Manfaat Yoga bagi Para Penderita Rematik

Dipublish tanggal: Mei 30, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Manfaat Yoga bagi Para Penderita Rematik

Mungkin tidak terpikirkan sebelumnya oleh Anda bahwa yoga memiliki berbagai manfaat bagi Anda yang menderita rematik. Anda mungkin juga berpikir bahwa akan sulit bagi penderita rematik untuk berlatih yoga dengan berbagai gerakan sulit seperti meregangkan tubuh, memelintir kaki dan sebagainya. Padahal, yoga benar-benar dapat membawa manfaat yang baik bagi Anda.

Apa saja manfaat yoga bagi penderita rematik?

Penderita rematik mungkin awalnya akan merasa kesulitan untuk menguasai gerakan-gerakan yoga, tetapi dengan yoga, Anda akan dapat menjaga kelenturan sendi Anda. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Yoga mampu menjadi salah satu pengobatan rematik. Pose dan gerakan yoga akan membantu tubuh Anda untuk meningkatkan kekuatan otot dan kelenturan tubuh.

Sementara itu, meditasi dalam rangkaian latihan yoga dapat mengelola pikiran Anda dan memungkinkan Anda untuk lebih tenang, lebih rileks dan dapat tidur dengan nyenyak di malam hari. Penderita rematik melaporkan bahwa rasa sakit yang mereka alami berkurang setelah rutin mencoba berlatih yoga.

Terdapat penelitian dalam jurnal medis yang menyebutkan bahwa yoga dapat membantu penderita rematik dengan meningkatkan keseimbangan tubuh, mengurangi nyeri sendi dan juga mengurangi rasa cemas dan depresi dari penderita rematik. 

Penelitian lain menyebutkan bahwa 26% penderita rematik yang mengikuti yoga selama 8 – 10 minggu ternyata terbukti dapat mengurangi gejala-gejala rematik yang diderita sebelumnya. Bahkan beberapa dari mereka telah berhasil menghentikan konsumsi obat rematik yang diresepkan oleh dokter.

Selain itu, ada sebuah studi yang melaporkan bahwa 16 wanita penderita rematik yang mengikuti kelas yoga secara rutin sebanyak 3 kali dalam seminggu selama 10 minggu, terbukti mengalami peningkatan keseimbangan tubuh dan juga mengurangi rasa sakit serta depresi. 

Penelitian ini membuktikan bahwa yoga memang mampu mengobati rematik. Yoga dapat meringankan depresi, kegelisahan, kelelahan dan rasa sakit akibat rematik. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Yoga juga dapat menurunkan risiko penyakit rematik baik bagi wanita ataupun bagi pria. Melalui yoga, Anda dapat meningkatkan rentang gerak sendi-sendi Anda, dan menjaga keseimbangan dan keselarasan tubuh dan pikiran. 

Sehingga Anda akan mendapatkan kualitas tidur yang baik, suasana hati yang baik dan juga memiliki tingkat kepercayaan diri yang baik pula.

Meski sangat bermanfaat bagi pada penderita rematik, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para penderita rematik sebelum mengikuti kelas yoga. Berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan supaya latihan yoga Anda bermanfaat dan Anda terhindar dari risiko cedera selama yoga.

  • Lakukan konsultasi dengan dokter Anda sebelum Anda mulai latihan yoga. Tanyakan pada dokter apakah ada batasan tertentu yang harus Anda hindari selama mengikuti latihan yoga, karena kondisi masing-masing pasien rematik bisa berbeda-beda.
  • Pastikan Anda memilih kelas yoga untuk pemula supaya Anda tahu batas kekuatan dan kelenturan tubuh Anda. Bahkan saat ini sudah banyak pusat kebugaran atau studio yoga yang menawarkan pilihan kelas yoga khusus bagi penderita radang sendi. Sebaiknya Anda memilih kelas tersebut.
  • Pastikan instruktur yoga Anda bersertifikat.
  • Rasakan dan perhatikan dengan baik jika muncul rasa sakit selama Anda berlatih yoga. Jika ada gerakan yang membuat Anda merasa sakit, segera beritahu instruktur Anda. Besar kemungkinan gerakan tersebut tidak baik bagi Anda, sehingga Anda perlu mengubah atau memodifikasi gerakan tersebut.
  • Hendaknya Anda berlatih yoga sesuai kemampuan tubuh Anda. Kapasitas setiap orang berbeda, jadi jangan membandingkan diri Anda dengan peserta lainnya. Anda harus mendengarkan tubuh Anda dan segera periksa ke dokter apabila Anda merasakan berbagai keluhan setelah mengikuti latihan yoga.



14 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
YJ Editors. (2007, August 28). Legs-up-the-wall- pose (http://www.yogajournal.com/poses/legs-up-the-wall-pose)
YJ Editors. (2007, August 28). Hit refresh with a reclining twist (http://www.yogajournal.com/practice/reclining-twist)
YJ Editors. (2007, August 28). Corpse pose (http://www.yogajournal.com/poses/corpse-pose)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
7 Olahraga bagi Penderita Rematik untuk Mengurangi Gejala Nyeri
7 Olahraga bagi Penderita Rematik untuk Mengurangi Gejala Nyeri

Olahraga yang dilakukan secara teratur akan meningkatkan fungsi sendi dan fleksibilitas otot, sehingga dapat mengurangi gejala nyeri. Berikut beberapa olahraga yang dapat dilakukan untuk meredakan rematik.

Buka di app