Sikat Gigi Biasa Versus Sikat Gigi Elektrik

Dipublish tanggal: Agu 31, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 30, 2020 Waktu baca: 3 menit
Sikat Gigi Biasa Versus Sikat Gigi Elektrik

Menyikat gigi Anda adalah dasar kebersihan gigi dan langkah untuk mencegah penyakit. 

Berdasarkan American Dental Association (ADA), baik sikat gigi elektrik maupun biasa memiiki kemampuan yang efektif dalam menghilangkan plak pada gigi yang dapat menyebabkan pembusukan gigi dan penyakit lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Pembersihan Karang Gigi dan Dental Spa 1 Kali di Upstairs Dental Clinic

Pembersihan karang gigi menggunakan alat ultrasonik sehingga permukaan gigi tidak ada yang diasah maupun dirusak. Dental spa dilakukan untuk menutrisi gusi setelah karang gigi telah dibersihkan secara keseluruhan dengan dikumur selama 1 menit.

Pembersihan karang gigi dan dental spa   1 kali   upstairs dental clinic

Sikat gigi manual dan elektrik memiliki kelebihannya masing-masing. ADA memberi segel persetujuan pada masing-masing sikat gigi, baik yang biasa atau yang elektik, yang telah terbukti aman dan efektif.

Kelebihan sikat gigi elektrik

Sikat gigi elektrik memiliki bulu sikat yang bergetar atau berputar untuk membantu menghilangkan plak yang menumpuk pada gigi dan gusi Anda. Getaran akan membuat pergerakan mikro setiap kali Anda menyikatkan ke seluruh gigi Anda.

Lebih efektif dalam menghilangkan plak

Pada review sebuah studi menunjukkan bahwa, secara umum, sikat gigi elektrik dapat mengurangi lebih banyak plak dan menurunkan risiko gingivitis daripada sikat gigi biasa. 

Setelah penggunaan tiga bulan, plak akan menurun hingga 21 persen dan gingivitis akan menurun hingga 11 persen. Sikat gigi yang berputar (berosilasi) diperkirakan memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan sikat gigi yang hanya bergetar.

Lebih mudah bagi orang-orang yang mobilitasnya rendah

Sikat gigi elektrik akan mengerjakan pembersihan gigi untuk Anda. Hal ini akan membantu bagi semua orang yang memiliki mobilitas yang rendah, misalnya orang-orang yang mengalami:

Ada penghitung waktunya

Penghitung waktu yang ada pada sikat gigi elektrik dapat membantu Anda pada saat Anda menyikat gigi Anda, cukup lama untuk secara baik menghilangkan plak dari gigi dan gusi Anda.

Iklan dari HonestDocs
Pembersihan Karang Gigi Dan Remove Stain 1 Kali di Fre DentalCare

1. Pembersihan karang gigi dan stain dilakukan untuk seluruh permukaan gigi baik rahang atas maupun rahang bawah. Paket ini tidak termasuk tindakan pemutihan gigi maupun tindakan medis lainnya. 2. Tidak ada limit untuk pembelian

Pembersihan karang gigi dan remove stain   1x   fre dentalcare

Akan mengurangi jumlah sampah

Saat Anda harus mengganti sikat gigi Anda, Anda hanya harus mengganti kepala sikat gigi elektrik Anda pada kebanyakan sikat gigi elektrik, sehingga Anda akan menghasilkan sampah yang lebih sedikit dibandingkan membuang sikat gigi biasa yang harus membuang utuh.

Namun, jika Anda menggunakan sikat gigi elektrik yang sekali pakai, Anda harus membuang semuanya saat sudah waktunya.

Mampu meningkatkan fokus Anda saat menyikat gigi

Setidaknya pada satu studi menyatakan bahwa orang-orang merasa lebih fokus pada saat menyikat gigi mereka menggunakan sikat gigi eletrik. 

Hal ini meningkatkan pengalaman menyikat gigi orang-orang dan secara potensial dapat memperbaiki kebersihan gigi Anda.

Kekurangan sikat gigi elektrik

Sikat gigi elektrik biasanya lebih mahal daripada sikat gigi biasa. Rentang harga bisa mulai dari ratusan hingga jutaan rupiah. 

Kepala pengganti sikat gigi elektrik harganya bisa ratusan ribu, tetapi biasanya dalam jumlah banyak. Sikat gigi elektrik yang sekali pakai bisa seharga ratusan ribu ditambah dengan harga baterai.

Iklan dari HonestDocs
Pembersihan Karang Gigi dan Dental Spa 1 Kali di Upstairs Dental Clinic

Pembersihan karang gigi menggunakan alat ultrasonik sehingga permukaan gigi tidak ada yang diasah maupun dirusak. Dental spa dilakukan untuk menutrisi gusi setelah karang gigi telah dibersihkan secara keseluruhan dengan dikumur selama 1 menit.

Pembersihan karang gigi dan dental spa   1 kali   upstairs dental clinic

Menemukan pengganti kepala sikat gigi elektrik tidaklah selalu mudah atau menyenangkan, baik itu karena tidak semua toko menjualnya atau ukuran kepalanya tidak pas. 

Kelebihan sikat gigi biasa

Sikat gigi biasa telah ada sejak waktu yang lama. Sikat gigi biasa tidak memiliki pengatur waktu seperti sikat gigi elektrik, tetapi sikat gigi biasa masih efektif dalam membersihkan gigi Anda dan mencegah gingivitis.

Jika Anda merasa paling nyaman menggunakan sikat gigi biasa, lanjutkan penggunaan, dan tetap sikat gigi selama dua kali sehari setiap hari.

Mudah didapatkan

Sikat gigi biasa mudah untuk didapatkan pada banyak toserba maupun apotek. Sikat gigi biasa juga tidak perlu untuk diisi ulang untuk bisa dipakai, sehingga Anda bisa menggunakan sikat gigi biasa di manapun dan kapanpun.

Murah

Sikat gigi biasa sangatlah murah. Harga sikat gigi biasa tidak mencapai ratusan ribu.

Kekurangan sikat gigi biasa

Sebuah studi menyatakan bahwa orang-orang akan lebih mungkin untuk menyikat gigi terlalu kasar pada saat menggunakan sikat gigi biasa dibandingkan dengan menggunakan sikat gigi elektrik. Menyikat gigi terlalu kasar akan menyakiti gusi dan gigi Anda.

Menggunakan sikat gigi biasa juga akan membuat sulit apakah Anda sudah menyikat gigi dengan waktu yang cukup setiap kali sikat gigi karena tidak ada pengatur waktunya. Gunakanlah timer pada waktu Anda melakukan sikat gigi.

14 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Yaacob M, et al. (2014). Powered/electric toothbrushes compared to manual toothbrushes for maintaining oral health. (http://www.cochrane.org/CD002281/ORAL_poweredelectric-toothbrushes-compared-to-manual-toothbrushes-for-maintaining-oral-health)
Wiegand A, et al. (2013). Brushing force of manual and sonic toothbrushes affects dental hard tissue abrasion. DOI: (https://doi.org/10.1007/s00784-012-0788-z)
Stiller S, et al. (2010). Interproximal access efficacy of three manual toothbrushes with extended, x-angled or flat multitufted bristles. DOI: Toothbrushes. (2017.) (https://doi.org/10.1111/j.1601-5037.2010.00453.x)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app