Cara Gunakan Pelembap Agar Kulit Cerah dan Bebas Jerawat

Dipublish tanggal: Jul 11, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Cara Gunakan Pelembap Agar Kulit Cerah dan Bebas Jerawat

Pelembap merupakan kandungan nutrisi penting yang diperlukan bagi kulit terutama kulit wajah, terutama pemilik kulit kering dan kulit berminyak. Tetapi jangan salah, kulit normal pun tetap saja membutuhkan pelembap.

Wajah membutuhkan pelembap karena setelah mencuci muka secara tidak langsung kadar minyak pada wajah akan berkurang. Jika tidak mengoleskan pelembap pada wajah, maka tubuh akan memproduksi sebum untuk menjaga kelembapan wajah. Sebum yang berlebihan pada wajah dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Saat ini hampir sebagian besar orang terutama wanita telah menggunakan pelembap, tetapi banyak orang yang berpikir produk pelembab apapun hanya perlu dioleskan di wajah. Tetapi mereka tidak berpikir apakah cara penggunaan pelembap tersebut sudah benar atau belum.

Jika pelembap dioleskan dengan benar di wajah maka tentunya akan memberikan manfaat yang maksimal pada wajah. Berikut ini merupakan cara yang benar menggunakan pelembap untuk diaplikasikan pada wajah supaya kulit cerah dan tidak berjerawat.

Cara gunakan pelembap pada wajah

1. Memilih pelembap yang cocok

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum menggunakan pelembap adalah memilih produk pelembap yang cocok. Saat ini sudah banyak produk pelembap yang dibuat khusus berdasarkan jenis kulit, bahkan ada pelembab khusus yang dibuat untuk wajah berjerawat. 

Baca juga: 5 Jenis Kulit

Biasanya pelembap untuk wajah berjerawat ini memiliki komposisi yang lebih ringan. Usahakan untuk memilih pelembap yang sudah dilengkapi dengan kandungan SPF serta memiliki kandungan zat yang dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB sehingga Anda tidak perlu mengoleskan tambahan sun screen pada wajah.

Produk pelembap pada wajah biasanya berbeda dengan produk pelembap yang digunakan pada tangan ataupun kaki, hal ini disebabkan karena wajah memiliki kulit yang lebih sensitif.

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

2. Rajin bersihkan wajah

Sebelum gunakan pelembap, ada baiknya jika Anda membersihkan wajah terlebih dahulu. Hal ini untuk membuang kotoran, debu, dan sisa-sisa make up pada wajah, usahakan untuk melakukan pembersihan berulang (double cleansing).

Double cleansing dilakukan dengan membersihkan wajah menggunakan kandungan bahan dasar oil (minyak) untuk mengangkat sisa-sisa make up dan kotoroan yang mungkin masih menempel pada muka, lalu dilanjutkan dengan penggunaan bahan dasar air seperti micellar water atau sabun muka untuk membersihkan muka secara keseluruhan. Tahap pembersihan ini akan memberikan hasil yang maksimal.

Setelah selesai mencuci muka, segera oleskan pelembap, jangan sampai lebih dari 1 menit. Karena jika kulit wajah tidak segera dioleskan pelembap maka kulit wajah akan mengalami dehidrasi.

3. Gunakan pelembap dari sisi luar wajah ke bagian tengah

Sebagian besar orang tidak tahu cara mengaplikasikan pelembap pada wajah dan hanya asal mengoleskannya, padahal kebiasaan tersebut dapat membuat pelembap tidak bekerja secara maksimal bahkan dapat menimbulkan masalah baru pada wajah. 

Teknik yang benar untuk mengoleskan pelembap, yaitu ambil produk pelembap secukupnya lalu tempelkan di berbagai bagian wajah. Lalu usap wajah secara perlahan dari sisi luar wajah menuju tengah (hidung), pijat dengan lembut agar pelembab mudah menyerap ke dalam pori-pori kulit serta membuat wajah lebih rileks.

Jika Anda mengoleskan pelembap dengan cara sebaliknya, yakni dari sisi dalam wajah menuju sisi luar wajah, hal ini dapat menyebabkan residu pelembap menumpuk di sekitar jalur garis rambut dan dapat menyebabkan pori-pori kulit tersumbat sehingga pada akhirnya muncul jerawat.

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Baca juga: Cara Aman Memencet Jerawat

4. Oleskan pelembap pada leher

Beberapa orang mungkin hanya mengoleskan pelembap pada bagian wajah saja, padahal mengoleskan pelembab pada leher akan sama pentingnya dengan mengoleskan pelembap pada wajah. Hal ini penting karena leher juga harus diberi pelembab supaya tetap kenyal, halus, cerah, dan tidak kering.

Saat mengoleskan pelembap pada bagian leher, gunakan pelembap yang sama dengan pelembap wajah. Perbandingan jumlah pelembap yang dioleskan ke wajah dan leher juga harus sama. Biasanya orang lebih memilih untuk mengoleskan pelembap di wajah dengan tebal namun menggunakan pelembap pada leher dengan sangat tipis, hal ini dapat menyebabkan kekenyalan bahkan warna kulit wajah dan leher bisa berbeda. 

Selain itu, perbedaan antara warna kulit wajah dan leher dapat terjadi karena produk pelembap biasanya mengandung zat untuk membantu mencerahkan wajah.

Baca juga: Cara Mengatasi Warna Kulit Tidak Merata

12 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Purnamawati, Schandra & Indrastuti, Niken & Danarti, Retno & Saefudin, Tatan. (2017). The Role of Moisturizers in Addressing Various Kinds of Dermatitis: A Review. Clinical medicine & research. 15. 10.3121/cmr.2017.1363. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/321795051_The_Role_of_Moisturizers_in_Addressing_Various_Kinds_of_Dermatitis_A_Review)
Lodén, Marie. (2005). The clinical benefit of moisturizers. Journal of the European Academy of Dermatology and Venereology : JEADV. 19. 672-88; quiz 686. 10.1111/j.1468-3083.2005.01326.x. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/7498985_The_clinical_benefit_of_moisturizers)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app