Makanan dan Diet Sehat

10 Buah-buahan Sehat Saat Puasa di Tengah Wabah Virus Corona

Dipublish tanggal: Apr 14, 2020 Update terakhir: Apr 14, 2020 Waktu baca: 4 menit
10 Buah-buahan Sehat Saat Puasa di Tengah Wabah Virus Corona

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Lengkapi menu sahur dan buka puasa Anda dengan buah-buahan, sebab mengandung vitamin dan mineral alami yang penting untuk tubuh.
  • Perbanyaklah konsumsi buah sumber vitamin C seperti jeruk, nanas, pepaya, stroberi, dan mangga untuk meningkatkan sel darah putih guna melawan penyakit.
  • Alpukat mengandung asam oleat, jenis asam lemak tak jenuh yang mampu mengurangi peradangan sekaligus menjaga kesehatan jantung.
  • Antioksidan dalam apel dan beri-berian sangat baik untuk melindungi tubuh dari paparan radikal bebas, racun, maupun virus penyebab penyakit.
  • Semangka mengandung vitamin A, vitamin C, dan 3 jenis antioksidan sekaligus yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Bila tak ingin repot, sediakan pisang sebagai pelengkap menu sahur dan berbuka. Mengandung tinggi kalium yang dapat melancarkan aliran darah sehingga tekanan darah lebih stabil.

Sudahkah Anda melengkapi menu sahur dan buka puasa dengan buah-buahan? Jika belum, baiknya segera siapkan buah mulai hari ini. Pasalnya, buah mengandung vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan untuk mendukung daya tahan tubuh, terlebih untuk menjalani puasa di tengah pandemi virus corona COVID-19 seperti sekarang. Lantas, apa saja jenis buah saat puasa yang baik dikonsumsi? Berikut daftarnya.

Jenis buah untuk tingkatkan imunitas tubuh selama puasa

1. Buah-buahan sitrus

Agar tidak mudah terkena virus corona COVID-19 di bulan puasa, perbanyaklah konsumsi buah sumber vitamin C. Pasalnya, vitamin C berperan penting untuk meningkatkan produksi sel darah putih guna melawan infeksi dan penyakit.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Salah satu buah sumber vitamin C terbaik terdapat pada buah-buahan sitrus seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, jeruk bali, dan sebagainya. Karena tubuh tidak dapat menyimpan vitamin C, maka Anda memerlukan asupan tambahan dari makana maupun suplemen. Di bulan Ramadhan, hal ini dapat dilakukan dengan makan buah saat puasa, terutama ketika sahur dan berbuka.

2. Alpukat

Bila kebanyakan buah-buahan mengandung tinggi karbohidrat, hal ini tidak berlaku untuk alpukat. Uniknya, alpukat justru mengandung rendah karbohidrat tapi tinggi lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan.

Mayoritas lemak dalam alpukat terdiri dari asam oleat, yakni jenis asam lemak tak jenuh yang mampu mengurangi peradangan sekaligus menjaga kesehatan jantung. Satu alpukat utuh bahkan mampu memenuhi 28% kebutuhan kalium harian yang baik untuk menurunkan tekanan darah dan risiko stroke.

Baca Juga: 4 Pilihan Menu Buka Puasa Sehat untuk Penderita Darah Rendah

3. Apel

Agar tubuh tidak mudah sakit saat berpuasa di tengah wabah virus corona COVID-19 seperti sekarang, lengkapi menu sahur dan buka puasa Anda dengan buah apel. Kandungan antioksidan dalam buah apel mampu melindungi tubuh dari radikal bebas dan zat berbahaya lainnya.

Nutrisi penting apel lainnya adalah pektin, jenis serat prebiotik yang menjadi santapan utama bagi bakteri baik di usus. Dengan makan apel selama berpuasa, sistem pencernaan Anda jadi lancar dan metabolisme Anda pun tetap optimal.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

4. Nanas

Di bulan Ramadhan, buah nanas juga menjadi salah satu primadona. Ya, buah yang satu ini banyak diolah ke dalam berbagai sajian buka puasa, seperti komponen dalam es buah, jus, hingga asinan buah.

Setiap 230 gram nanas mampu memenuhi 131% kebutuhan vitamin C dan 76% kebutuhan mangan harian. Ada juga kandungan bromelain, yakni campuran enzim yang dikenal karena sifat anti-inflamasi dan kemampuannya untuk mencerna protein. 

Menariknya lagi, makan buah nanas saat puasa juga bisa membantu melindungi tubuh dari peradangan. Alhasil, sistem pencernaan Anda pun jadi lebih lancar berkat buah yang satu ini.

5. Beri-berian

Bagi Anda yang ingin sahur dengan semangkuk oatmeal, baiknya tambahkan buah beri-berian sebagai topping di atasnya. Tak hanya untuk membangkitkan selera makan, buah beri yang berwarna-warni ini juga menyimpan khasiat bagi kesehatan.

Salah satunya blueberry, mengandung antioksidan flavonoid yang kadarnya paling tinggi dibandingkan buah-buahan lain. Antioksidan tersebut dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, bahkan penyakit Alzheimer.

Tak hanya itu, blueberry juga dikenal karena efek kuatnya pada sistem kekebalan tubuh. Menurut penelitian dalam jurnal Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism tahun 2011, makan blueberry secara teratur dapat meningkatkan jumlah sel darah putih dalam tubuh. Hal ini akan melindungi diri Anda dari stres oksidatif maupun infeksi virus, khususnya dalam saluran pernapasan.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Karena itulah, buah beri-berian seperti blueberry sangat cocok dikonsumsi di bulan puasa, apalagi bersamaan dengan wabah virus corona COVID-19 seperti saat ini.

6. Semangka

Jika Anda mencari buah untuk buka puasa, maka semangka adalah jawabannya. Pasalnya, semangka mengandung 92% air yang dapat 'memberi minum' bagi tubuh Anda setelah seharian berpuasa.

Kandungan nutrisinya pun beragam. Mulai dari vitamin A, vitamin C, dan tiga jenis antioksidan yang terdiri dari likopen, karotenoid, dan cucurbitacin C. Kombinasi zat gizi tersebut berperan penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, terutama saat harus menjalani ibadah puasa di tengah wabah virus corona COVID-19.

7. Pisang

Buah pisang cocok untuk Anda yang ingin sehat makan buah tapi tak ingin repot. Ya, Anda hanya tinggal menarik kulitnya dan langsung melahapnya atau lebih lezat lagi diolah menjadi kolak pisang untuk disantap saat berbuka puasa.

Pisang memiliki kandungan utama berupa kalium, mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk melancarkan aliran darah. Dengan asupan kalium yang cukup, maka tekanan darah cenderung lebih stabil dan menekan risiko stroke hingga penyakit jantung.

Bagi Anda yang berencana untuk olahraga saat puasa, maka dianjurkan untuk makan pisang saat sahur. Kandungan karbohidrat dan mineral tinggi pada pisang akan menjadi sumber bahan bakar utama sebelum berolahraga. Nantinya, Anda tidak akan mudah lelah meski tetap berolahraga dalam kondisi berpuasa.

Baca Juga: Selain Mengenyangkan, Ini 8 Manfaat Kolak untuk Buka Puasa Bagi Kesehatan

8. Pepaya

Pepaya merupakan buah kaya vitamin C yang mudah didapatkan dan harganya pun terjangkau. Dilihat dari kandungan nutrisinya, satu buah pepaya mampu memenuhi 224% kebutuhan vitamin C harian.

Pepaya juga memiliki enzim papain yang bersifat anti-inflamasi, sehingga dapat membantu peradangan pada tubuh khususnya di tengah pandemi virus corona COVID-19. Ditambah lagi dengan kandungan kalium, vitamin B, dan folat yang membuat pepaya cocok dikonsumsi sebagai buah saat puasa yang menyehatkan.

9. Stroberi

Dibandingkan jenis buah lainnya, stroberi memiliki indeks glikemik yang relatif rendah. Maka, Anda tak perlu khawatir jika ingin berbuka puasa dengan stroberi karena buah ini tidak akan membuat gula darah Anda melonjak drastis. Itu sebabnya, stroberi termasuk salah satu buah yang aman bagi penderita diabetes.

Baca Selengkapnya: 5 Menu Buka Puasa untuk Penderita Diabetes yang Sehat

Stroberi juga dikenal kaya antioksidan yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit kronis dalam tubuh. Tak hanya bisa dikonsumsi secara langsung, Anda juga dapat mengolah stroberi menjadi jus atau topping oatmeal favorit untuk sahur maupun berbuka puasa.

10. Mangga

Bagi Anda pecinta buah mangga, tentu tidak ingin melewatkan buah yang satu ini saat sahur maupun berbuka. Tak hanya terasa manis dan lezat, buah berwarna oranye-kekuningan ini juga mengandung kaya nutrisi seperti vitamin C dan serat larut yang baik bagi tubuh. 

Keunggulan lainnya, terdapat kandungan antioksidan dan sifat antiradang yang dibutuhkan tubuh untuk mengurangi risiko penyakit. Maka tak heran jika mangga termasuk ke dalam 10 daftar buah saat puasa yang sangat sehat untuk dikonsumsi.

Baca Juga: 4 Jenis Vitamin Saat Puasa Agar Tubuh Kuat Lawan Virus Corona

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism. Effect of blueberry ingestion on natural killer cell counts, oxidative stress, and inflammation prior to and after 2.5 h of running. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22111516). Desember 2011.
Medical News Today. Top 12 healthful fruits. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/324431). 13 Februari 2019.
Medical News Today. The best foods for boosting your immune system. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/322412). 10 Juli 2018.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app