Tahi Lalat sebagai Tanda Kanker Melanoma

Dipublish tanggal: Jun 18, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Tahi Lalat sebagai Tanda Kanker Melanoma

Ada banyak jenis kanker yang dapat menyerang siapa pun tanpa memandang usia dan tanpa memandang jenis kelamin. Salah satu jenis penyakit kanker yang sulit dikenali yaitu kanker melanoma. 

Jenis kanker ini berkembang pada bagian sel pigmen kulit melaosit. Bagian sel inilah yang memiliki fungsi untuk penghasil melamin dengan peran sebagai penyerap sinar ultraviolet untuk melindungi kulit dari adanya kerusakan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Meskipun kanker jenis ini jarang terjadi, namun Anda harus mewaspadai hal ini. kanker melanoma dapat disebabkan dari tahi lalat yang ada di dalam tubuh. Meskipun tidak membahayakan, namun Anda harus mewaspadai hal ini. Terutama apabila tahi lalat yang ada di dalam kulit semakin menyebar ke seluruh organ tubuh.

Ciri Kanker Melanoma

  • Agar Anda lebih mudah mengenali tanda kanker melanoma, Anda bisa mengetahuinya melalui ulasan berikut:
  • Paparan sinar ultraviolet sinar matahari yang semakin sering dapat membantu melanin, sehingga hal ini memicu timbulnya mutasi genetik.
  • Kanker melanoma ditandai dengan kemunculan tahi lalat dalam jumlah yang tidak sedikit. Awalnya tahi lalat hanya muncul berupa bintik di bagian kulit saja. Namun semakin hari bintik hitam tersebut akan semakin membesar.
  • Kulit cenderung terlihat pucat dan apabila terpapar sinar matahari berasa seperti terbakar.
  • Kanker melanoma cenderung lebih menyerang bagi orang yang berambut pirang atau merah.
  • Kanker melanoma akan menyerang bagi anggota keluarga yang memiliki riwayat melanoma.
  • Kanker melanoma dapat muncul di area tubuh mana pun, namun bagian tubuh yang paling mudah dihinggapi kanker melanoma yaitu pada bagian wajah, tangan, punggung maupun kaki.
  • Pada biasanya tahi lalat yang muncul memiliki warna yang berbeda antara tahi lalat yang satu dengan tahi lalat yang lainnya.
  • Bagian tahi lalat biasanya tidak rata dan cenderung memiliki ujung yang bergerigi.
  • Kanker melanoma menimbulkan rasa gatal, mengalami bengkak, berwarna merah dan berkerak.
  • Ukuran tahi lalat mengalami perubahan yang cukup cepat.

Pengobatan

Apabila Anda didiagnosis mengidap penyakit kanker melanoma, maka salah satu solusi untuk mengatasinya yaitu dengan melakukan operasi pengangkatan melanoma. 

Sedangkan salah satu perawatan yang dapat dilakukan untuk kanker melanoma hanya dengan melakukan operasi. Jika Anda sudah melakukan operasi, maka Anda diharuskan untuk melakukan perawatan lanjutan agar kanker melanoma tidak muncul lagi.

Semakin cepat kanker melanoma terdeteksi, maka akan semakin cepat pula melakukan tindakan pengobatannya. Perawatan setelah operasi harus Anda lakukan sesuai dengan petunjuk dokter. 

Sedangkan operasi menjadi salah satu tindakan pengobatan yang jauh lebih efektif dibandingkan dengan yang lainnya. Perawatan setelah operasi juga sangat berguna untuk memperlambat adanya penyebaran kanker melanoma yang semakin banyak.

Meskipun kemunculan kanker melanoma tidak mudah dikenali karena banyak orang yang menganggap bahwa tahi lalat yang muncul pada area tubuhnya hanyalah tahi lalat biasa. 

Akan tetapi apabila Anda mendapati beberapa gejala kemunculan tahi lalat dalam tubuh seperti yang ada di atas, Anda bisa mewaspadainya dan bisa langsung menghubungi dokter untuk melakukan pemeriksaannya.

Anda pun bisa melakukan pencegahannya dengan tidak barada di bawah sinar matahari secara terus menerus. Karena semakin seringnya Anda berada di bawah sinar matahari, maka akan berisiko terhadap kanker melanoma. 

Apabila Anda sering melakukan aktivitas di luar rumah, Anda bisa melindungi kulit menggunakan tabir surya atau sunblock serta menggunakan pakaian yang tertutup. Dengan begitu sinar matahari tidak secara langsung menyengat kulit Anda.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Melanoma: Stages, types, causes, and pictures. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/154322)
Signs of Melanoma Skin Cancer - Symptoms of Melanoma. American Cancer Society. (https://www.cancer.org/cancer/melanoma-skin-cancer/detection-diagnosis-staging/signs-and-symptoms.html)
Skin cancer (melanoma) - Symptoms. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/melanoma-skin-cancer/symptoms/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app