Sakit Tenggorokan Tidak Sembuh- Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: Mar 6, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 991.520 orang

Sakit atau Radang Tenggorokan yang Anda alami selama beberapa minggu bahkan hingga beberapa bulan dan tidak kunjung sembuh merupakan gejala Radang Tenggorokan yang tidak boleh Anda dianggap sepele, karena ini bukan hanya sekedar radanggt;tenggorokan biasa.

Namun bisa menjadi Radang Tenggorokan Kronis yang mengacu pada beberapa kondisi penyakit yang sudah lama terjadi sebelumnya, sering kambuh dan tidak bisa di atasi dengan pengobatan untuk radang tenggorokan biasa.


Selain itu, Radang Tenggorokan yang berlangsung lama juga menjadi indikasi berbagai penyakit berbahaya lain yang bisa terjadi dalam tubuh dan beberapa penyebab serta solusi selengkapnya untuk Anda sebagai berikut.

Apakah penyebab Radang Tenggorokan tidak sembuh?

Penyakit yang sering Anda anggap ringan ini, ternyata juga bisa berubah menjadi buruk bagi penderitanya. Berikut ini adalah beberapa penyebab dari Radang Tenggorokan tidak sembuh sembuh tersebut.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01
  • Infeksi Campak
    Radang Tenggorokan yang Anda alami lebih dari 5 hari sepatunya Anda harus diwaspadai. Khususnya, jika radang tenggorokan tersebut diikuti dengan timbulnya beberapa bisul kecil kemerahan pada kulit yang menjadi indikasi jika anda terserang virus Campak.
  • Virus Epstein Barr (virus Campak) adalah virus yang menjadi penyebab tubuh terserang infeksi dan akhirnya menyerang limpa kemudian menyebabkan pembengkakan di area leher dan timbul Radang Tenggorokan.
  • Sakit Kuning
    Radang Tenggorokan yang tidak sembuh juga bisa disebabkan karena penyakit Kuning. Radang Tenggorokan yang terjadi karena sakit Kuning ini bisa berlangsung hingga melebihi 6 minggu.
  • Penularan virus penyakit ini bisa terjadi lewat ludah ataupun lewat ciuman sehingga sering disebut juga dengan Kissing Disease. Selain itu, penyakit Kuning juga terkadang menjadi penyebab tenggorokan sakit saat bangun di pagi hari.
  • Kerusakan Klep Jantung
    Kerusakan pada klep jantung Anda juga bisa menjadi penyebab dari Radang Tenggorokan yang tidak sembuh. Selain kerusakan pada klep jantung, beberapa penyakit jantung lainnya yang dipengaruhi dari pola makan dan gaya hidup tidak sehat juga bisa menjadi penyebab timbulnya Radang Tenggorokan.

  • Sinusitis
    Komplikasi dari Sinusitis (infeksi rongga dibelakang hidung) yang semakin parah juga bisa menimbulkan Radang Tenggorokan yang tidak kunjung sembuh. Hal ini bisa terjadi karena bakteri Streptococcus yang menjadi penyebab Sinusitis sudah menyerang di bagian sinus dan akhirnya merusak sinus tersebut kemudian menyebabkan Radang Tenggorokan yang tidak kunjung sembuh.

  • Bronkhitis
    Komplikasi dari Radang Paru Paru atau Bronkhitis juga bisa menyebabkan Radang Tenggorokan yang lama sembuh dan juga penyebab tenggorokan panas. Hal ini bisa terjadi karena bakteri sudah masuk dan merusak area tenggorokan yang menjalar dari organ paru paru.
  • Kondisi Bronkhitis ini akan semakin parah jika penderita juga merupakan perokok aktif yang semakin merusak paru paru karena menimbulkan flek pada organ tersebut.

Apakah tanda bahwa anda sedang menderita penyakit Sakit Tenggorokan tidak sembuh?

Berikut ini adalah tanda umum yang bisa Anda temukan pada penderita Penyakit Tenggorokan tidak sembuh:

  1. Batuk
  2. Perubahan suara, misalnya serak
  3. Susah menelan
  4. Nyeri telinga
  5. Nyeri tenggorokan
  6. Benjolan atau luka yang tidak sembuh

Bagaimana penanganan pada Sakit Tenggorokan tidak sembuh?

Untuk mengatasi Radang Tenggorokan Anda yang tidak sembuh selama berhari hari, berminggu minggu bahkan hingga mencapai hitungan bulan, sebagai langkah awal selain mengkonsumsi obat dari dokter, sebaiknya Anda lakukan juga beberapa tips di bawah ini:

  1. Hindari berteriak-teriak terlalu keras
  2. Hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas dan berlemak
  3. Jauhi rokok dan alkohol
  4. Gunakan masker ketika berada di tempat umum
  5. Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C
  6. Tidur dan olehraga teratur
  7. Untuk membantu meredakan nyeri, Anda bisa mengkonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas di pasaran, misalnya Paracetamol

Selain itu, apabila Sakit Tenggorokan tidak sembuh atau bahkan semakin parah ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter THT lebih lanjut untuk mencari dan mengobati kelainan lain yang mendasari Sakit Tenggorokan tersebut.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit