Strawberry Nevus pada Kulit - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: Apr 29, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.061.604 orang

Strawberry nevus (hemangioma) merupakan tanda lahir yang berwarna merah yang dinamai karena warnanya. Warna kulit merah ini berasal dari kumpulan pembuluh darah yang dekat dengan permukaan kulit. Tanda lahir ini paling sering terjadi pada anak kecil dan bayi.

Meskipun disebut tanda lahir, strawberry nevus tidak selalu muncul pada saat lahir. Tanda lahir tersebut juga dapat muncul ketika seorang anak berusia beberapa minggu. Strawberry nevus biasanya tidak berbahaya dan biasanya akan memudar pada saat seorang anak mencapai usia 10 tahun.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Penyebab Strawberry Nevus

Strawberry nevus akan muncul ketika pembuluh darah berlebih berkumpul bersamaan. Sampai saat ini penyebab munculnya strawberry nevus masih tidak diketahui.

Ada beberapa kasus yang jarang terjadi pada beberapa anggota keluarga yang mengalami strawberry nevus di mana faktor genetik dianggap juga berperan. Masih dilakukan penelitian mengenai penyebab pasti dari lesi strawberry nevus.

Tanda,gejala dan efek samping Strawberry Nevus

Tanda lahir dapat muncul di mana saja, tetapi lokasi yang paling sering terjadi yaitu pada daerah:

  • Wajah
  • Kulit kepala
  • Punggung
  • Dada

Jika Anda melihat dengan dekat strawberry nevus tersebut, maka Anda mungkin akan melihat adanya pembuluh darah kecil yang saling berdekatan.

Strawberry nevus dapat menyerupai sejumlah jenis tanda lahir yang berwarna merah lainnya. Kondisi ini merupakan pertumbuhan kulit yang paling sering pada bayi, yang dapat mempengaruhi sekitar 1 dari 10 anak.

Strawberry nevus dapat dibagi dalam tiga jenis yaitu dangkal, dalam, atau kombinasi keduanya:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01
  • Strawberry nevus superfisial biasanya berwarna merah cerah.
  • Strawberry nevus yang dalam dapat menempati ruang di jaringan yang lebih dalam. Jenis tanda lahir tersebut sering muncul dengan warna biru atau ungu. Kondisi ini juga dikenal sebagai hemangioma kavernosa.
  • Strawberry nevus kombinasi adalah campuran antara jenis superfisial dan dalam. Port-wine stain (tanda lahir yang berwarna merah atau ungu) berbeda dari strawberry nevus karena port-wine stain biasanya terjadi pada wajah dan bersifat permanen.

Efek samping Strawberry Nevus

Nevus stroberi jarang yang bersifat berbahaya. Beberapa jenis dapat meninggalkan bekas luka abu-abu atau putih saat memudar. Kondisi ini dapat membuat area tersebut terasa berbeda dari kulit di sekitarnya.

Pada kasus yang paling parah, strawberry nevus yang berukuran besar bisa mengancam jiwa. Nevus yang besar dapat menyebabkan masalah dan kelainan pada kulit. Hal ini juga dapat mempengaruhi pernapasan, penglihatan, dan pendengaran.

Bergantung pada lokasinya, strawberry nevus yang besar juga dapat mempersulit fungsi organ. Penting bagi dokter untuk mengevaluasi ukuran strawberry nevus dan melakukan pemeriksaan untuk menentukan apakah strawberry nevus tersebut berbahaya atau tidak

Cara mencegah terjadinya Strawberry Nevus

Karena penyebab yang masih belum jelas. Maka sampai saat ini masih tidak diketahui secara pasti cara mencegah terjadinya strawberry nevus.

Cara mengatasi Strawberry Nevus

Diagnosa Strawberry Nevus

Jika dokter anak mencurigai bahwa strawberry nevus tersebut bersifat dalam atau dekat dengan organ utama, dokter mungkin perlu menghilangkannya. Kondisi ini biasanya memerlukan pengobatan secara khusus di rumah sakit.

Tes untuk menentukan kedalaman strawberry nevus dapat meliputi:

  • Biopsi (pengangkatan jaringan)
  • CT scan
  • MRI scan

Pengobatan Strawberry Nevus

Pengobatan umumnya tidak selalu dianjurkan karena sebagian besar strawberry nevus tidak berbahaya dan akan memudar seiring waktu.

Administrasi Makanan dan Obat di Amerika menyetujui bahwa obat propranolol hidroklorida pada 2014 sebagai obat oral pertama yang dapat digunakan untuk mengobati strawberry nevus pada anak-anak. Namun, obat tersebut memang memiliki beberapa efek samping, seperti masalah tidur dan diare.

Jika diperlukan, pengobatan untuk strawberry nevus dapat meliputi:

  • Obat topikal, oral, atau injeksi
  • Pengangkatan dengan laser
  • Operasi

Prosedur-prosedur ini dilakukan oleh seorang profesional medis yang memiliki pengalaman dalam menangani strawberry nevus.

Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui apakah anak Anda perlu menggunakan pengobatan dan prosedur tersebut. Efek samping dari prosedur ini dapat mencakup tumbuhnya jaringan parut dan nyeri saat jaringan yang diangkat sembuh.

Dalam kasus strawberry nevus yang besar dan dalam, seorang dokter spesialis bedah mungkin perlu mengangkat seluruh nevus tersebut . Hal ini penting dalam kasus di mana strawberry nevus dapat melukai jaringan atau organ lain.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit