Tips Cerdas Hadapi Gejala Rematik yang Sering Kumat di Kantor

Dipublish tanggal: Agu 10, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Tips Cerdas Hadapi Gejala Rematik yang Sering Kumat di Kantor

Menghabiskan berjam-jam di tempat kerja bisa menjadi sebuah tantangan besar bagi siapa pun yang hidup dengan gejala rematik

Kondisi tulang yang degeneratif dan nyeri persendian yang luas dapat mengurangi kapasitas tulang untuk bergerak dan meningkatkan tuntutan pada otot-otot dalam tubuh. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Jika gejala rematik Anda sering kumat, berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan di kantor.

Gunakan kursi yang tepat agar dapat menjaga posisi punggung Anda

Gunakan kursi yang berkualitas baik yang mampu memberikan dukungan efektif untuk area punggung bagian bawah. Idealnya penyangga tulang belakang harus disesuaikan untuk memberikan dukungan di area tulang. 

Menggunakan sandaran kepala dan sandaran tangan yang bisa disetel di kursi kantor juga dapat membantu meredakan ketegangan pada daerah leher dan bahu.

Sesuaikan posisi layar komputer atau laptop

Terlepas dari namanya, laptop tidak baik digunakan pada posisi dipangku, karena menatap layar dengan posisi memangku laptop dapat menyebabkan postur dan rasa nyeri yang buruk di punggung dan leher. 

Tetapi penggunaan laptop juga tidak baik digunakan jika tidak sejajar dengan mata, maka lengan dan pergelangan tangan akan mudah tegang karena meraih keyboard.

Cara terbaik untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan satu atau kedua hal berikut:

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1
  • Gunakan buku atau dudukan untuk meninggikan layar laptop Anda sehingga tepat setara dengan level mata.
  • Gunakan keyboard terpisah yang dapat Anda gunakan dengan siku pada 90 derajat.

Coba Perangkat Input Alternatif

Untuk menangani masalah pergelangan tangan dan tangan, ada banyak perangkat input alternatif untuk penggunaan komputer atau laptop. 

Keyboard ergonomis adalah cara yang baik untuk membantu meredakan ketegangan di pergelangan tangan dan tangan akibat rematik.

Pada saat bekerja, terutama dengan komputer, sebisa mungkin untuk tidak selalu menggunakan mouse. Bagi beberapa orang yang mengalami gejala rematik, penggunaan mouse terkadang membuat sendi menjadi tegang.

Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan teknologi pengenalan suara (voice recognition) pada komputer. Apabila Anda kurang mengerti cara memakainya, gantilah keyboard sesuai dengan kenyamanan dan selera Anda.

Coba posisi Sit-Stand workstation

Sering-seringlah beristirahat dan mengganti posisi duduk untuk membantu mengatur rasa nyeri sendi akibat gejala rematik dan mengurangi kelelahan pada otot.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Jika Anda tidak berada dalam posisi meja yang dapat disesuaikan ketinggiannya, mengapa tidak mencoba solusi praktis yang dapat mengubah posisi duduk Anda dengan sit- stand workstation yaitu posisi dimana Anda menggunakan meja yang tinggi dan bekerja dengan posisi berdiri agar menghindari nyeri sendi akibat terlalu lama duduk. 

Cara tersebut dapat Anda lakukan jika Anda sudah terlalu lama duduk dan tidak berubah posisi selama bekerja.

Gunakan Brace Atau Alat Pendukung Selama Bekerja

Anda mungkin menemukan bahwa, bahkan dengan alat bantu, Anda memerlukan dukungan ekstra selama bekerja untuk mengatasi gejala rematik. 

Dalam hal tersebut, pertimbangkan mengenakan brace dapat berfungsi untuk menstabilkan dan memperkuat pergelangan tangan dan tangan Anda saat Anda melakukan tugas sehari-hari di kantor.

Pilihlah brace atau alat pendukung yang sesuai dengan kondisi dan gejala rematik Anda. Konsultasikan ke dokter mengenai pemilihan alat brace yang baik dan sesuai dengan kondisi Anda.

Melakukan olahraga di Kantor

Pada kebanyakan perusahaan-perusahaan tertentu biasanya mengadakan kegiatan olahraga bersama setiap minggu. 

Usahakan untuk mengikuti kegiatan tersebut karena olahraga bisa meningkatkan tenaga dan kekuatan tulang dan sendi. 

Selain itu, apabila jarak antara rumah dan kantor tidak begitu jauh, menggunakan sepeda ke kantor merupakan alternatif yang bagus untuk berolahraga. 

Tidak lupa untuk membawa air minum dan mengkonsumsi makanan sehat saat di kantor. Hal tersebut dapat menjadi tips ampuh untuk mengatasi gejala rematik di kantor.

Berikan otak dan tubuh Anda istirahat yang cukup

Bekerjalah dengan cerdas dengan mempraktikkan pola hidup yang baik. Beristirahatlah dengan mengistirahatkan otak dan tubuh Anda. 

Tetap terhidrasi dengan menyimpan botol air di meja kantor. Ketahui keterbatasan Anda, dan bicarakan dengan atasan jika Anda membutuhkan bantuan saat melakukan pekerjaan, hal tersebut penting agar Anda dapat bekerja secara efektif dan bebas rasa nyeri akibat gejala rematik.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Rheumatic Fever. Genetic and Rare Diseases Information Center (GARD). (https://rarediseases.info.nih.gov/diseases/5699/rheumatic-fever)
What to Expect When You Visit a Rheumatologist’s Office. WebMD. (https://www.webmd.com/rheumatoid-arthritis/rheumatologist-visit#1)
Palindromic rheumatism - Causes, symptoms, treatments. Versus Arthritis. (https://www.versusarthritis.org/about-arthritis/conditions/palindromic-rheumatism/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app