Same: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Mei 17, 2019 Update terakhir: Jan 21, 2020 Tinjau pada Jun 18, 2019 Waktu baca: 3 menit

SAMe atau SAM-e (S-adenosylmethionine) merupakan senyawa yang terbentuk secara alami dalam tubuh. SAMe berfungsi membantu menghasilkan dan mengatur hormon serta mempertahankan membran sel. Jika tubuh tidak mampu menghasilkan SAMe secara alami, maka Anda dapat mengonsumsi SAMe yang saat ini juga tersedia sebagai suplemen makanan di Amerika Serikat, sementara SAMe dianggap obat resep di Eropa.

Penggunaan SAMe biasanya digunakan untuk untuk mengobati osteoarthritis, penyakit hati, maupun depresi. Tetapi penggunaan SAMe dapat berinteraksi dengan obat antidepresan sehingga tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Mengenai SAMe

Golongan

Suplemen dan obat resep

Kemasan

Bentuk obat oral dan injeksi

Kandungan

 -

Manfaat SAMe

Penggunaan SAMe untuk beberapa kondisi tertentu dianggap memiliki manfaat, tetapi masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan kebenarannya. SAMe mungkin dapat membantu mengobati depresi, penyakit hati, dan osteoarthritis. 

Tetapi beberapa penelitian membandingkan penggunaan SAMe dengan obat antiinflamasi nonsteroid, di mana keduanya sama-sama membantu menghilangkan rasa sakit dan mampu meningkatkan fungsi sendi, tetapi SAMe memiliki efek samping yang lebih sedikit.

Efek samping SAMe

SAMe memiliki beberapa efek samping yang masih termasuk dalam kategori ringan dan jarang terjadi, beberapa di antaranya adalah sakit perut, mual, insomnia ringan, pusing, mudah marah, mudah gelisah, berkeringat, sembelit, dan diare.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Dosis SAMe

Melalui mulut:

  • Untuk depresi: 800-1600 mg SAMe setiap hari dalam dosis terbagi selama 4-12 minggu
  • Untuk osteoartritis: 600-1200 mg SAMe setiap hari hingga tiga dosis terbagi hingga 84 hari
  • Untuk penyakit hati (sirosis): 600 mg SAMe setiap hari selama satu bulan. Atau kombinasi 30 mg SAMe ditambah 100 mcg vitamin B12 enam kali sehari selama 30 hari

Melalui injeksi (IV):

  • Untuk depresi: Paling sering, 200-400 mg SAMe diberikan setiap hari sebagai suntikan atau infus (dengan IV) selama 1-4 minggu
  • Untuk osteoartritis: 400 mg SAMe diberikan oleh IV setiap hari selama 5 hari, diikuti oleh 600 mg SAMe diminum dalam tiga dosis terbagi selama 23 hari. 60 mg SAMe yang disuntikkan selama 7 hari
  • Untuk penyakit hati (sirosis): 800 mg SAMe digunakan melalui injeksi IV sekali sehari selama 2 minggu atau 250 mg dua kali sehari selama 30 hari

Interaksi SAMe

SAMe dapat berinteraksi dengan obat antidepresan

Hindari penggunaan SAMe bersamaan dengan obat antidepresan (untuk mengatasi depresi) atau suplemen lain yang dapat meningkatkan kadar serotonin (antipsikotik, amfetamin, dekstrometorfan), sehingga tidak disarankan untuk mengonsumsinya secara bersamaan karena dapat menimbulkan efek samping yang serius seperti masalah jantung, menggigil, dan kecemasan.

Beberapa obat antidepresan ini termasuk fluoxetine (Prozac), paroxetine (Paxil), sertraline (Zoloft), amitriptyline (Elavil), clomipramine (Anafranil), dan imipramine (Tofranil).

SAMe juga dapat berinteraksi dengan fenelzin (Nardil), tranylcypromine (Parnate), meperidine (Demerol), Pentazocine (Talwin), tramadol (Ultam, ConZip), dan Levodopa, yang dapat meningkatkan risiko sindrom serotonin, begitupun penggunaan obat St. John’s wort bersamaan SAMe.

Perhatian

  • Penderita gangguan bipolar disarankan tidak menggunakan SAMe karena dapat meningkatkan kecemasan dan mania.
  • Penderita gangguan bawaan sindrom Lesch-Nyhan tidak disarankan menggunakan SAMe karena dapat memperburuk kondisi.
  • Penderita penyakit Parkinson tidak diperbolehkan mengonsumsi SAMe karena dapat memperburuk gejalan Parkinson.
  • Hindari penggunaan SAMe jika Anda memiliki gangguan pada sistem kekebalan tubuh atau memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah karena Anda berisiko terkena infeksi mikroorganisme tertentu.
  • Bagi ibu hamil, SAMe sepertinya aman untuk digunakan secara intravena (dengan IV) dalam jangka waktu singkat pada trimester ketiga kehamilan. SAMe dapat dikonsumsi dengan dosis 800mg selama 14-20 hari tanpa menimbulkan efek samping, tetapi sebaiknya tetap menghindari penggunaan SAMe selama kehamilan.
  • Hindari penggunaan SAMe selama masa menyusui karena belum ada informasi yang cukup mengenai keamanan penggunaan pada ibu menyusui.
  • Penggunaan SAMe pada anak-anak masih tergolong aman jika digunakan dalam jangka waktu singkat melalui intravena (dengan IV).
  • Hentikan penggunaan SAMe setidaknya 2 minggu sebelum dilakukan operasi atau pembedahan karena dapat mempengaruhi sistem saraf pusat dan mengganggu tindakan pembedahan.

7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
S-Adenosyl Methionine Supplement — Health Benefits, Dosage, Side Effects. Examine.com. (https://examine.com/supplements/s-adenosyl-methionine/)
Ademetionine. DrugBank. (https://www.drugbank.ca/drugs/DB00118)
S-adenosylmethionine (SAMe) Uses, Side Effects & Warnings. Drugs.com. (https://www.drugs.com/mtm/s-adenosylmethionine-same.html)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app