Tips Cerdas agar Remaja Berhenti Merokok

Dipublish tanggal: Mei 31, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Tips Cerdas agar Remaja Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok saat ini tidak hanya dilakukan oleh kaum dewasa saja, anak-anak dan remaja pun banyak yang sudah mencoba merokok. Tentu saja ini bukanlah kabar gembira bagi para orang tua. 

Selain bisa merusak kesehatan, rokok juga membahayakan lingkungan sekitar. Kurangnya kesadaran akan rokok membuat orang tua harus berpikir lebih keras agar anaknya bisa terbebas dari rokok.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Jika masih taraf coba-coba, penyelesaiannya mungkin cukup mudah. Namun jika sudah kecanduan, langkah efektif harus dilakukan supaya remaja bisa segera berhenti merokok.

Penyebab Anak Merokok

Lingkungan memberi pengaruh besar terhadap perilaku anak-anak. Kebiasaan merokok pun bisa dimulai karena anak mengikuti apa yang dilakukan teman-temannya. Hal ini ini dilakukan agar mereka dapat diterima dalam pergaulan. 

Ada juga anak-anak yang tertarik mencoba rokok karena melihat orang tuanya melakukan hal yang serupa. Jika orangtua merokok, maka kemungkinan besar anak-anak akan tertarik mencoba rokok juga.

Perkembangan otak mengalami perubahan yang sangat besar saat memasuki masa kanak-kanak dan remaja. Lobus frontal menjadi bagian otak yang perkembangannya cukup besar. 

Fungsi dari lobus frontal adalah memproses nalar saat akan mengambil sebuah keputusan, melaksanakan interaksi, dan membentuk kepribadian. Selain itu juga bertugas untuk menentukan mana yang baik dan buruk.

Tapi sayangnya, pertumbuhan lobus frontal belum sepenuhnya matang pada usia anak-anak dan remaja. Karena itulah mereka mudah terpengaruh dengan lingkungan termasuk kebiasaan merokok. Awalnya hanya coba-coba merokok, namun lama kelamaan kebiasaan tersebut akan sulit dihentikan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Bahaya Merokok bagi Anak dan Remaja

Sudah bukan hal yang asing lagi bahwa rokok bisa menyebabkan masalah kesehatan. Jantung dan kanker paru menjadi contoh penyakit mematikan yang disebabkan oleh rokok. Bahaya lainnya adalah bisa memicu gangguan kehamilan dan impotensi.

Tidak hanya kaum dewasa, anak-anak dan remaja yang merokok pun berisiko terkena masalah kesehatan tersebut. Risiko terkena kanker paru pun cukup besar pada anak-anak. Semakin dini usia mulai merokok, maka paparan yang dihasilkan semakin banyak. 

Akibatnya mereka akan cepat terkena penyakit berbahaya. Kondisi kesehatan anak-anak dan remaja yang merokok pun lebih buruk jika dibandingkan dengan anak seusia yang tidak merokok.

Merokok juga dapat menyebabkan kerusakan pada kondisi gigi dan mulut. Anak-anak yang sudah mulai merokok akan memiliki banyak karang gigi dan rawan terkena infeksi pada gigi serta mulut. Selain itu kesehatan otot dan tulang pun mengalami hambatan. Memulai merokok pada usia anak-anak akan menimbulkan banyak masalah kesehatan di masa tuanya.

Langkah Cerdas Berhenti Merokok

Apabila Anda ingin anak Anda yang masih remaja berhenti merokok dengan cepat dan mudah, ada beberapa langkah cerdas yang bisa dipraktikkan. Beberapa diantaranya adalah:

Peran orangtua sangat penting
Peran Anda sebagai orangtua sangat penting agar anak bisa berhenti merokok. Tidak hanya memberi contoh yang baik tetapi juga memberi penjelasan mengenai bahaya rokok. Komunikasikan apa yang menjadi alasan anak merokok dan beritahukan dampak buruk jika tidak segera berhenti merokok.

Niat diri sendiri untuk berhenti
Untuk bisa berhenti merokok dengan cepat, niat dari dalam sendiri harus dikuatkan. Yakinkan diri agar tidak tergoda dengan keinginan merokok. Dan sebaiknya jauhi orang-orang yang merokok agar hasrat untuk merokok tidak datang lagi.

Dengan dua langkah cerdas yang disebutkan diatas, kebiasaan merokok yang dimiliki anak Anda bisa segera dihentikan. Semakin cepat berhenti, maka semakin bagus untuk kesehatan anak agar bisa terhindar dari penyakit mematikan.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How Can I Quit Smoking? (for Teens). Nemours KidsHealth. (https://kidshealth.org/en/teens/quit-smoking.html)
Under-18s guide to quitting smoking. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/quit-smoking/quitting-smoking-under-18s-guide/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app