Makanan dan Diet Sehat

5 Takjil Buka Puasa Sehat Saat Virus Corona COVID-19

Dipublish tanggal: Apr 15, 2020 Update terakhir: Apr 17, 2020 Waktu baca: 3 menit
5 Takjil Buka Puasa Sehat Saat Virus Corona COVID-19

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Tak hanya untuk membatalkan puasa, takjil buka puasa juga harus bergizi supaya tubuh kembali berenergi untuk lanjut beraktivitas.
  • Idealnya, makan 3 butir kurma saat buka puasa sudah cukup. Bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan melindungi tubuh dari peradangan.
  • Kolak pisang tak hanya bisa membuat Anda kenyang lebih lama, tapi juga mengoptimalkan metabolisme dan kekebalan tubuh.
  • Kacang hijau merupakan sumber protein terbaik, bahkan mengandung banyak asam amino esensial sekaligus.
  • Sop buah mampu memberikan vitamin dan mineral lengkap bagi tubuh, terutama asupan vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Kandungan antioksidan dalam buah blewah penting untuk melindungi sel-sel tubuh dari bahaya radikal bebas, infeksi, maupun penyakit.

Ketika waktu berbuka tiba, menu takjil paling dicari untuk membatalkan puasa. Ada banyak takjil buka puasa yang bisa dipilih, tapi sebaiknya hati-hati karena ternyata belum tentu semuanya sehat. Apalagi setelah seharian berpuasa di tengah pandemi virus corona COVID-19 seperti sekarang, tubuh harus mendapatkan nutrisi yang cukup supaya kuat melawan penyakit. Memangnya, apa saja takjil sehat buka puasa itu? Berikut ulasan lengkapnya.

Takjil buka puasa sehat saat wabah virus corona COVID-19

Tak hanya sekadar untuk membatalkan puasa, takjil alias 'camilan' buka puasa juga harus tetap bergizi. Hal ini penting untuk membantu menutrisi tubuh sebelum kembali melanjutkan ibadah dan aktivitas malam.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Nah, berikut ini beberapa ide takjil buka puasa sehat yang bisa Anda sajikan hari ini, antara lain:

1. Kurma 3 butir

Siapa yang tak kenal dengan buah khas Ramadhan yang satu ini. Ya, kurma kerap menjadi takjil buka puasa favorit bagi banyak orang sebelum menyantap hidangan utama.

Meski ukurannya kecil, kurma memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Dilihat dari kandungan nutrisinya, setiap 100 gram kurma mengandung:

  • 277 kalori
  • 75 gram karbohidrat
  • 7 gram serat
  • 2 gram protein
  • 20% kebutuhan kalium harian
  • 14% kebutuhan magnesium harian
  • 12% kebutuhan vitamin B6 harian

Terlihat bahwa kurma mengandung tinggi serat yang baik bagi pencernaan. Asupan serat yang cukup setiap hari dapat membantu melancarkan proses pembuangan sisa-sisa makanan dalam perut, sehingga Anda terhindar dari sembelit.

Kurma ternyata juga mengandung 3 jenis antioksidan sekaligus, yakni flavonoid, karotenoid, dan asam fenolat. Kombinasi ketiga senyawa tersebut mampu mengurangi peradangan dalam tubuh sekaligus melindungi dari berbagai penyakit kronis.

Jumlah kurma yang dianjurkan untuk menu takjil adalah yang jumlahnya ganjil. Idealnya, makan 3 butir kurma saat buka puasa sudah dirasa cukup. Kenapa begitu?

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Satu butir kurma mengandung 1 sendok teh gula dan tinggi kalori. Hati-hati, terlalu makan kurma bisa meningkatkan kadar gula darah Anda melebihi batas normal.

Baca Juga: 5 Menu Buka Puasa Praktis Saat Harus Berbuka di Jalan

2. Kolak pisang

Kolak pisang hampir pasti ada dalam menu buka puasa Anda. Biasanya, minuman manis ini disajikan sebagai takjil buka puasa untuk melegakan dahaga.

Terdiri dari potongan pisang raja atau pisang kepok dan kuah santan, semangkuk kolak pisang dijamin mampu membuat Anda kenyang lebih lama. Dengan demikian, Anda tak perlu khawatir akan kalap makan saat buka puasa.

Tak masalah juga bila Anda lebih suka makan pisang secara langsung. Justru, Anda akan mendapatkan asupan vitamin B6 secara maksimal untuk mengoptimalkan metabolisme dan kekebalan tubuh Anda.

Ditambah lagi dengan kandungan vitamin C dalam pisang yang sangat baik untuk daya tahan tubuh. Hanya dengan makan kolak pisang saat berbuka saja sudah dapat menjaga tubuh Anda dari risiko infeksi maupun penyakit.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Baca Juga: Tim Pisang atau Tim Ubi? Cek Manfaat Kolak untuk Buka Puasa

3. Bubur kacang hijau

Selain kolak, bubur kacang hijau juga kerap disajikan sebagai pilihan menu takjil. Soal rasa tentu tak kalah melezatkan dan menyehatkan.

Kacang hijau merupakan salah satu sumber protein terbaik, bahkan mengandung banyak asam amino esensial sekaligus. Mulai dari fenilalanin, letusin, isoleusin, valin, lisin, hingga arginin.

Selain itu, makan bubur kacang hijau juga mampu memberikan serat sebanyak 15,4 gram. Jenis kacang ini mengandung serat larut bernama pektin yang berfungsi untuk melancarkan aliran makanan menuju usus. Alhasil, sistem pencernaan Anda jadi lebih lancar, terutama soal buang air besar.

4. Sop buah

Ingin bisa makan banyak jenis buah sekaligus dalam satu mangkuk? Coba sajikan sop buah untuk takjil sehat buka puasa.

Kombinasi buah-buahan dalam satu mangkuk akan memberikan Anda lebih banyak vitamin dan mineral. Nah, Anda bisa meracik dan memilih sendiri buah favorit untuk sop buah buatan Anda, misalnya melon, stroberi, alpukat, nanas, apel, anggur, dan sebagainya.

Supaya sistem imun tubuh Anda makin kuat untuk melanjutkan puasa esok hari, perbanyaklah asupan buah kaya vitamin C seperti jeruk, melon, blewah, atau nanas.

Baca Juga: 10 Buah-buahan Sehat Saat Puasa di Tengah Wabah Virus Corona

5. Es blewah

Sejak memasuki bulan puasa, buah blewah mulai bertebaran di toko buah atau pasar terdekat. Buah yang bentuk dan teksturnya mirip seperti melon ini sering kali disajikan sebagai es blewah untuk takjil buka puasa.

Berpuasa di tengah pandemi virus corona COVID-19 seperti sekarang membuat Anda harus benar-benar menjaga kesehatan. Namun tak perlu khawatir, makan buah blewah bisa melindungi tubuh Anda, lho!

Kunci utamanya terletak pada banyaknya kandungan antioksidan dalam buah blewah. Berbagai jenis antioksidan tersebut terdiri dari:

  • Selenium
  • Beta karoten
  • Vitamin C
  • Lutein
  • Zeaxanthin
  • Kolin

Antioksidan sangat penting untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat stres oksidatif. Jika sel-sel dalam tubuh tetap sehat, maka tubuh Anda akan lebih mudah melawan infeksi maupun penyakit yang masuk.

Tak hanya mengandung tinggi air, blewah juga mengandung banyak elektrolit seperti natrium, kalium, kalsium, dan magnesium. Maka tak heran jika hanya dengan minum segelas es blewah, tenggorokan langsung terasa segar dan Anda pun terhindar dari dehidrasi.

Baca Selengkapnya: 5 Manfaat Blewah Bagi Kesehatan, Buah Khas Ramadhan

Jadi, takjil sehat mana yang akan Anda sajikan untuk buka puasa nanti?

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Medical News Today. 10 Impressive Health Benefits of Mung Beans. (https://www.healthline.com/nutrition/mung-beans). 19 Januari 2018.
Very Well Health. Everything you need to know about cantaloupe. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/279176). 14 Maret 2020.
WebMD. The Health Benefits of Bananas. (https://www.webmd.com/food-recipes/health-benefits-bananas#1). 7 Februari 2019.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app