Ketahui Apa Saja Yang Menjadi Penyebab Sakit Pinggang

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mei 10, 2019 Waktu baca: 2 menit
Ketahui Apa Saja Yang Menjadi Penyebab Sakit Pinggang

Hampir setiap orang pernah mengalami sakit pinggang, ada yang ringan sehingga dapat diabaikan namun ada pula yang sakit pinggang parah sampai-sampai tidak bisa bekerja bahkan bangun dari tempat tidur pun terasa sulit karena sakit.

Mungkin anda pernah mengalami sakit pinggang dengan penyebab yang jelas misalkan sakit pinggang akibat duduk terlalu lama, sakit pinggang muncul setelah bekerja seharian, dan lain sebagainya. Akan tetapi sakit pinggang seringkali muncul dengan penyebab yang tidak diketahui oleh penderitanya. Sehingga jika Anda periksa ke dokter, dokter akan memeriksa untuk mengetahui penyebab pasti sakit pinggang yang anda alami dan mungkin saja diperlukan rontgen atau pemeriksaan penunjang lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Domperidone if 10mg tab 1

Berbagai penyebab sakit pinggang

Penyebab nyeri pinggang yang paling sering antara lain :

1. Gangguan otot dan ligamen (jaringan penyokong)

Hal ini disebabkan oleh gerakan yang berulang mengangkat benda berat, atau gerakan tak lazim secara tiba-tiba.

2. Penonjolan dan robeknya bantalan tulang belakang (discus intervertebralis)

Discus intervertebralis berfungsi sebagai bantalan diantara ruas tulang belakang manusia, pada kondisi tertentu discus ini bisa menonjol atau bahkan robek sedangkan disekitar discus ini terdapat saraf bila terjadi penekanan pada saraf akibat penojolan discus tersebut maka terjadilah nyeri pinggang. Penyebab nyeri pinggang akibat penonjolan discus ini biasanya karena angkat berat, mengangkat benda pada posisi yang tidak ergonomis, dsb.

3. Arthritis (radang sendi)

Osteoartritis (OA) biasanya menjadi penyebab sakit pinggang bagian bawah. Radang sendi pada tulang belakang menyebabkan nyeri pinggang karena terjadi penyempitan ruang sumsum tulang belakang disebut juga sebagai spinal stenosis.

4. Kelainan kelengkungan (curve) tulang belakang

Nyeri pinggang dapat terjadi ketika kurva kelengkungan tulang belakang tidak normal. Sebagai contoh pada scoliosis, dimana tulang belakang melengkung ke samping.

5. Osteoporosis

Fraktur kompresi tulang belakang pada pengeroposan tulang (osteoporosis)  dapat menyebabkan sakit pinggang.

6. Sakit pinggang akibat sepatu hak tinggi (high heels)

Mamakai sepatu hak tinggi memang membuat wanita tampak lebih menarik, akan tetapi terlalu sering memakai high heels akan membuat nyeri pada pinggang, hal ini disebabkan adanya perubahan pada pusat tumpuan tubuh karena sepatu hak tinggi membuat tumit naik, jari-jari kaki di bawah, tulang pinggul semakin kebelakang yang membuat kegagalan biomekanik tubuh.

7. Penyakit ginjal

Penyakit ginjal yang dapat menyebabkan sakit pinggang antara lain batu ginjal dan infeksi ginjal. Pada batu ginjal rasa sakit biasanya nyeri tumpul (kemeng) dan terasa sakit pada pengetukan (nyeri ketok) di area costovertebra angle (pemeriksaan ini dilakukan oleh dokter). Sedangkan pada infeksi ginjal selain keluhan dan tanda diatas ditambah lagi dengan adanya demam, menggigil, mual, muntah dan gangguan buang air kecil. Perlu diperhatikan tidak semua penyakit ginjal menyebabkan sakit pinggang.

Itulah penyebab-penyebab tersering sakit pinggang, namun apabila Anda masih bingung dengan nyeri pinggang yang Anda alami berkonsultasilah dengan dokter untuk menentukan penyebab sakit pinggang dengan pasti sehingga Andapun mendapatkan pengobatan yang tepat sasaran dan ketahuilah cara ampuh mengatasi sakit pinggang.

19 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Peggy Pletcher, M.S., R.D., L.D., CDE, Back Pain (https://www.medicalnewstoday.com/articles/172943.php#1), 23 February 2017.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Atasi Sakit Punggung Dengan 8 Pose Yoga Ini
Atasi Sakit Punggung Dengan 8 Pose Yoga Ini

Mungkin Anda sudah meminum banyak obat untuk meredakan sakit pinggang ini, namun bila rasa sakit masih tetap ada, mungkin Anda bisa melakukan beberapa gerakan yoga. Berikut ini 8 pose yoga yang bisa Anda lakukan untuk meredakan rasa sakit punggung.

Buka di app