Seberapa Efektif Waterpik untuk Menghilangkan Plak di Gigi?

Dipublish tanggal: Jul 10, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Seberapa Efektif Waterpik untuk Menghilangkan Plak di Gigi?

Menyikat gigi secara teratur menjadi cara termudah untuk merawat kebersihan gigi dan mulut. Namun, faktanya kebiasaan menggosok gigi masih menyisakan makanan atau kotoran yang terselip di sela-sela gigi. Menggunakan benang gigi alias dental flossing memang cukup membantu, tapi terkadang memicu gusi berdarah jika tidak gunakan secara hati-hati. Supaya lebih aman, Anda bisa melakukan metode flossing dengan waterpik. 

Kelebihan dan kelemahan waterpik sebagai pembersih gigi

Waterpik sebenarnya bukanlah nama sebuah metode untuk membersihkan gigi, melainkan merek flosser air. Namun karena sudah terbukti kinerjanya secara alamiah, maka metode flossing menggunakan air kerap disebut dengan waterpik.

Iklan dari HonestDocs
Orthodenti ( Kawat Gigi) di Tooth's Kingdom Dental Care

Orthodenti (kawat gigi) merupakan prosedur untuk merapikan gigi

Istock 503875046 %281%29

Waterpik adalah alat yang digunakan untuk membersihkan gigi dengan cara mengalirkan air ke mulut dan gusi. Tekanan air akan mendorong kotoran yang berada di sela-sela gigi, sehingga gigi jadi lebih bersih.

Alat ini sangat praktis digunakan, sebab Anda hanya tinggal menekan tombol lalu air bertekanan tinggi akan keluar. Selain itu, air yang keluar juga mampu memberikan efek pijatan, sehingga berguna untuk memperbaiki kesehatan gusi.

Semua orang bisa menggunakan waterpik, termasuk bagi Anda yang sedang pakai behel. Justru, alat ini sangat cocok digunakan dan efektif membersihkan kotoran yang terperangkap di sela-sela kawat gigi.

Namun sayangnya, masih sedikit orang yang menggunakan waterpik sebagai perawatan gigi harian. Ada beberapa kekurangan waterpik yang harus Anda ketahui, di antaranya adalah:

  • Ukuran waterpik relatif besar, jadi butuh ruang sendiri untuk menyimpannya.
  • Tidak bisa dipakai atau dibawa-bawa ke luar rumah karena membutuhkan tenaga listrik sebagai sumber tenaganya serta air.
  • Waterpik sangat rentan rusak jika tidak dirawat dengan baik.
  • Harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan benang gigi.

Saat ini sudah banyak toko yang menjual flosser air dengan beragam merek. Nah, Anda bisa memilih jenisnya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing.

Kesimpulannya, flossing dengan waterpik dapat membantu membersihkan plak pada gigi yang tak bisa hilang hanya dengan sikat gigi saja. Selain itu, kotoran yang menempel di sela-sela gigi juga dapat dikeluarkan, sehingga kondisi gigi semakin bersih dan terbebas dari masalah seperti gigi berlubang, peradangan gusi, dan lain sebagainya.

Iklan dari HonestDocs
Orthodenti ( Kawat Gigi) di Tooth's Kingdom Dental Care

Orthodenti (kawat gigi) merupakan prosedur untuk merapikan gigi

Istock 503875046 %281%29

Baca Selengkapnya: Membersihkan Gigi Dengan Waterpik Atau Flossing, Mana yang Lebih Baik?

Bagaimana cara menggunakan waterpik?

Tidak seperti dental floss yang pemakaiannya cukup ribet dan salah-salah bisa melukai gusi, waterpik ini cukup aman dan cara pakainya juga mudah. Bagi Anda yang belum pernah melakukan flossing sebelumnya, Anda tak perlu khawatir karena metode ini cukup mudah untuk dilakukan.

Cara menggunakan waterpik adalah: 

  • Isi reservoir air dengan air hangat. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan obat kumur kedalamnya
  • Untuk membersihkan sela-sela gigi, pilih ujung gagang waterpik yang runcing. Sementara jika Anda ingin membersihkan lidah, gunakan ujung yang pipih. Untuk membersihkan gigi secara keseluruhan, gunakan gagang dengan ujung berbentuk sikat gigi.
  • Colokkan waterpik ke sumber listrik, lalu tekan tombol power. Sebaiknya mulailah dari tekanan rendah dan tingkatkan secara perlahan jika diperlukan
  • Mulailah membersihkan gigi bagian belakang kemudian ke arah depan. Ambil jeda beberapa kali untuk berkumur.
  • Apabila kondisi gigi sudah bersih, segera matikan waterpik dan lepas ujungnya.
  • Segera bersihkan waterpik sesuai dengan petunjuk pada kemasan.

Sudah banyak yang menggunakan waterpik untuk membersihkan gigi agar tidak ada kotoran yang tertinggal. Alat ini ternyata memiliki fungsi yang sangat komplit. 

Tidak hanya membersihkan sisa makanan yang ada di sela-sela gigi saja, waterpik juga bermanfaat untuk membersihkan gigi secara keseluruhan termasuk lidah. Lakukan teknik flossing menggunakan waterpik dengan benar dan lakukan setiap hari agar plak tidak semakin menumpuk.

Baca Juga: Pengguna Behel Juga Wajib Pakai Benang Gigi, Ini Manfaatnya

15 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Who invented dental floss? (n.d.). (http://wonderopolis.org/wonder/who-invented-dental-floss)
Salinas TJ. (2018). Is it more effective to floss teeth with a water pick or standard dental floss? (http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyl%20e/adult-health/expert-answers/dental-floss%20/faq-20058112)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app