HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI
Kebiasaan Sehat

Ketahui Dampak Baik Tidur Telanjang Bagi Kesehatan Tubuh

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 1 menit
Ketahui Dampak Baik Tidur Telanjang Bagi Kesehatan Tubuh

Sehatkah tidur telanjang ? Tidur merupakan saat di mana tubuh Anda seharusnya berada dalam kondisi paling rileks dan nyaman agar istirahat yang dilakukan pun lebih berkualitas dan maksimal. Maka itu, kondisikan ruang tidur Anda senyaman mungkin, di antaranya lampu dalam keadaan redup, mematikan televisi dan laptop, dan menjauhkan handphone Anda. 

Lakukan juga rutinitas sebelum tidur agar Anda mudah terlelap, seperti membaca buku atau mendengarkan musik yang menenangkan. Pakailah pakaian tidur yang nyaman, dan bila tidak merasa risih, Anda bisa melepaskan pakaian yang melekat di tubuh. Tidur telanjang? Ya, kenapa tidak? Kondisi ini akan membuat tidur Anda lebih nyaman. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Beberapa poin ini akan menjelaskan manfaat tidur telanjang bagi kesehatan Anda.

1.Orang yang tidur telanjang akan mampu tidur lebih baik
Tidur selama 8 jam sehari memang merupakan rekomendasi banyak peneliti untuk menjamin istirahat yang cukup. Saat mengenakan pakaian tidur, pakaian dapat terpelintir, tersangkut dan menyebabkan munculnya rasa tidak nyaman sehingga tidur Anda pun menjadi tidak nyenyak. Dengan melepaskan semua pakaian, maka Anda akan merasa lebih bebas dan dapat tidur lebih nyenyak saat memasuki jam tidur yang dalam dan mencapai pikiran alam bawah sadar. 

2.Orang yang tidur telanjang dapat mengatur level kortisol dalam tubuh
Tidur tanpa sehelai benang pun dapat membantu mengatur temperatur alami tubuh, yang akan membantu mengatur level kortisol dalam tubuh. Senyawa kimia kortisol ini dapat mengalami ketidakseimbangan, dan jika hal tersebut terjadi, dapat terjadi kecemasan, keinginan untuk mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan kenaikan berat badan. Dengan tidur tanpa busana, tubuh dan pikiran pun akan mengalami keseimbangan antara satu dengan yang lainnya untuk hidup lebih sehat saat terbangun keesokan harinya.

3.Membantu menyeimbangkan kadar melatonin
Melatonin merupakan senyawa alami yang diproduksi oleh kelenjar pineal. Atur suhu ruangan Anda pada angka 22 derajat Celsius dan tidurlah tanpa berbusana agar tubuh tidak menjadi panas dan mengurangi potensi pembentukan melatonin yang diperlukan tubuh. 

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Blake Bakkila, Benefits of Sleeping Naked (https://www.health.com/condition/sleep/benefits-of-sleeping-naked), 2 July 2018.
Deborah Weatherspoon, Ph.D., R.N., CRNA, Benefits of Sleeping Naked (https://www.medicalnewstoday.com/articles/325300.php), 28 May 2019.
Stacy Sampson, DO,Benefits of Sleeping Naked (https://www.healthline.com/health/benefits-of-sleeping-naked), 28 November 2018.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app