Benarkah Sakit Pinggang Merupakan Gejala Sakit Ginjal?

Dipublish tanggal: Nov 5, 2020 Update terakhir: Nov 25, 2020 Waktu baca: 2 menit
Benarkah Sakit Pinggang Merupakan Gejala Sakit Ginjal?

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Ginjal bermanfaat untuk menyaring racun tubuh, tempat proses pembentukan urine, dan membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh;
  • Beberapa jenis penyakit ginjal adalah batu ginjal, gagal ginjal, infeksi ginjal, infeksi saluran kemih, pembekuan darah di ginjal, dan trauma pada ginjal;
  • Sejumlah kasus sakit ginjal tak menimbulkan gejala apa pun, tetapi terkadang disertai dengan sakit pinggang dan gejala lainnya;
  • Perubahan warna urine, berbau, berbusa, adanya darah, dan nyeri saat buang air kecil juga dapat menjadi gejala sakit ginjal;
  • Klik untuk mendapatkan obat saluran kemih ke rumah Anda di HDMall. *Gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia dan bisa COD;
  • Gunakan fitur chat untuk berbicara dengan apoteker kami seputar obat dan pemeriksaan kesehatan yang Anda butuhkan.

Meski tak selalu, sakit pinggang memang bisa menjadi salah satu pertanda gejala sakit ginjal. Bahkan dalam sejumlah kasus sakit ginjal, banyak orang tak merasakan gejala apa pun sehingga penanganannya terlambat, padahal fungsi ginjal sudah menunjukkan penurunan. 

Ginjal memiliki peranan penting dalam tubuh, antara lain menyaring racun dan kotoran dalam darah, tempat proses pembentukan urine, dan membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh. Jika fungsi ginjal mengalami kerusakan, darah tidak dapat tersaring dengan baik. Kondisi ini berimbas pada munculnya risiko penumpukan racun dalam tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Sakit Pinggang 5 Kali Visit Di NK Health

Dengan fisioterapis dapat membantu mengurangi kekakuan otot sekitar pinggang dan menambah kekuatan otot core muscle dengan core strengthening exercise, stretching dan exercise lainnya. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi sakit pinggang 5x visit di nk health

Kondisi kerusakan ginjal tersebut tentu dapat memengaruhi fungsi organ lainnya, termasuk jantung. Oleh karena itu, segera lakukan pemeriksaan jika mengalami gejala sakit pinggang dan sejumlah gejala sakit ginjal lainnya.

Beberapa kondisi yang tergolong masuk ke dalam jenis penyakit ginjal, antara lain batu ginjal, gagal ginjal, infeksi ginjal, infeksi saluran kemih (ISK), pembekuan darah di ginjal, dan trauma pada ginjal. 

Baca juga: 10 Ciri-ciri dan Gejala Gagal Ginjal yang Harus Anda Tahu 

Ciri sakit pinggang karena ginjal

Setiap orang memiliki dua buah ginjal yang letaknya berada di bawah tulang rusuk, tepat di sumsum tulang belakang dan bertumpu pada otot punggung. Untuk mengetahui ciri sakit pinggang karena ginjal, lokasi bagian nyeri, jenis dan tingkat keparahan, serta gejala lain yang dialami perlu dipastikan.

Rasa sakit pada pinggang bisa terjadi pada satu atau kedua sisi tubuh, tergantung dari kondisi ginjal mana yang mengalami kerusakan. Hal ini disebabkan oleh infeksi salurah kemih atau batu ginjal yang membengkak dan terjepit ureter sehingga menekan bagian punggung dan menimbulkan rasa sakit pada pinggang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Otot, Tulang dan Sendi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 14

Baca juga: Makanan yang Berbahaya bagi Ginjal 

Apa saja, sih, gejala sakit ginjal?

Tingkat keparahan rasa sakit bisa dipengaruhi oleh ukuran batu ginjal. Semakin besar batu ginjal, rasa sakitnya bakal lebih parah. Selain rasa sakit pinggang, gejala gangguan ginjal bisa diikuti dengan beberapa tanda lainnya.

Perubahan buang air kecil

Gangguan ginjal bisa saja membuat proses pembentukan urine saat buang air kecil mengalami perubahan. Sejumlah perubahan yang bisa terjadi adalah urine menjadi lebih sedikit atau lebih sering dari biasanya, perubahan warna urine, berbau, berbusa, adanya darah, dan nyeri saat buang air kecil. Kondisi-kondisi tersebut bisa menjadi gejala sakit ginjal yang perlu diwaspadai.

Baca juga: 6 Arti Warna Urine 

Kandungan protein pada urine

Kerusakan organ ginjal dapat menyebabkan protein masuk ke urine bersama dengan sel darah. Oleh karena itu, pemeriksaan fisik diperlukan untuk mengetahui apakah ada darah pada urine atau tidak. Begitu pula jika memiliki riwayat penyakit lain seperti diabetes atau hipertensi.

Pembengkakan pada bagian tubuh tertentu

Pembengkakan pada bagian tubuh tertentu juga bisa menjadi salah satu gejala awal sakit ginjal. Hal itu disebabkan oleh rusaknya filter ginjal sehingga protein tidak dapat disimpan oleh tubuh. Beberapa bagian tubuh yang mengalami pembengkakan antara lain adalah sekitar mata dan bagian pergelangan kaki.

Muncul gejala lain yang tak biasa

Gejala sakit ginjal lain yang bisa terjadi adalah nyeri punggung bagian bawah, penurunan nafsu makan, pusing, sakit kepala, sulit berkonsentrasi, lemas, kram otot, kelelahan, ruam dan gatal pada kulit, serta anemia. Penurunan fungsi ginjal yang parah dapat menyebabkan penumpukan racun dan kotoran dalam darah.

Baca juga: Dampak Minum Alkohol terhadap Kesehatan Ginjal

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app