Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Olahraga dan Kebugaran

Praktikkan Gerakan Mudah untuk Cara Membesarkan Otot Lengan Ini

Update terakhir: OCT 21, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 943.587 orang

Pada umumnya, setiap pria menginginkan bentuk otot tubuh yang bagus, terutama bagian lengan. Sebab, dengan bentuk tubuh yang atletis akan menunjukkan sisi manly seorang pria

Namun, jangan hanya bermimpi dan berangan-angan untuk memiliki bentuk otot lengan yang bagus tanpa disertai dengan usaha. Sebab, dengan mempraktikkan gerakan sederhana tersebut, otot lengan Anda akan membesar sedikit demi sedikit.

Disamping memberikan kesan macho pada pria, otot tubuh memiliki beberapa fungsi penting, diantaranya menjaga postur tubuh dan menghasilkan panas tubuh. 

Fungsi lain sistem otot juga berguna untuk menggerakkan kerangka tulang. Itulah alasan pentingnya otot dan tulang yang kuat supaya bisa mengangkat dan menggerakkan benda berat. 

Nah, bagi Anda kaum pria yang menginginkan bentuk otot lengan yang besar, berikut ini gerakan sederhana yang dapat dilakukan secara rutin.

Pull Up atau Chin Up

Salah satu cara membesarkan otot lengan Anda adalah dengan membiasakan diri melakukan gerakan pull up atau chin up. Tujuan dari gerakan ini yaitu menguatkan otot bisep atau bagian depan otot lengan Anda. 

Silakan datang langsung ke tempat gym atau sediakan seperangkat alat pull up di rumah supaya lebih praktis. Bagaimana caranya?

Pertama, genggamlah batang besi dengan cara menempatkan kedua tangan sejajar dengan bahu. Ingat, posisikan genggaman tangan menghadap ke arah tubuh. 

Kedua, untuk posisi kaki bisa disilangkan atau digantung sesuai dengan variasi gerakan yang disukai. Langkah selanjutnya, ambillah napas sedalam mungkin, kemudian tarik tubuh Anda ke atas hingga posisi kepala lebih tinggi dari genggaman kedua tangan.

Lakukan gerakan pull up atau chin up ini secara berulang selama 3-5 set. Ketahuilah, satu set terdiri dari 6 hingga 12 kali pengulangan. Setiap set disertai dengan waktu istirahat selama 45 detik. 

Bagi pemula yang masih belum kuat mendorong tubuh ketika gerakan menarik tubuh ke atas, bisa meminta bantuan orang lain.

Curls

Gerakan lain untuk membantu membesarkan otot lengan adalah curls. Curls dapat dilakukan dengan bantuan barbell atau dumbbell. Sebagai permulaan latihan, cobalah untuk menggunakan barbell dengan beban yang ringan. 

Posisikan barbell pada kedua sisi tubuh, lalu gerakkan beban ke arah dada. Perhatikanlah ketika menggerakkan beban, jangan sampai siku ikut bergerak. Siku harus tetap berada di sisi tubuh. 

Lakukan gerakan curls ini sebanyak 12 kali. Selain itu, lakukan variasi curls lain seperti menekuk siku, kemudian tarik beban ke atas sebanyak 12 kali pula.

Iklan dari HonestDocs
Beli Ericfil Tablet 100mg via HonestDocs

Obat ericfil diindikasikan untuk mengatasi masalah seksual pada pria, seperti disfungsi ereksi. Selain itu, obat ini dapat mengatasi hipertensi pulmonal. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Ericfil 100 mg 4s 1

Push dengan Barbel

Push up yang sempurna tentu memerlukan tenaga yang besar. Disarankan, ketika melakukan gerakan ini menggunakan alas yang keras, namun tidak lantai seperti matras tipis. Bagaimana caranya?

Pertama, letakkanlah kedua telapak tangan Anda di atas matras dengan ujung jari kaki sebagai tumpuannya. Bisa juga memodifikasi gerakan ini dengan barbel sebagai tumpuan. Kedua, untuk menjaga keseimbangan, usahakan posisi kedua kaki tidak sempit melainkan selebar bahu.

Pastikan pula posisi kepala dan pinggang dalam keadaan lurus. Untuk itu, tekuklah lengan bawah dan atas hingga membentuk sudut siku-siku. Lalu, doronglah ke atas sambil menarik napas

Ketika badan diturunkan, buanglah napas perlahan. Untuk mendapatkan manfaat gerakan push up ini secara optimal, lakukanlah push dengan barbel secara rutin baik di pagi hari maupun siang hari.

Jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dulu sebelum memulai push up maupun gerakan memperbesar otot lengan lainnya ya! 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit