bekas jerawat maupun bekas luka pasca operasi. 

Jaringan parut yang muncul pada bekas luka merupakan hasil alami yang muncul sebagai proses penyembuhan tubuh terhadap luka yang ada.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Meski bekas luka atau jaringan parut yang muncul sebenarnya dapat hilang secara alami, namun umumnya memerlukan waktu yang lumayan lama bahkan sampai berbulan-bulan. Untuk menghilangkan bekas luka, anda dapat memilih antara menggunakan produk berbahan kimia ataukah produk alami. 

Produk alami lebih dianjurkan karena lebih aman bagi kulit anda. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat anda pilih untuk menghilangkan bekas luka di permukaan wajah.

Lidah buaya

Lidah buaya diketahui sejak lama sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit dan tubuh. Bahkan, kini banyak  tersedia produk kosmetik berbahan dasar lidah buaya untuk melembabkan kulit. 

Lidah buaya memiliki kandungan asam amino dan lignin yang bermanfaat untuk menumbuhkan kulit baru pada bagian wajah. Kandungan ini bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka di wajah.

Cara penggunaannya cukup mudah, anda hanya perlu mengoleskan lendir atau gel yang ada pada lidah buaya ke bekas luka. Perawatan ini dapat dilakukan sebanyak dua sampai tiga kali sehari agar mendapatkan hasil terbaik.

Ekstrak biji rami, biji anggur dan minyak lavender

Anda cukup memilih dari ketiga jenis bahan ini mana yang lebih anda sukai. Ketiga ekstrak biji-bijian ini memiliki manfaat untuk menghilangkan bekas luka di wajah tanpa menyebabkan wajah perih. Bekas luka yang sudah lama juga dapat diobati dengan ketiga bahan ini. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Untuk mendapatkan manfaat dari biji anggur, anda cukup menumbuk biji anggur kemudian mengoleskannya pada bagian kulit yang terluka. Sementara untuk minyak biji rami dan minyak lavender anda dapat memperoleh manfaatnya secara langsung.

Jeruk nipis

Jeruk nipis merupakan bahan yang paling mudah anda cari di pasar. Harganya juga cukup murah sehingga anda tidak perlu khawatir jika harus menggunakannya dalam jangka panjang. Cara menggunakan jeruk nipis juga mudah. 

Anda hanya perlu membelah jeruk menjadi dua bagian lalu menggosokkannya di bekas luka. Diamkan beberapa saat hingga mongering lalu bilas dengan air hangat. Karena menggunakan jeruk nipis, anda akan merasakan efek perih pada kulit wajah sehingga sebaiknya anda lebih dapat menahan rasa pedihnya.

Minyak kelapa

Minyak kelapa dikenal memiliki kandungan analgesic serta anti peradangan yang sangat baik untuk mengobati infeksi dan radang. Kandungan tersebut juga sangat bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka pada kulit wajah. 

Cara menggunakan minyak kelapa di kulit wajah cukup dengan menghangatkan minyak kelapa terlebih dahulu namun jangan sampai mendidih. Ketika minyak sudah hangat selanjutnya cukup oleskan pada wajah setelah wajah dibersihkan. 

Selanjutnya pijat dengan lembut wajah anda setelah menggunakan minyak kelapa dan didiamkan hingga meresap. Setelah meresap pada kulit, anda tidak perlu membasuhnya.

Madu dan minyak zaitun

Madu dan minyak zaitun tidak hanya bermanfaat pada kesehatan tubuh ketika dikonsumsi langsung namun juga bermanfaat untuk kecantikan kulit. Madu dan minyak zaitun diketahui bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka terutama bekas luka bakar. 

Penggunaannya juga tidak menyebabkan kulit menjadi perih. Cara menggunakannya cukup mengoleskan madu atau minyak zaitun pada bekas luka dan diamkan selama 15 sampai 20 menit. 

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How to get rid of acne scars: Treatments and home remedies. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/324784)
How to Get Rid of Old Scars: Top 10 Remedies. Healthline. (https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-old-scars)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app