Tahi Lalat Ditumbuhi Rambut - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: Apr 30, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 187.837 orang

Tahi lalat terbentuk pada kulit ketika kelompok melanosit, atau sel-sel kulit berpigmen, tumbuh di area kecil pada tubuh. Tahi lalat biasanya muncul berupa benjolan berwarna atau bintik-bintik yang bervariasi dalam bentuk dan ukuran dan lebih gelap dari kulit disekitarnya. 

Tahi lalat biasanya berkisar dari warna cokelat, coklat tua hingga kehitaman. Kebanyakan tahi lalat bukanlah suatu kondisi yang berbahaya dan umumnya bersifat jinak.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Tetapi bagaimana dengan tahi lalat yang memiliki satu atau lebih rambut yang tumbuh diatasnya? Mungkin Anda sering mendengar mitos bahwa tahi lalat yang berbulu biasanya bersifat kanker, tetapi jangan khawatir karena hal tersebut hanya sebuah mitos. 

Bahkan, kehadiran rambut yang tumbuh dari tahi lalat dapat menunjukkan bahwa daerah tersebut sebenarnya sehat dan tidak bersifat kanker.

Penyebab Tahi Lalat Ditumbuhi Rambut

Suatu hal yang mungkin bagi rambut untuk tumbuh di atas permukaan tahi lalat jika tahi lalat terletak di atas folikel rambut. Karena sel-sel kulit normal yang membentuk tahi lalat adalah sel-sel yang sehat, sehingga rambut dapat tumbuh seperti normal

Folikel lah yang menghasilkan rambut, bukan tahi lalat. Rambut kemudian menembus permukaan tahi lalat seperti halnya melalui sel kulit lainnya.

Sudah biasa melihat satu atau beberapa helai rambut yang tumbuh dari tahi lalat. Dalam beberapa kasus, rambut yang tumbuh dari tahi lalat dapat terlihat lebih gelap atau lebih tebal dari rambut yang tumbuh di sekitarnya. Hal ini terjadi karena pigmen ekstra dalam sel juga dapat membuat rambut menjadi gelap.

Bukti penelitian dari dokter kulit dan dokter lain menunjukkan bahwa tidak ada tahi lalat yang berambut beresiko menjadi kanker. Namun, hal tersebut tidak berarti tahi lalat tidak dapat berkembang menjadi kanker. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Dalam hal tersebut, dokter berspekulasi bahwa mungkin ketika sel-sel pada permukaan tahi lalat di atas rambut menjadi tidak normal, maka kondisi tersebut dapat menghambat pertumbuhan rambut.

Tanda dan Ciri-Ciri Tahi Lalat yang Ditumbuhi Rambut

Tanda dan ciri-ciri tahi lalat berambut sama seperti tahi lalat yang sehat pada umumnya. Berikut ciri-ciri dari tahi lalat yang sehat yaitu:

  • Simetris dan bulat
  • Dikelilingi oleh batas yang rata
  • Konsisten dalam penampilan dan tidak berubah
  • Seragam dalam warna: coklat, coklat tua, dll
  • Tidak lebih besar dari 5 milimeter lebarnya

Tanda-tanda yang harus diperhatikan dalam tahi lalat yang abnormal meliputi:

  • Tidak teratur, bentuk asimetris
  • Batas yang tidak rata
  • Memiliki dua atau lebih warna di dalam tahi lalat, biasanya kombinasi hitam, coklat, merah muda, putih, atau cokelat
  • Ukuran lebih besar dari tahi lalat pada umumnya
  • Perubahan tekstur permukaan: kasar, bersisik, berkerak, atau bergelombang
  • Gatal
  • Berdarah
  • Perubahan atau pertumbuhan yang cepat

Memeriksa kulit secara teratur untuk melihat adanya perubahan pada kulit adalah cara terbaik untuk mengidentifikasi tahi lalat sejak dini. Jika Anda memiliki beberapa tahi lalat atau riwayat kanker kulit, hal yang yang terbaik adalah melakukan pemeriksaan tahi lalat tahunan ke dokter kulit.

Cara Mencegah Terjadinya Tahi Lalat yang Ditumbuhi Rambut

Sampai saat ini masih tidak diketahui cara mencegah munculnya rambut pada tahi lalat. Namun bila Anda melihat tahi lalat yang ditumbuhi rambut, maka Anda tidak perlu khawatir. 

Kehadiran rambut yang tumbuh melalui permukaan tahi lalat menunjukkan bahwa ada folikel rambut yang sehat di bawahnya dan kemungkinan terdapat sel-sel kulit yang sehat di atasnya.

Cara Menangani Tahi Lalat yang Ditumbuhi Rambut

Anda dapat dengan aman menghilangkan rambut yang keluar dari tahi lalat jika Anda mau, terutama jika Anda tidak menyukai tampilannya. Hilangkan rambut seperti halnya rambut tubuh yang tidak diinginkan lainnya. Anda dapat mencabut rambut atau menghilangkannya dengan cara elektrolisis.

Jika tahi lalat Anda rata dan rata dengan kulit, Anda bisa mencukurnya. Namun, Anda harus menghindari menggunakan pisau cukur di atas tahi lalat yang menonjol atau tidak rata dengan permukaan kulit.

Jika Anda khawatir akan mengiritasi tahi lalat tersebut, Anda dapat mencoba memotongnya sedekat mungkin dengan permukaan kulit Anda. Jika sudah terjadi iritasi saat mencoba menghilangkan rambut, Anda dapat meminta dokter kulit untuk mengangkat tahi lalat tersebut.

Menghilangkan tahi lalat adalah prosedur yang sederhana. Pertama, dokter Anda akan membuat mati rasa daerah tersebut dengan injeksi, kemudian mencukur atau memotong tahi lalat yang ingin diangkat. 

Jika tahi lalat berukuran besar, dokter Anda dapat memilih untuk menutup bagian yang sudah terangkat dengan beberapa jahitan. Meskipun menghilangkan tahi lalat biasanya mudah dan cepat, Anda mungkin akan meninggalkan bekas luka yang permanen. 

Bergantung pada lokasi tahi lalat yang diangkat, Anda mungkin ingin akan mempertimbangkan risiko munculnya jaringan parut terhadap manfaat pengangkatan tahi lalat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit