Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Sindaktili Jari Kaki - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: DEC 11, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 953.011 orang

Sindaktili adalah kondisi yang dalam bahasa inggris disebut webbed finger (sindaktili pada jari tangan) atau webbed toes (sindaktili pada jari kaki). Sindaktili adalah kondisi yang terjadi ketika kulit dari dua jari atau lebih (tangan atau kaki) menyatu bersama. Dalam kasus yang jarang terjadi, jari tangan atau jari kaki anak Anda dapat disatukan oleh satu atau lebih struktur berikut ini:

  • tulang
  • pembuluh darah
  • otot
  • saraf

Kondisi ini muncul sejak lahir. Sindaktili terjadi pada sekitar satu dari setiap 2.500 hingga 3.000 bayi. Paling sering terjadi pada bayi Kaukasia dan bayi laki-laki. Sindaktili paling sering terjadi di antara jari tengah dan jari manis.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Kondisi ini dapat mengganggu fungsi normal tangan atau kaki anak Anda. Kecuali jika hanya berupa kelainan sindaktili yang minimal. Dokter mungkin akan merekomendasikan operasi untuk memperbaiki kondisi sindaktili. Sindaktili pada jari kaki mungkin tidak memerlukan perawatan jika kondisi itu tidak mengganggu fungsi kaki anak Anda.

Jari tangan dan jari kaki yang mengalami sindaktili terkadang dapat dideteksi sebelum bayi Anda dilahirkan melalui pemeriksaan ultrasonografi. Namun, hasil pemeriksaan sebelum melahirkan yang menyatakan anak Anda menderita sindaktili, mungkin tidak sepenuhnya akurat.

Penyebab jari tangan dan jari kaki berselaput

Sekitar 10 hingga 40 persen kasus sindaktili disebabkan oleh faktor keturunan. Jari tangan dan jari kaki yang berselaput dapat terjadi karena disebabkan oleh kondisi yang mendasarinya, seperti sindrom Polandia, sindrom Holt-Oram, atau sindrom Apert. Dalam kasus lain, kondisi sindaktili mungkin muncul sendiri tanpa alasan yang jelas.

Memperbaiki sindaktili pada jari tangan atau jari kaki dengan operasi

Para ahli tidak dapat memiliki acuan pasti yang menentukan kapan waktu yang tepat untuk melakukan operasi pada kasus sindaktili. Namun, sebagian besar ahli bedah sepakat bahwa anak Anda harus berusia setidaknya beberapa bulan sebelum menjalani operasi ini. 

Pilihlah ahli bedah terpercaya untuk melakukan operasi dan tanyakan kepada mereka tentang waktu yang tepat untuk anak Anda melakukan operasi. Penting untuk menangani sindaktili pada anak Anda sebelum sindaktili mengganggu perkembangan yang melibatkan jari-jari mereka, seperti menggenggam benda.

Saat menjalani proses operasi, anak Anda akan dibius, sehingga mereka tertidur selama operasi. Kemudian, serangkaian sayatan dengan pola zig-zag akan dibuat untuk memisahkan jari tangan atau kaki mereka. Prosedur ini disebut Z-plasty. Sayatan ini akan membagi kelebihan kulit di antara jari tangan atau jari kaki anak Anda. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Kemudian, dokter bedah mungkin akan menggunakan potongan-potongan kulit sehat dari bagian lain dari tubuh anak Anda untuk menutupi area yang terpisah (Prosedur ini disebut cangkok kulit).

Memisahkan jari tangan atau jari kaki anak Anda yang mengalami sindaktili bertujuan untuk membuat setiap ruas jari dapat bergerak secara independen. Prosedur ini dimaksudkan untuk mengembalikan fungsionalitas penuh pada tangan atau kaki anak Anda.

Jika anak Anda memiliki lebih dari satu area yang mengalami sindaktili, dokter bedah dapat merekomendasikan beberapa prosedur operasi untuk mengatasi hal ini.

Sembuh dari Operasi

Setelah operasi untuk memperbaiki jari tangan atau jari kaki yang mengalami sindaktili, tangan atau kaki anak Anda akan dipasang gips selama sekitar tiga minggu

Gips akan membantu menjaga jari tangan atau jari kaki mereka tidak bergerak. Sangat penting untuk menjaga gips tetap kering dan sejuk. Gips perlu ditutup saat Anda memandikan anak Anda.

Ketika gips dilepas, anak Anda kemudian dapat memakai splint atau deker jari selama beberapa minggu lagi. Deker jari akan terus melindungi jari selama proses pemulihan.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Dokter bedah anak Anda juga dapat merekomendasikan terapi fisik atau okupasi untuk meningkatkan fungsi jari tangan atau jari kaki mereka secara optimal. Dokter juga akan menyarankan serangkaian pemeriksaan lanjutan untuk memantau penyembuhan anak Anda.

Apa risiko terkait dengan operasi untuk memperbaiki sindaktili jari tangan atau jari kaki?

Efek pasca operasi yang tidak diinginkan mungkin dapat terjadi pada anak Anda. Efek ini bisa berkisar dari efek ringan hingga sedang, tetapi efek pasca operasi yang tidak diinginkan jarang terjadi. Efek yang tidak diinginkan dapat meliputi:

  • pertumbuhan kulit ekstra, yang disebut "web creep" dan harus diperbaiki lagi
  • pengerasan jaringan parut
  • masalah dengan cangkok kulit yang digunakan dalam operasi
  • perubahan tampilan kuku yang terkena
  • kurangnya pasokan darah yang memadai ke jari tangan atau jari kaki, yang dikenal sebagai iskemia.

Segera periksakan ke dokter Anda segera jika Anda melihat ada kelainan atau perubahan warna pada jari tangan atau jari kaki anak Anda.

Apa yang perlu diperhatikan mengenai operasi perbaikan jari tangan atau jari kaki yang mengalami sindaktili?

Setelah operasi, anak Anda kemungkinan besar akan memiliki fungsi jari tangan atau jari kaki yang normal. Tangan atau kaki mereka juga akan memiliki penampilan yang lebih baik. Jika anak Anda mengalami komplikasi, operasi tambahan mungkin diperlukan untuk mengembalikan fungsi jari tangan atau jari kaki mereka. Operasi tambahan juga dapat dilakukan untuk memperbaiki penampilan jari tangan atau jari kaki anak Anda.

Tangan atau kaki anak Anda akan terus tumbuh secara normal setelah dilakukan operasi. Beberapa anak mungkin memerlukan pembedahan tambahan ketika mereka mencapai usia remaja, setelah jari tangan dan jari kaki mereka telah tumbuh dan berkembang sepenuhnya.

Ditinjau secara medis oleh William Morrison, MD pada 1 Maret 2016 - Ditulis oleh Tracy Hart

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini